News   2023/01/04 22:9 WIB

Setiba di Riau, Presiden Jokowi Mendadak Tinjau RSUD Arifin Ahmad

Setiba di Riau, Presiden Jokowi Mendadak Tinjau RSUD Arifin Ahmad
Presiden Jokowi berkunjung ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru yang disambut Gubernur Riau Syamsuar.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Presiden Joko Widodo tiba di Kota Pekanbaru, Rabu 4 Januari 2023 melakukan kunjungan kerja (kunker) sejumlah daerah di Provinsi Riau.

Kedatangan Jokowi tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, sekitar pukul 11.00 WIB disambut oleh Gubernur Riau, Syamsuar.

Hadir Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal, Ketua DPRD Riau Yulisman, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ian Fuady, dan Danlanal Dumai Kolonel laut Stanley Lekahena. 

Rombongan Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja ke Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru dan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Di RSUD Arifin Achmad, presiden meninjau fasilitas pelayanan kesehatan. Kemudian dilanjutkan peninjauan aktivitas perdagangan di Pasar Bawah. 

Selepas itu, Jokowi berangkat untuk peresmian jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, Kabupaten Kampar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi beserta rombongan bertolak menuju Provinsi Riau melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Riau yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir. 

Serta Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahju Hidajat Soedjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Presiden Jokowi juga langsung melakukan kunjungan ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru untuk memastikan BPJS berjalan baik dan melayani.

"Jadi tujuan saya melakukan kunjungan mendadak ke RSUD Arifin Achmad tadi untuk melihat dan memastikan yang namanya BPJS itu berjalan betul dan melayani," ungkap Jokowi, seperti dilansir Mediacenter.riau.go.id, Rabu (4/1/2023).

Sebab itu, sambungnya, langsung melakukan pengecekan di bagian pendaftaran, pelayanan obat, kemudian sampai ke pelayanan kamar.

"Jadi tadi saya juga bertanya kepada beberapa pasien, dan para pasien tersebut menjawab dilayani dengan baik di RSUD arifin achmad," ujarnya.

Presiden mengharapkan pelayanan ini tidak hanya baik di RSUD Arifin Achmad saja, tapi juga di rumah sakit yang lain.

"Baik di rumah sakit milik pusat, provinsi, kabupaten/kota maupun milik swasta yang ikut BPJS, semuanya dapat memiliki standar layanan yang baik," sebutnya.

Terlebih, ucapnya lagi, BPJS sekarang tidak sama dengan yang dulu yang sering telat bayar. Sebab BPJS yang sekarang memiliki unit yang cukup untuk membayar tepat waktu.

Selain menyempatkan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad, Pekanbaru. Presiden didampingi Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengecek pelayanan dan tempat ruang poli.

Rombongan disambut Wakil Direktur Medik RSUD Arifin Achmad, Zulkifli S.Kep, MH. Selama di RSUD, Jokowi langsung menuju tempat pendaftaran dan sempat berbincang-bincang dengan pasien yang sedang menunggu di kursi antrean. 

Jokowi juga meninjau poli perawatan gigi, bahkan sempat juga mendampingi salah satu pasien. Peninjauan selanjutnya yaitu poli perawatan anak dan poli jantung.

Presiden Jokowi juga sempat mendapatkan penjelasan tempat pelayanan bedah kanker dan jantung yang dimiliki RSUD Arifin Achmad.

"Intinya tak ada kendala, baliau juga merespon positif pelayanan kita lakukan. Pak Presien juga sempat berbincang dengan pasien. Alhamdulillah, semua lancar," ujar Wadir Medik RSUD Arifin Achmad, Zulkifli.

Tentang bedah jantung dan kanker, Wadir Zulkifli menyebut RSUD Arifin Achmad menjadi rujukan bagi 12 kabupaten/kota di Riau. Fasilitas kesehatan untuk kanker dan jantung, disupport langsung oleh pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

"Kita punya peralatan radio trapi dan perawatan jantung. Saya sampaikan bahwa kita di RSUD Arifin Achmad sudah mandiri dalam hal operasi. Walau pun masih didampingi oleh dokter Harapan Kita," papar Zulkifli. (*)

Tags : Presiden RI Joko Widodo, Kunjungan Kerja Presiden Jokowi, Presiden Jokowi ke Riau, Presiden Jokowi Tinjau RSUD Arifin Ahmad, News,