AGAMA - Sungai Tigris yang dulunya sangat penting, merupakan tempat manusia pertama kali mengembangkan pertanian, seni menulis, dan penciptaan roda. Akan tetapi, sumber kehidupan dunia kuno ini kini terancam.
Mencapai hulu Sungai Tigris bukanlah perjalanan yang mudah. Ketika jalan tanah berakhir, jalan setapak mengarah ke bahu gunung yang puncaknya terus tergerus.
Jalan setapak itu tidak terawat, sangat sempit dan berbahaya, berkelok-kelok di lereng bukit hingga terhenti oleh aliran mata air.
Aliran itu membentuk aliran deras yang menghilang menjadi terowongan yang luas. Ketika sungai muncul 1,5 kilometer kemudian, aliran itu dijinakkan oleh apapun yang ada di dalam gua.
Bangsa Asiria kuno meyakini tempat ini merupakan titik di mana dunia fisik dan spiritual saling bertabrakan.
Tiga ribu tahun silam, pasukan mereka melakukan perjalanan menuju hulu untuk mempersembahkan tumbal.
Relief Tiglath-Pileser, Raja Asiria yang berkuasa dari tahun 1114-1076 Sebelum Masehi (SM), masih berada di mulut terowongan.
Waktu telah menggerus ujung-ujungnya, tetapi dia tetap tegak dan anggun, menunjukkan kekaisarannya.
Saat ini, hulu Sungai Tigris terletak di Turki, mengalir dari Pegunungan Taurus ke arah tenggara.
Aliran sungai ini melewati sudut sempit di timur laut Suriah dan kemudian melewati kota Mosul, Tikrit, dan Samarra, lalu mengarah ke Baghdad.
Di sebelah selatan Irak, rawa-rawa Mesopotamia yang luas menyerap Tigris di dekat pertemuan dengan saudaranya, Sungai Efrat, dan keduanya mengalir bersama ke Teluk Persia.
Sekitar 8.000 tahun silam, para leluhur yang hidup dengan berburu menetap di sebuah daratan yang berada di antara kedua sungai ini.
Mereka kemudian mengembangkan pertanian dan peternakan, membuat banyak orang menyebut daerah itu sebagai "Cradle of Civilisation" atau secara harfiah berarti "Tempat Lahirnya Peradaban".
Dari negara-kota yang muncul sejak awal ini, seperti Eridu, Ur, dan Uruk, muncullah penemuan roda dan prasasti. Sistem hukum yang terkodifikasi, kapal layar, pembuatan bir, dan kemudian menyusul lagu-lagu bertema cinta, adalah temuan-temuan lainnya.
Namun, karena konflik puluhan tahun yang melanda Irak modern, kita mudah melupakan fakta bahwa Tigris telah menjaga dan membentuk warisan kemanusiaan.
Selama 10 pekan di tahun 2021, sebuah tim kecil dan saya melakukan perjalanan kira-kira 2.000 kilometer menggunakan perahu, dan melakukan perjalanan darat dari hulu Sungai Tigris ke tempat sungai itu bermuara di Teluk Persia.
Menurut seorang penunjuk jalan, perjalanan seperti ini belum pernah dilakukan sejak era Otoman.
Tujuan saya adalah untuk memetakan pentingnya sejarah sungai dan menceritakan kisahnya dari mulut orang-orang yang tinggal di sepanjang tepiannya, sambil menyelidiki kemungkinan ancaman di masa depan.
Perpaduan antara ketidakstabilan geopolitik, pengelolaan air yang buruk, dan perubahan iklim telah membuat beberapa orang mengatakan bahwa sungai yang dulunya sangat penting ini sekarang tengah sekarat.
Saya berharap perjalanan kami akan menjadi pengingat tentang apa saja yang lahir dari tanah ini, dan apa yang akan hilang secara kolektif jika sungai yang melahirkan peradaban ini mengering.
Sepanjang 80 kilometer dari hulu Sungai Tigris, di Eğil, Turki, benteng-benteng dari Kastil Asiria telah diubah oleh orang-orang Yunani, Armenia, Bizantium, Romawi, dan Utsmaniyah, yang semuanya kemudian menetap di sepanjang tepi sungai.
