Linkungan   2023/05/13 19:3 WIB

Selama Berabad-abad Digunakan, Mana yang Lebih Ramah Lingkungan Kaca atau Plastik?

 Selama Berabad-abad Digunakan, Mana yang Lebih Ramah Lingkungan Kaca atau Plastik?
Kaca dapat didaur ulang tanpa henti tanpa kehilangan kualitas dan daya tahan.

LINGKUNGAN - Selama berabad-abad kita telah menggunakan kaca untuk menyimpan makanan, minuman, bahan kimia, dan kosmetik.

Apakah sudah waktunya untuk menemukan alternatif yang lebih berkelanjutan karena sesungguhnya kaca tidak lebih baik dari plastik?

Botol anggur Speyer dianggap sebagai botol anggur tertua di dunia, yang berasal antara tahun 325 dan 350 M.

Sekarang botol itu disimpan di Museum Anggur di Kota Speyer, Jerman, di mana ia ditemukan kembali pada 1867.

Sebuah analisis tentang isinya mengungkap benda itu mengandung cairan berbasis etanol. 

Namun, botol kaca itu tetap belum dibuka dan tahun produksi anggurnya tidak diketahui. 

Calon pencicip anggur mana pun harus berhati-hati – minuman bersejarah yang diawetkan bisa sangat pedas.

Meluasnya penggunaan kaca sebagai wadah penyimpanan sepanjang sejarah menyoroti ketahanan dan fungsionalitas material itu.

Kaca adalah bahan yang berguna untuk segala hal, mulai dari mengawetkan makanan hingga membawa sinyal yang membuat internet bisa bekerja.

Begitu pentingnya kaca dalam pembangunan manusia sehingga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tahun 2022 sebagai Tahun Kaca Internasional, untuk merayakan kontribusi kaca terhadap perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan.

Kaca terkadang disebut sebagai bahan yang dapat didaur ulang tanpa batas, tanpa memengaruhi kualitas, kemurnian, atau daya tahannya.

Kaca daur ulang dapat dihancurkan menjadi cullet, yang dapat dilebur dan digunakan untuk menghasilkan lebih banyak kaca.

Kaca yang digunakan untuk kemasan memiliki tingkat daur ulang yang tinggi dibandingkan dengan bahan kemasan lainnya.

Di Eropa, tingkat daur ulang kaca rata-rata adalah 76%. Sementara tingkat daur ulang kemasan plastik 41% dan kemasan kayu 31%.

Ketika kaca dibiarkan di lingkungan alami, kecil kemungkinannya menyebabkan polusi daripada plastik.

Tidak seperti plastik, yang terurai menjadi mikroplastik yang dapat larut ke dalam tanah dan air kita, kaca tidak beracun.

"Kaca sebagian besar terbuat dari silika, yang merupakan bahan alami," kata Franziska Trautmann, salah satu pendiri Glass Half Full, sebuah perusahaan yang berbasis di New Orleans.

Perusahaan itu mendaur ulang kaca menjadi pasir yang dapat digunakan untuk restorasi pantai dan bantuan bencana.

Silika, yang juga dikenal sebagai silika dioksida, membentuk 59% kerak bumi. Sifatnya sebagai senyawa alami tidak menimbulkan kekhawatiran tentang pencucian atau degradasi lingkungan.

Karena itu, kaca sering disebut-sebut sebagai alternatif plastik yang lebih ramah lingkungan.

Namun, botol kaca memiliki jejak ekologi yang lebih tinggi daripada plastik, dan bahan wadah botol lainnya termasuk karton minuman dan kaleng aluminium.

Penambangan pasir silika dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang signifikan, mulai dari kerusakan lahan hingga hilangnya keanekaragaman hayati.

Pelanggaran hak dasar pekerja juga ditemukan di Shankargarh, India, yang merupakan pemasok terbesar pasir silika untuk industri kaca di negara tersebut.

Beberapa penelitian juga menunjukkan paparan debu silika yang berkepanjangan dapat menimbulkan risiko kesehatan masyarakat karena dapat menyebabkan silikosis akut, yaitu penyakit paru-paru jangka panjang dan tidak dapat disembuhkan yang disebabkan oleh penghirupan debu silika dalam jangka waktu yang lama.

Gejala awalnya termasuk batuk terus-menerus atau sesak napas – yang dapat mengakibatkan gagal napas.

Mengekstraksi pasir untuk produksi kaca mungkin juga berkontribusi pada kekurangan pasir global yang terjadi saat ini.

Pasir adalah sumber daya kedua yang paling banyak digunakan di dunia setelah air – orang menggunakan sekitar 50 miliar ton "agregat", istilah industri untuk pasir dan kerikil, setiap tahun.

Kegunaannya berkisar dari regenerasi lahan hingga microchip. Menurut PBB, saat ini penggunaan pasir lebih cepat daripada yang menunggu ‘isi ulangnya’.

