Sejarah   2022/11/24 19:45 WIB

Situs Suci Kuno yang Terus Terpelihara, ‘untuk Menghormati Orang Mati'

Situs Suci Kuno yang Terus Terpelihara, ‘untuk Menghormati Orang Mati'

BATU RUSA misterius di Mongolia hingga kota-kota yang dirancang untuk menghormati orang mati.

Situs-situs kuno yang dibangun oleh orang-orang yang mencoba memahami kehidupan, kematian, dan alam semesta, tersebar di seluruh muka bumi.

Makna hidup adalah misteri yang digumulkan oleh berbagai budaya sepanjang zaman. 

Keingintahuan ini telah mendorong terciptanya situs-situs suci, di mana orang-orang di berbagai belahan dunia mendirikan macam-macam karya arsitektur untuk menghormati dewa-dewa mereka.

Sementara yang lain ada juga yang memuja keindahan alam, menemukan makna pada hutan, gunung, dan batu-batu suci.

Dari membangun Stonehenge di Inggris hingga piramida Chichen Itza di Meksiko, berbagai peradaban kuno telah berusaha keras untuk menandai titik balik matahari dan ekuinoks, atau berupaya untuk berkomunikasi dengan leluhur maupun roh-roh yang dipuja.

Kesamaan dari semua tempat-tempat ini adalah mereka dibangun oleh orang-orang yang mencoba memahami kehidupan, kematian, dan alam semesta.

Pencarian makna inilah yang disoroti dalam buku terbaru fotografer asal Kanada Chris Rainier berjudul ‘Sacred: In Search of Meaning’ (Suci: Upaya Mencari Makna), yang mendokumentasikan situs-situs dan lanskap spiritual di seluruh dunia.

Sebagai anggota National Geographic Fellow, Rainier telah menghabiskan 40 tahun terakhir berfokus pada budaya tradisional.

"Saya mulai bekerja sebagai fotografer ekspedisi pada 1980-an dan berjalan mencari makna dari 'kesucian', mencari lanskap spiritual dan situs-situs spiritual suci," katanya seperti dilansir BBC News Indonesia.

"Perjalanan itu datang dari keinginan saya untuk memahami esensi kehidupan di luar keberadaan sehari-hari. Mengapa kita ada di sini? Ini adalah pertanyaan yang ditanyakan setiap masyarakat dan setiap manusia sejak awal masa."

Menurutnya, sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana budaya di seluruh dunia memandang alam semesta.

"Ada gelombang besar modernitas yang menyapu banyak budaya tradisional dan tempat-tempat suci," kata Rainer, seraya menjelaskan bahwa hal ini menyisakan sedikit ruang di banyak budaya bagi keberlangsungan kepercayaan agama, cerita rakyat, dan takhayul.

“'Kesucian' kini berada di bawah tekanan. Tapi dengan besarnya peran internet di masyarakat, kita cenderung lupa bahwa sebenarnya masih banyak yang tidak diketahui di dunia. Kita tidak bisa melupakan masih ada tempat-tempat suci dan pemandangan suci di luar sana. Ini bisa sesederhana mendayung menyusuri sungai atau berjalan-jalan di taman maupun hutan belantara."

Whale Bone Alley (Gang Tulang Paus), Rusia

Di Yttygran, sebuah pulau kecil di Laut Bering Siberia, terdapat susunan tulang rusuk dan tulang paus raksasa yang dikenal sebagai "Whale Bone Alley" (Gang Tulang Paus).

Jalur sepanjang 550 meter ini, yang tersusun di samping laut, adalah pemandangan yang menakutkan dan sedikit mengerikan.

"Saya berada di kapal ekspedisi National Geographic di timur laut Siberia di Arktik Rusia, dan kami menemukan struktur tulang paus purba yang dibangun oleh orang pra-Inuit yang disebut Yupik, diperkirakan berusia sekitar 2.000 tahun," jelas Rainier.

"Di banyak situs ini, ada artefak-artefak yang ditemukan di dekatnya. Teori arkeologi soal situs ini adalah bahwa ini merupakan tempat di mana orang-orang berkumpul."

"Orang-orang ini mendirikan tulang ikan paus dan meletakkan kulit, seperti kulit lembu kesturi atau beruang kutub, di atas tulang-tulang itu untuk membangun sebuah ruang pertemuan. Mereka mengadakan pertemuan suci di dalamnya."

