Headline Sosial   2021/03/10 11:49 WIB

Rumah Yatim Salurkan Bantuan pada 1.271 Mustahik, Ini 'Amanah Donatur'

Rumah Yatim Salurkan Bantuan pada 1.271 Mustahik, Ini 'Amanah Donatur'

PEKANBARU - Sejak awal bulan Februari lalu, Rumah Yatim Cabang Riau telah menyalurkan berbagai program bantuan yang tersebar di wilayah Provinsi Riau.

Memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Rumah Yatim masih terus berupaya membantu masyarakat dhuafa. Terhitung Selama bulan Februari 2021, ada sebanyak 1.271 Mustahik di sejumlah daerah pelosok di Provinsi Riau telah mendapat bantuan program dari Rumah Yatim. Bantuan tersebut direalisasikan berkat partisipasi para donatur yang menitipkan zakat, infak dan sedekahnya di Rumah Yatim.

Sejumlah program telah digulirkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Seperti program sembako, Biaya Hidup, peduli sesama, bantuan pendidikan, bantuan renovasi masjid dan program ekonomi produktif. Kepala Cabang Rumah Yatim Riau, Ramdan Burhanudin mengatakan, penyaluran bantuan di bulan Maret kedepannya tetap memperhatikan protokol kesehatan, meskipun telah memasuki fase adaptasi kebiasaan baru. "Walaupun telah masuk ke Adaptasi kebiasaan baru, para relawan kita di lapangan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Alhamdulillah selama penyaluran berjalan lancar, meskipun ada sedikit hambatan, tapi masih bisa diatasi dengan baik,” jelasnya melalui rilis, Rabu (10/3).

Menurutnya, program bantuan yang disalurkan Rumah Yatim telah menjangkau tidak kurang dari 12 Kabupaten/Kota di Riau. Kategori penerima manfaatpun tetap mengutamakan masyarakat prasejahtera, serta anak yatim dan dhuafa. Selain itu, meskipun ada kendala di lapangan saat penyaluran, bantuan tetap harus disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya.

Berbagai kendala yang dihadapi para relawan saat penyaluran bantuan hingga ke pelosok daerah, menjadi tantangan tersendiri. Karena menurutnya, amanah dari para donatur harus tersampaikan kepada tangan-tangan yang berhak menerima. Bukan hanya diperkotaan, masyarakat di pelosok pun masih banyak yang membutuhkan bantuan. Ramdan Burhanudin, lewat bantuan Rumah Yatim ini berharap bisa memberikan senyum kebahagiaan bagi belasan ribu orang di seluruh Riau. Kini Rumah Yatim masih terus massif memberikan bantuan kebutuhan pokok bagi keluarga dhuafa maupun bantuan pendidikan bagi anak-anak yatim dan kurang mampu lainnya. “Untuk target kita masih tetap sama, yaitu membantu mensejahterakan lewat pemberdayaan masyarakat. Mudah-mudahan apa yang kita bantu dapat bermanfaat untuk orang banyak,” pungkansya.

Adapun rincian laporan penyaluran bantuan selama bulan Februari 2021;

  1. Program Bantuan Ibnu Sabil, 12 penerima manfaat.
  2. Program Bantuan Sekolah & Madrasah, 170 penerima manfaat.
  3. Program Bingkisan Da'i, 21 penerima manfaat.
  4. Program Bingkisan Guru, 22 penerima manfaat.
  5. Bantuan Pendidikan Back To School, 32 penerima manfaat.
  6. Program Bantuan Masjid & Madrasah, 150 penerima manfaat.
  7. Program Bantuan Biaya Hidup, 143 penerima manfaat.
  8. Bantuan Sarana Publik, 100 penerima manfaat.
  9. Bantuan Beasiswa Pendidikan, 4 penerima manfaat.
  10. Program Bantuan Sembako, 286 penerima manfaat.
  11. Bantuan Beasiswa Dhuafa, 324 penerima manfaat.
  12. Program ATM Yatim Berprestasi, 3 penerima manfaat.

Ramdan Burhanudin, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para donatur atas dermaan sebagian hartanya untuk di donasikan ke Rumah Yatim. "Jazakumullah khoiran katsiro, semoga Allah membalas semua kebaikannya di dunia maupun akhirat", tutup Ramdan.

#PejuangKebaikan jangan berhenti sampai disini, mari terus bergerak bersama Rumah Yatim untuk membantu saudara-saudara kita yang masih kesulitan dengan menunaikan Zakat, Infaq, dan Shadaqah lewat Rumah Yatim Cabang Riau Jalan Durian No. 13, Kelurahan Labuhbaru Timur, Kecamatan Payung, Sekaki Kota Pekanbaru, Provinsi Riau atau transfer melalui rekening: BCA 220 139 8888 - Mandiri 1720 000 384 125 - An. Yayasan Rumah Yatim Arrohman. www.rumah-yatim.org. (rilis)

Tags : Rumah Yatim, Bantu Mustahik, Amanah Donatur,