Headline Politik   2023/11/27 11:25 WIB

Setiap Acara Nomor Urut 1 Selalu Ramai, Tapi Survei Buat 'Posisi Paling Corot', Cak Imin: 'Saya nggak Tahu Ya, Terserah Rilis Lembaga Itu Saja'

Setiap Acara Nomor Urut 1 Selalu Ramai, Tapi Survei  Buat 'Posisi Paling Corot', Cak Imin: 'Saya nggak Tahu Ya, Terserah Rilis Lembaga Itu Saja'

JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta lembaga survei untuk selalu menempatkan dirinya dengan capres Anies Baswedan di posisi tiga dalam rilis survei.

Menurut Cak Imin, posisi underdog akan membuat pasangan AMIN (Anies-Muhaimin) dianggap tidak membahayakan oleh kontestan lain di Pilpres 2024.

"Kalau kita dihitung underdog itu, maka cenderung tidak akan dianggap membahayakan. Kayak sekarang saya tidak membahayakan siapapun karena semua survei menyatakan posisi saya nomor tiga," kata Imin dalam acara Indonesia Millenial and Gen-Z Summit, di Jakarta, Minggu (26/11/2023).

"Jadi, tolong lembaga survei letakkan kita di nomor tiga terus, supaya Pak Prabowo sama Pak Ganjar lengah," imbuh dia.

Ia lalu menyampaikan terima kasih ke salah satu lembaga survei yakni LSI Denny JA. Imin berkata LSI Denny JA selalu menempatkan pasangan AMIN di posisi tiga dalam survei.

"Makanya saya terima kasih ke LSI Denny DA yang selalu menempatkan saya di nomor tiga terus. Soalnya setiap minggu keluarin survei meletakkan AMIN di nomor 3 terus. Enaknya di posisi underdog tidak ada beban. Kita jalan, tahu-tahu menang," ujarnya.

Sebelumnya, LSI Denny JA mencatat periode November 2023 elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tetap kokoh berada di posisi puncak mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Peneliti LSI Denny JA Adjie Al Faraby mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 40,3 persen. Kemudian disusul oleh Ganjar-Mahfud 28,6 persen dan pasangan AMIN 20,3 persen. Kemudian yang belum/tidak menjawab sebesar 10,8 persen.

"Jika pilpres dua putaran, maka Prabowo-Gibran lolos putaran kedua, 40,3 persen. Maka pasangan lain siapa yang lolos putaran kedua? Sisa tiket Ganjar-Mahfud dan AMIN. Karena selisih elektabilitas keduanya di bawah 10 persen atau tak lebih dua digit," kata Adjie dalam konferensi persnya, Senin (20/11).

Tetapi mengingat kembali disebutkan Gus Imin dalam suatu acara berkata: “Kita ini setiap acara ramai, tapi kok surveinya jelek terus, yang salah surveinya atau acaranya yang rame, saya nggak tahu…” seperti biasa dengan gaya Gus Imin yang jenaka sambil ketawa.

Mari kita buktikan dengan melakukan survei penonton di acara-acara live yang diadakan oleh Universitas seperti Muhammadiyah misalnya.

Beberapa hari kebelakang, Universitas Muhammadiyah mengadakan acara Dialog Terbuka Muhammadiyah dengan tiga Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden secara terpisah.

Pasangan nomor urut 1 (satu), Anies-Muhaimin (AMIN), hadir kompak bersama lebih awal pada Rabu, 22 November 2023 bertempat di Universitas Muhammadiyah Solo.

Berikutnya pada Kamis, 23 November 2023, pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud (GAFUD) datang berdua di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Selanjutnya pada Jumat, 24 November 2023, pasangan nomor urut 2. Prabowo-Gibran (PRARAN) hadir sendirian tanpa didampingi calon wakilnya di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Acara Dialog Terbuka Muhammadiyah tersebut ditampilkan di Youtube Kompas TV dan Muhammadiyah Channel secara live.

Di Kompas TV yang memiliki jumlah subscribe sebanyak 15.9 Juta. Dialog Terbuka Muhammadiyah secara full dan live diliput Kompas TV.

Penonton pada acara dialog tersebut yang di Kompas TV per tanggal 25 Novemver 2024 cukup lumayan banyak. Pasangan No 1 Anies-Muhaimin (AMIN) ditonton oleh 497.000 penonton dan yang menyukai 8.700 like.

Sementara pasangan No 2 Prabowo-Gibran (PRARAN) ditonton oleh 449.282 penonton dan yang menyukai sebanyak 4.239 like.

Berikutnya pasangan No 3 Ganjar-Mahfud (GAFUD) ditonton oleh 197.000 penonton dan yang menyukai sebanyak 2.600 like.

Berbeda di Muhammadiyah Channel yang jumlah subscribenya 112.000. Pasangan No.1. Anies-Muhaimin (AMIN) ditonton oleh 48.000 Penonton, dan yang menyukai sebanyak 2.100 like.

Pasangan No 2 Prabowo:-Gibran (PRARAN) ditonton oleh 19.800 penonton dengan jumlah suka sebanyak 346 like.

Sementara pasangan no. 3 Ganjar-Mahfud (GAFUD) ditonton oleh 21.000 penonton, yang menyukai sebanyak 417 like.

Mari kita jumlah total like pada masing-masing pasangan no. 1, 2 dan 3.

Perhitungan totalnya pasangan No.1 AMIN memperoleh jumlah like 8,700 ditambah 2,100 sama dengan 10.800 like.
Pasangan no.2. PRARAN memperoleh jumlah like sebanyak 4,239 ditambah 346 sama dengan 4.585 like.
Dan pasangan no.3. GAFUD memperoleh jumlah like sebanyak 2,600 ditambah 417 sama dengan 3.017 like.
Dari data penonton di atas menunjukkan bahwa pasangan Anis-Muhaimin (AMIN) menduduki peringkat pertama dengan jumlah like 10.800 like, lebih banyak disukai dibanding pasangan Prabowo-Gibran (PRARAN) dan Ganjar-Mahfud (GAFUD)

Prabowo menduduki peringkat ke 2 dengan jumlah yang menyukai 4.576 like. Sementara Pasangan No.3 Ganjar-Mahfud memperoleh jumlah like konsisten nomor tiga, paling buncit sebesar 3.017 like.

Nah, kan survei membuktikan ternyata pasangan AMIN bukan nomor buncit lagi. Faktanya dari data di atas dapat kita simpulkan bahwa pasangan no 1 Anies-Muhaimin unggul di kalangan penonton, baik penonton Kompas TV, maupun penonton Muhammadiyah Channel. (*)

Tags : Anies, Anies Baswedan, Anies Rasyid Baswedan Calon Presiden, capres, pemilihan presiden, Pilpres, relawan, amin, cak imin, pilpres 2024, pilpres, pemilu 2024, pemilu, muhaimin iskandar, lembaga survei,