"Yang tersisa sekarang hanyalah tulang-tulang ikan paus," katanya.

"Dalam jenis-jenis situs suci ini ada kesan spiritual - pemujaan hewan mitologis dan roh-roh lanskap. Saya bisa membayangkan pertemuan seperti ini terjadi di tempat yang begitu penting," tambah Rainer.

Sementara para arkeolog percaya bahwa Gang Tulang Paus dan reruntuhan tulang ikan paus lainnya (ada banyak situs lain di Semenanjung Chukotka Rusia) dibangun sebagai kuil dan tempat pertemuan suci, beberapa orang lokal saat ini berpikir bahwa situs tersebut lebih mungkin digunakan untuk menyembelih dan menyimpan daging ikan paus.

Tampaknya tempat suci seseorang bisa menjadi rumah jagal orang lain.

Hegra, Arab Saudi

Hegra adalah kota kedua orang Nabatean, yang membangun ibu kota mereka yang terkenal, Petra, lebih dari 500 km ke barat laut di tempat yang sekarang disebut Yordania.

Terletak di wilayah Al Ula di Arab Saudi, wilayah ini adalah sebuah kota batu kuno (yang dikenal oleh umat Islam sebagai Al Hijr dan juga sebagai Mada'in Salih), dan sejarahnya bisa dilacak kembali hingga abad ke-1 SM.

Tempat ini adalah Situs Warisan Dunia Unesco pertama di negara itu, dan rumah bagi lebih dari 100 makam yang terpelihara dengan baik dengan fasad rumit yang diukir pada singkapan batu pasir.

"Ini adalah tempat pemakaman raja, ratu, dan bangsawan, seperti di Petra," kata Rainier.

“Seluruh wilayah ini adalah bagian dari sebuah rute kuno. Kapal-kapal dagang Arab akan mendarat di bagian paling timur semenanjung Arab Saudi, kemudian melalui daerah ini dengan karavan unta, lalu ke Petra dan masuk ke Tanah Suci. Orang-orangnya sangat kaya."

"Daerah ini sangat tidak biasa karena benar-benar datar di padang pasir, dan kemudian ada singkapan batu besar di mana mereka telah mengukir ruang pemakaman ke dalam batu," tambahnya.

"Ada pintu, dan mayat akan ditempatkan di dalam makam batu. Kami tidak tahu apakah orang-orang itu dikubur dengan harta karun, tetapi saya bisa membayangkannya begitu."

Wisatawan dapat mengikuti tur Hegra, yang juga menjelajahi jalur Kereta Api Hijaz yang pernah membawa peziarah Muslim dari Damaskus ke kota suci Mekah dan Madinah; atau alternatifnya adalah menikmati situs suci ini dari balon udara panas.

"Ada penggalian arkeologi yang terjadi di sekitar area ini," kata Rainier. "Mereka baru mulai memahami konteks yang lebih besar dari situs suci ini jauh di dalam gurun Arab."

Lukisan tangan Anasazi, Amerika Serikat

Seni cadas kuno dapat ditemukan di seluruh barat daya AS, terutama di Utah, New Mexico, Arizona, dan Colorado.

Dikenal sebagai petroglif, lukisan-lukisan ini – banyak di antaranya dibuat oleh masyarakat Fremont dan Anasazi – sering kali menampilkan sosok manusia, hewan, senjata berburu, dan sidik jari.

Situs ini dianggap suci oleh banyak penduduk asli Amerika, yang melihat tempat-tempat ini sebagai ikatan berharga ke masa lalu dan warisan budaya mereka.

"Saat tinggal di Santa Fe di New Mexico, saya selalu terpesona dengan orang-orang First Nations," kata Rainier.

"Saya mengambil foto di Utah. Cadas ini diperkirakan berusia sekitar 4.000 tahun tetapi kondisinya sangat bagus. Anda dapat membayangkan orang kuno meletakkan tangan mereka ke dinding merah, mengambil oker dan mengoleskan cat ke dinding batu.”

“Jejak tangan ini mencerminkan sejarah dari ribuan tahun yang lalu. Saya membayangkan sekelompok pemburu duduk di bawah naungan, mungkin berkata 'Mengapa kita tidak membubuhkan tanda tangan kita di sini?' Bagi saya, itu bisa saja menceritakan soal eksistensi mereka, dengan mengatakan: 'Kami di sini.'"