Lebih jauh ke hilir di Diyarbakır, Turki, sebuah benteng yang sudah berdiri sejak Zaman Perunggu dan masih ada sampai sekarang, memperlihatkan lapisan serupa.
Sekarang, kota ini merupakan ibu kota defactobagi populasi Kurdi Turki yang besar, dan kami beristirahat di lorong-lorong labirin, di halaman basal yang terletak di bawah naungan pohon murbei, terpaku oleh suara-suara bergema yang menghantui di sekitar tembok.
Di sana, ada seorang perempuan berjaket krem sedang duduk di atas bangku, tangan kanannya menutup telinganya.
Perempuan itu bernama Feleknaz Aslan, dan selama 30 menit, suaranya yang menggelegar membuat kami terpana.
Dia adalah seorang dengbêj, pelantun lagu-lagu Kurdi sekaligus pendongeng, yang leluhurnya telah mewariskan sejarah dan cerita rakyat dari generasi ke generasi.
Lagu Aslan berkisah tentang perselingkuhan cinta di tepi Sungai Tigris. Saat ini kebanyakan dengbêj adalah laki-laki, katanya, akan tetapi pada praktiknya penemunya adalah perempuan.
Ini adalah cara untuk melestarikan identitas dan budaya, dan dia menjelaskan bahwa Sungai Tigris merupakan latar belakang yang umum dalam lagu-lagu ini, yang saat itu dikenal sebagai ciri utama kehidupan orang-orang Kurdi di wilayah ini.
Di sebelah tenggara Diyarbakır, Sungai Tigris mengukir ngarai yang dalam, melalui wilayah Tur Abdin di Pegunungan Taurus, Turki.
Selama berabad-abad, wilayah ini telah menjadi pusat Gereja Ortodoks Suriah kuno, yang asal-usulnya berasal dari awal mula kekristenan.
Kami naik ke biara terpencil dari abad ke-4, Mor Evgin, yang menempel di tebing, seolah-olah digantung hanya dengan iman.
Di ruangan tengah gereja, campuran semen yang digunakan oleh sejumlah orang Kristen pertama di dunia masih menempel di dinding, dan aksara Suriah merayap di dinding dalam jejaring doa-doa.
Saya menyalakan lilin di ceruk dan menundukkan kepala. Itu adalah pengingat lain tentang bagaimana daerah aliran Sungai Tigris yang subur memungkinkan Yudaisme, Kristen, dan Islam berkembang (Abraham, Bapak semua agama, konon berasal dari sini), dan bagaimana populasi ini kemudian mengambil barang-barang, ide-ide, dan kepercayaan mereka ke seluruh penjuru dunia.
Jika memungkinkan, kami melakukan perjalanan dengan perahu kecil, meskipun akses ke Tigris seringkali sulit.
Di Turki, menavigasi sungai itu sulit karena serangkaian proyek pembangunan bendungan yang sangat kontroversial.
Di Suriah, Tigris adalah perbatasan internasional. Baru setelah berdirinya Mosul, sebuah kota yang terbelah dua oleh sungai, kami akhirnya bisa bepergian dengan lebih bebas.
Ketika ISIS menduduki Mosul dari 2014 hingga 2017, mereka melarang penduduk setempat menggunakan Sungai Tigris dan Kota Tua Mosul, di tepi barat sungai, dijadikan tempat pengungsian terakhir.
Selama pertempuran sengit, setiap jembatan di Mosul yang membentang di atas Sungai Tigris dihancurkan, dan beberapa anggota ISIS dilaporkan melompat ke Sungai Tigris untuk kabur dari pertempuran terakhir.
Mungkin, secara historis, sungai merupakan kekuatan penghubung, tetapi kami melihat bagaimana sungai menjadi titik konflik.
Nama Arab untuk Mosul, Al-Mawsiil, yang berarti "titik penghubung". Ini kemungkinan karena tempat itu merupakan persimpangan perdagangan dan pusat utama di sepanjang Tigris, antara Diyarbakır dan Basra.
