Headline Bisnis   2023/08/08 19:5 WIB

Sawit Indonesia Expo 2023 Digelar yang Dihadiri 72 Perusahaan, 'untuk Perkokoh Industri di Riau'

Sawit Indonesia Expo 2023 Digelar yang Dihadiri 72 Perusahaan, 'untuk Perkokoh Industri di Riau'

 

PEKANBARU - Gubernur Riau [Gubri] Syamsuar membuka seminar dan pameran Sawit Indonesia Expo [Siexpo] 2023 di Ska Co-Ex, Selasa (8/8/2023).

"Seminar dan pameran Sawit Indonesia Expo [Siexpo] 2023 melibatkan 72 perusahaan."

"Sawit Indonesia Expo (Siexpo) 2023 dengan tema "Mencapai Produktivitas Serta Efisiensi Tinggi Berbasis Mekanisasi dan Teknologi 4.0"," resmi kita buka Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Pameran dan seminar yang digelar di Ska Co-Ex itu melibatkan 72 perusahaan, asosiasi sawit, UKM, perguruan tinggi, dan pondok pesantren. Menampilkan berbagai macam produk dan teknologi yang mendukung industri sawit Indonesia terkhusus di Riau.

Gubri Syamsuar mengakui bahwa sektor perkebunan merupakan tulang punggung perekonomian Provinsi Riau, terkhusus di bidang industri kelapa sawit.

"Potensi perkebunan Riau mencapai lebih dari 4,3 juta hektare dengan 5 komoditi utama yaitu kelapa sawit, kelapa, karet, sagu, dan kopi, dengan sektor kelapa sawit dan kelapa terluas di Indonesia," ujarnya.

Syamsuar menyebut bahwa sektor perkebunan kelapa sawit telah membantu kehidupan masyarakat Provinsi Riau dari banyak sektor.

"Berbeda dari sektor industri tertentu misalnya nikel, itu yang menikmati hanya pelaku industri nikel, begitu juga dengan migas, yang menikmati atau bisa memanfaatkan dengan penuh tentu saja hanya yang bergerak di bidang migas. Tapi kelapa sawit bisa dimanfaatkan masyakarat biasa, bisa menanam dan mengoptimalkannya sebagaimana perusahaan," pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia Siexpo 2023 sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Sawit Indonesia, Qayuum Amri mengatakan, tercatat 114 booth telah terisi oleh 72 peserta pameran yang dari berbagai provinsi dari Riau dan luar provinsi.

Di dalam ruangan ballroom, pengunjung dapat menyaksikan produk dan bertatap muka secara langsung dengan peserta pameran. Konsep diharapkan akan mempermudah akses informasi produk dan jasa yang mereka butuhkan.

Sedangkan di luar ballroom, pengunjung dapat menyaksikan unit alat berat seperti tractor, truck, dumper langsir TBS, excavator dan lain-lain terkait mesin. Ada juga aneka jenis pupuk kekinian, produsen kecambah unggul dan ratusan produk hulu-hilir sawit.

"Di luar ruangan, pengunjung pameran akan melihat demo alat berat sehingga dapat mengetahui keunggulan sesuai kebutuhan mereka," kata dia.

Tak hanya pameran, Siexpo 2023 menggelar Talkshow selama dua hari dengan berbagai topik dengan menghadirkan para pakar dibidangnya.

Acara seminar dan pameran Siexpo ini berlangsung selama dua hari yaitu 8 dan 9 Agustus 2023. Juga hadir Wakil Kejaksaan Tinggi Riau mewakili Kajati Supardi, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan. (*)

Tags : Sawit Indonesia Expo 2023 , Seminar dan Pameran Sawit Indonesia Expo 2023, Pameran Sawit Indonesia Expo di Ska Co-Ex, Sawit Indonesia Expo 2023 Melibatkan 72 Perusahaan, News,