Pelancong dapat menemukan sidik jari Anasazi lainnya di Fallen Roof Ruin, tempat tinggal dan lokasi lumbung padi Anasazi kuno di Monumen Nasional Bears Ears; sedangkan Panel Petroglyphs Pulau Pasir, dekat Bluff, Utah, memiliki lukisan batu dari berabad-abad yang lalu, termasuk lukisan Kokopelli, dewa kesuburan mistis yang memainkan seruling.

Batu rusa kuno, Mongolia

"Mongolia adalah negara yang luar biasa dengan sejarah yang kaya," kata Rainier.

"Ada situs pemakaman kuno yang tersebar di Mongolia Utara. Anda akan berkendara melintasi sabana dan melihat tumpukan batu atau bongkahan besar. Di dalamnya akan ada situs pemakaman seorang pejuang yang sangat dihormati. Terkubur di batu-batu besar adalah artefak, seperti pedang, kotak permata, dan berbagai harta benda yang dikumpulkan oleh seorang pejuang seumur hidup."

Kumpulan megalit kuno, yang dikenal sebagai "batu rusa" dan biasanya terbuat dari granit, sering terlihat di dekatnya.

"Diposisikan di sekitar situs pemakaman adalah batu-batu monolitik besar yang diukir dengan rusa mitologis, yang terlihat terbang ke atas dengan tombak dan panah prajurit. Saat sang prajurit naik ke semacam surga spiritual, senjatanya turut ikut bersamanya, dibawakan oleh rusa."

"Ada batu-batu rusa dari Zaman Perunggu di Uushigiin Situs Uvur dekat Moron di Mongolia Utara, di mana gambar ini diambil. Batu-batu itu berasal dari antara abad ke-13 dan ke-9 SM."

Uushgiin Uvur memiliki sekitar 30 batu rusa, serta petroglif, patung batu, dan situs pemakaman batu.

Ada situs Zaman Perunggu lain, dengan 100 batu rusa, di lembah Khoid Tamir, sementara daerah provinsi Arkhangai, yang disebut Jargalantyn Am, dikenal sebagai "Lembah Batu Rusa" karena ada begitu banyak yang berkumpul berdekatan.

"Orang Mongolia memiliki hubungan yang mendalam dengan masa lalu mereka," kata Rainier. "Batu-batu rusa ini dianggap sangat suci dan penting dalam budaya Mongolia."

Angkor Wat, Kamboja

Kompleks candi Angkor Wat adalah monumen keagamaan terbesar di dunia, terbentang lebih dari 400 km persegi di sekitar luar Siem Reap.

Dibangun pada awal abad ke-12 sebagai ibu kota kerajaan Khmer, situs Warisan Dunia Unesco ini awalnya adalah sebuah kuil Hindu, tetapi diubah menjadi kuil Buddha pada akhir abad itu dan sekarang menjadi salah satu situs ziarah terpenting di dunia untuk umat Buddha.

Biksu, biarawati, warga Kamboja setempat, dan umat Buddha yang berkunjung ke sini setiap hari untuk berdoa dan memberi persembahan. Para pelancong berkumpul setiap pagi untuk menyaksikan matahari menyinari kuil – pengalaman spiritual bagi banyak orang.

"Di Angkor Wat, ada empat jalur besar, utara, selatan, timur dan barat, yang mengarah ke tengah candi," kata Rainier.

"Gerbang pada foto yang saya ambil adalah salah satu gerbang utama yang menuju ke kuil Bayon. Ini adalah tempat yang sangat penting. Ada rasa kesucian dan misteri."

"Kebanyakan orang merasakan bagaimana hutan mengambil kembali apa yang telah dibangun manusia, seperti pohon-pohon beringin raksasa ini yang membelah beberapa candi," tambahnya.

"Kuil Bayon membangkitkan banyak cerita mitologis Hindu yang kaya, termasuk kepercayaan pada perjalanan suci ke surga."

Kompleks Angkor mencakup lebih dari 70 kuil dan sekitar 1.000 bangunan, memberikan banyak hal untuk dijelajahi oleh para pelancong.

Ada patung Buddha yang tak terhitung jumlahnya, dengan karya seni dan ukiran yang menceritakan kisah-kisah Buddhis, meskipun, sebagai penghormatan, banyak patung dan karya seni Hindu juga tetap ada. (*)

Tags : Situs Suci Kuno, Mongolia, Situs Suci untuk Menghormati Orang Mati,