Kuniler   2020/11/24 15:57 WIB

Soto Ayam 'Warung Indragiri', Menu Makanan yang Praktis

Soto Ayam 'Warung Indragiri', Menu Makanan yang Praktis

KESEGARAN dan gurihnya Soto Ayam di tempat makan 'Warung Indragiri' memang tiada duanya. Selain terdapat suwiran ayam kampung, juga terdapat potongan kubis atau kol, taoge, soon, seledri, dan bawang goreng. Sedangkan untuk nasi putihnya bisa pesan di piring terpisah atau bisa juga langsung dicampurkan menjadi satu pada mangkok sotonya. Perpaduan rasa lezat dari keseluruhan soto ini bisa ditemukan di Warung Makan Indragiri milik Pak Syamsul Bachri yang berlokasi di jalan Lintas Tangor, Kelurahan Pebatuan, Kecamatan Tanayan Raya, Kota Pekanbaru. 

Soto ayam merupakan makanan khas makanan Indonesia yang bisa juga berupa sup ayam pedas berwarna kuning yang disajikan dengan lontong, ketupat, atau mie. Warung Indragiri milik Syamsul Bachri juga menyediakan soto ciri khas medan yang berwarna santan kuah kuning soto berasal dari kunyit. Hidangan ini merupakan varian soto yang paling populer dan sering ditemukan dipulau Sumatera. Selain ayam dan mie, soto dapat disajikan dengan telur rebus dan kentang goreng. Kadang, orang akan menambahkan “koya”, bubuk yang terbuat dari kerupuk udang dicampur dengan bawang putih atau sambal berwarna oranye. Kerupuk atau emping juga biasanya jadi pendamping hidangan soto.

Ketika ditanya resep soto yang dimilikinya, pak Syamsul sedikit membuka rahasia baik cara membuatnya misalnya; Campur dan goreng bumbu Blender jahe, lengkuas, bawang merah, bubuk kunyit cabai, kemiri, bubuk ketumbar, biji merica dan 200 ml minyak sayur hingga menyatu. Gunakan panci untuk menumis bumbu selama 10 menit atau hingga minyaknya terpisah. Tambah daun lemongrass dan daun lemon. Rebus Kaldu Ayam di dalam panci, tambahkan 2 L air, ayam, dan 4 sdm garam. Tuang bumbu ke kaldu ayam, rebus selama 10 menit, kemudian bisa goreng ayam suwir dengan menggunakan minyak hingga kecoklatan. Di mangkuk terpisah, taruh mie, kol, toge, dan susun. Taruh ayam dan tomat di bagian atas. Lalu tuang kuah soto ke dalam mangkuk.

Menurutnya, soto ayam bisa disantap kapan saja, untuk makan siang atau saat musim hujan. Pasti terasa nikmat dan segar. "Kita tahu bahwa ada dua jenis kuah pada soto ayam, kuah bening dan kuah santan. Setiap soto, kata dia memiliki dan menggunakan berbagai macam bumbu atau rempah yang akhirnya bisa menciptakan rasa yang khas dari rempahnya. (*)

Tags : Soto Ayam, 'Warung Indragiri' Pekanbaru, Menu Makanan yang Praktis,