Dibandingkan plastik dan aluminium, kaca membutuhkan suhu yang lebih tinggi untuk meleleh dan terbentuk, kata Alice Brock, seorang peneliti PhD di University of Southampton di Inggris.

Bahan mentah untuk membuat kaca untuk pertama kalinya juga melepaskan gas rumah kaca selama proses peleburan, menambah jejak ekologisnya.

Menurut International Energy Agency, industri kontainer dan lembaran kaca mengeluarkan lebih dari 60 megaton CO2 per tahun.

Ini mungkin tampak mengejutkan, tetapi penelitian Brock menemukan botol plastik tidak terlalu merusak lingkungan dibandingkan botol kaca.

Meskipun plastik tidak dapat didaur ulang tanpa henti, proses pembuatannya kurang intensif energi, karena titik leleh plastik lebih rendah dibandingkan dengan kaca.

Bahan baku kaca dilebur bersama dalam tungku pada suhu 1.500 derajat Celsius. Cairan kaca kemudian dikeluarkan dari tungku, kemudian dibentuk dan dicetak.

Fasilitas produksi kaca sering menambahkan sebagian cullet kaca daur ulang ke dalam campuran bahan baku.

Secara umum, peningkatan 10% cullet kaca ke dalam wadah campuran peleburan kaca dapat menurunkan konsumsi energi sebesar 2-3%.

Ini karena membutuhkan titik leleh yang lebih rendah untuk melelehkan kaca cullet dibandingkan dengan bahan pembuatan pertama yang digunakan untuk memproduksi kaca.

Sebagai gantinya, proses ini sedikit mengurangi emisi CO2 yang dihasilkan selama pembuatan.

Masalah utama daur ulang kaca adalah tidak menghilangkan proses peleburan kembali, yang merupakan bagian produksi kaca yang paling intensif energi.

Proses ini menyumbang 75% dari konsumsi energi selama produksi. Meskipun wadah kaca dapat digunakan kembali rata-rata 12-20 kali, kaca sering diperlakukan sebagai barang sekali pakai.

Kaca sekali pakai yang dibuang di tempat pembuangan sampah membutuhkan waktu hingga satu juta tahun untuk terurai.

Tingkat daur ulang kaca sangat bervariasi di seluruh dunia. Uni Eropa dan Inggris memiliki tingkat daur ulang rata-rata 74% dan 76%, sedangkan angka AS adalah 31,3% pada 2018.

Salah satu alasan angka daur ulang AS yang lebih buruk adalah karena bahan daur ulang biasanya dikumpulkan dalam "aliran tunggal", yang berarti semua bahan dicampur menjadi satu.

Daur ulang aliran tunggal seringkali mempersulit proses penyortiran karena kaca harus dipisahkan dari bahan daur ulang lainnya dan disortir berdasarkan warna, sebelum dapat dilebur kembali.

Proses seperti ini seringkali terlalu memakan waktu, dan mahal, untuk memisahkan kaca berwarna campuran di fasilitas daur ulang.

Alih-alih diubah menjadi botol baru, pecahan kaca campuran diubah menjadi produk serat kaca yang dapat digunakan untuk insulasi. Cullet kaca adalah kualitas tertinggi ketika dipisahkan dari bahan daur ulang lainnya sejak awal – ini dikenal sebagai daur ulang multi-aliran.

Warna kaca memengaruhi seberapa murni aliran yang dibutuhkan. Kaca berwarna hijau dapat menggunakan 95% kaca daur ulang.

Sementara kaca bening atau tidak berwarna, yang juga dikenal sebagai "kaca batu", memiliki spesifikasi kualitas yang lebih tinggi dan hanya mengizinkan hingga 60% kaca daur ulang karena kontaminasi apa pun bisa memengaruhi kualitas.

Kaca daur ulang harus dilebur dua kali, sekali menjadi cullet dan sekali lagi menjadi produk baru. Itulah sebabnya kaca daur ulang mungkin hanya lebih hemat energi sedikit saja daripada kaca murni.

Tidak diragukan lagi bahwa kaca masih memainkan peran penting di banyak industri. Daya tahan dan sifatnya yang tidak beracun menjadikannya ideal untuk makanan dan bahan yang perlu diawetkan.

Namun, anggapan bahwa kaca berkelanjutan hanya karena dapat didaur ulang tanpa batas adalah salah tafsir. Mempertimbangkan seluruh siklus hidupnya, produksi kaca mungkin sama merusak lingkungannya dengan plastik.

Lain kali, ketika Anda ingin membuang botol kaca, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya kembali. Kaca adalah bahan yang tangguh dan tahan lama, yang tidak dibuat untuk dibuang setelah hanya digunakan sekali. (*)

Tags : kaca dan plastik, berabad-abad gunakan kaca dan plastik, mana yang lebih ramah lingkungan kaca atau plastik, daur ulang kaca dan plastik, lingkungan,