Politik   2023/07/09 11:44 WIB

Sandiaga Uno Bakal Calon Wapres Ganjar, PPP Siap Jadi Motor Pemenangan

Sandiaga Uno Bakal Calon Wapres Ganjar, PPP Siap Jadi Motor Pemenangan
Ganjar Pranowo dengan Menparekraf Sandiaga Uno bertemu di Jeddah, Arab Saudi (foto/int)

JAKARTA - Hingga saat ini Ganjar Pranowo, bakal Capres pilihan PDIP, PPP, dan PSI masih belum menentukan pilihan calon Wapres. Terbaru Ganjar Pranowo dengan Menparekraf Sandiaga Uno bertemu di Jeddah, Arab Saudi.

Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono respon menanggapi pertemuan antara Ganjar dengan Menparekraf Sandiaga Uno di King Abdulaziz International Airport (KAIA), Jeddah itu. Nusyirwan menganggap Sandi dan Ganjar sudah mendapatkan chemistry.

"Tampaknya Pak Sandi bisa memahami, mengikuti chemistry Pak Ganjar, sebuah indikator yang dapat digunakan untuk menjadi pasangan pemimpin nasional," sebur Nusyirwan, Minggu (2/6/2023) dikutip detikcom.

Nusyirwan juga merespons pernyataan Plt Ketum PPP, Mardiono, yang ingin keduanya bisa maju bareng di Pilpres 2024. Apalagi memang Sandiaga masuk radar calon wakil presiden yang tengah dievaluasi.

"Pak Sandi salah satu calon wapres yang masuk daftar di evaluasi," sebut Nusyirwan.

"Ibu Megawati akan mempertimbangkan berbagai aspek, juga akan minta pendapat Pak Jokowi dan Pak Ganjar sebagai calon presiden," sambungnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan pertemuan kedua tokoh ini hal yang wajar. Sebab keduanya sama-sama selesai melaksanakan ibadah haji.

"Mengejawantahkan hal inilah, Mas Ganjar dan PDI Perjuangan merasa perlu untuk menjahit silaturahmi dan menjadi jembatan kepentingan dengan banyak pihak," katanya.

Ia menyinggung jalinan komunikasi antara tokoh PDIP dengan Anies Baswedan hingga Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Jika hal itu bisa terjadi, maka komunikasi dengan Sandiaga yang merupakan kader PPP dan mendukung Ganjar justru semakin terbuka.

"Kami ingin menjalankan sepenuhnya gotong royong dan kolaborasi dengan banyak pihak," tutupnya. 

PPP siap jadi motor pemenangan 

Sementara DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Pekanbaru mengaku siap menjadi motor atau penggerak pemenangan Sandiaga Uno di kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 nanti.

Diketahui sebelumnya, DPP PPP sudah menyiapkan Sandiaga Uno untuk mendampingi capres Ganjar Pranowo. Tak hanya itu, Sandiaga juga ditunjuk sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP.

"PPP akan menyiapkan diri sebagai motor pemenangan Sandi di Riau, khususnya di Kota Pekanbaru," kata Ketua DPC PPP Pekanbaru, Zulkarnain, Jumat (7/7).

Tak hanya mengenai Pilpres, ia melanjutkan, pasca bergabungnya Sandiaga Uno ke PPP setelah sebelumnya di Gerindra merupakan angin segar tersendiri bagi para caleg PPP di Riau bahkan se-Indonesia.

"Ketika tokoh itu masuk atau singgah ke PPP apalagi sudah ditetapkan sebagai Cawapres dari PPP, tentu efek itu pasti ada. Dalam arti, efek yang positif yang mana tadinya kita itu juru kunci kelolosan batas parlemen atau parliamentary threshold di DPR RI, apalagi di Pekanbaru, pasti dapat efeknya," ujarnya.

Selain itu, Zulkarnain menambahkan, kehadiran Sandiaga Uno diharapkan bisa mendongkrak suara partai khususnya di Pekanbaru karena ia bukanlah "orang baru" di Negeri Lancang Kuning.

Sebab, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu lahir di Provinsi Riau dan dekat dengan masyarakat khususnya Kota Pekanbaru.

Itulah yang diharapkan dapat mendongkrak suara PPP. Diketahui pada 2019 lalu, PPP hanya mendapatkan satu kursi di DPRD Pekanbaru dan nihil anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru saat itu. (*)

Tags : menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, badan pariwisata dan ekonomi kreatif kemenparekraf dan baparekraf sandiaga uno, bakal calon wapres, sandiaga uno dampingi ganjar prnowo,