Kampar   2020/07/29 04:55:00 PM WIB

Sampan dan Senter Nelayan Ditemukan, Pemilik Hilang

Sampan dan Senter Nelayan Ditemukan, Pemilik Hilang

PANGKALAN KERINCI - Seorang nelayan Desa Kuala Terusan Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, diduga tenggelam saat mencari ikan di Sungai Kampar, Sementara warga hanya menemukan sampan dan senter pemilik.

"Kita menerima laporan dari warga dan langsung menurunkan tim ke lokasi," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Pelalawan, Abu Bakar FE, pada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Nelayan itu bernama Khaidir hilang ditengah sungai dan belum ditemukan hingga Rabu (29/7/2020) hari ini. Lelaki berusia 61 tahun itu diduga terjatuh ke sungai dan tenggelam hingga tidak kelihatan, menghilang ditengah derasnya arus Sungai Kampar pada Selasa 28 Juli 2020 malam.
Abu Bakar menuturkan, Khaidir yang memang berprofesi sebagai nelayan sedang mencari ikan pada.

Aktivitas "melaut" malam hari memang sudah biasa dilakukan para nelayan di Kuala Terusan bagian bawah yang dikenal dengan nama Tanjung Putus. Setelah beberapa lama mencari ikan, warga sekitar menemukan sampan korban dalam keadaan kosong dan senter yang menyala sekitar pukul 24.00 wib. Diduga korban tenggelam dan langsung dilaporkan ke aparat setempat, pihak yang berwajib, serta Satpol PP dan Damkar maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Upaya pencarian mulai dilakukan pada Rabu (29/7/2020) pagi oleh tim penyelamat. Satpol PP dan BPBD menurunkan dua Speedboat dibantu dengan duapuluhan kapal pompong milik masyarakat. Dua orang penyelam tradisional juga diterjunkan ke dalam sungai untuk mencari korban. "Penyelam dari Basarnas Pekanbaru sedang di jalan untuk menuju ke sini. Kita berharap korban segera ditemukan," tukas Abu Bakar. 

Penulis: Romi Yanto 
Editor: Elfi Yandera

Tags : nelayan hilang, kampar, nelayan hilang di sungai kampar, index,