Didirikan pada abad ke-7 SM, kota ini merupakan salah satu kota tertua di dunia, dan selama era puncaknya pada abad ke-12 M, kota ini tidak hanya memiliki kekuatan dan pengaruh besar di wilayah tersebut, tetapi juga menjadi beragam secara etnis dan agama.
Pertemuan budaya ini menciptakan ruang budaya yang kaya, dan meskipun sebagian besar wilayah kota tua itu dihancurkan oleh ISIS, semangat kota ini tetap ada.
"Orang mengira kami sudah tidak punya apa-apa lagi," kata Salman Khairalla, salah satu pendiri Tigris River Protectors' Association, dan pendamping dalam perjalanan kami.
"Tapi ada begitu banyak yang selamat dari semuanya, di sepanjang Tigris. Dan lebih dari itu, kami, rakyat Irak selalu membangun kembali. Kami tidak akan pernah menerima kehancuran."
Di Mosul, Masjid Agung al-Nouri peninggalan abad ke-12 yang pernah diduduki ISIS, tengah dibangun kembali dengan sumbangan besar dari UNESCO dan Uni Emirat Arab.
Yang sama mencoloknya adalah kebangkitan budaya yang dipimpin masyarakat setempat.
Di seberang al-Nuri, ada Baytna, yang berarti "rumah kita", di mana seniman muda Moslawi telah menciptakan museum, kafe, dan ruang serbaguna dengan memperbarui rumah tua Ottoman.
"Kami tidak ingin orang melupakan apa yang terjadi di sini," kata Sara Salem Al-Dabbagh, salah satu pendiri ruang tersebut, kepada saya.
"Tapi kami ingin menciptakan peluang kerja, dan tempat untuk mendukung orang-orang dengan keterampilan."
Sungai Tigris membawa kami ke Ashur, ibu kota pertama Kerajaan Asiria, tempat di mana ziggurat kuno berusia 4.000 tahun menjulang di atas sungai.
Di padang pasir terdapat Nimrud, ibu kota Ashur berikutnya dan kota permukiman karavan Hatra yang berusia 2.000 tahun.
Ketiganya dirusak oleh ISIS, tetapi tim-tim pemberani dari para arkeolog lokal melakukan yang terbaik untuk melindungi situs tersebut, bahkan dengan sedikit sumber daya yang tersedia.
Di wilayah yang sering menjadi pemberitaan internasional karena perang dan permusuhannya, salah satu kesan paling dalam dari perjalanan saya itu adalah keramahan yang murni.
Bahkan selama Ramadan, teh disiapkan oleh tuan rumah yang juga berpuasa.
Banyak kambing yang berakhir di atas sepiring nasi untuk kami dalam jamuan mewah.
Di desa Kifrij, sang wali kota memberi tahu kami bagaimana dua penggembala muda menyelundupkan warga sipil melintasi Tigris dari wilayah yang dikuasai ISIS ke tempat aman di malam hari, hanya dengan menggunakan ban dalam traktor.
Saya menemukan tidak ada kekerasan yang terjadi baru-baru ini yang dapat menghancurkan keinginan penduduk untuk membantu orang asing dan rasa kemurahan hati mereka.
Seperti untaian jalinan sungai itu sendiri, Tigris terjalin di seluruh cerita ini; sebagai batas antara hidup dan mati, tetapi juga sebagai sarana untuk tindakan kebaikan yang besar.
Kami menghabiskan hari Minggu bersama orang-orang dari suku Mandaean, kelompok suku-religius terkecil, dan mungkin tertua, di Irak.
Suku Mandaean percaya Sungai Tigris adalah sumber kehidupan yang suci dan karena itulah mereka hidup di sepanjang tepiannya.
Tidak seperti pembaptisan tunggal di dalam agama Kristen, orang-orang suku Mandaean dibaptis secara teratur.
Saya menyaksikan ketika seorang pendeta memimpin delapan perempuan ke Tigris dan dengan lembut menenggelamkan mereka satu per satu, sambil membisikkan doa dalam bahasa Mandaic; dialek Aram kuno di mana mereka adalah satu-satunya pelestarinya.
"Air di sini sama dengan di alam semesta berikutnya," kata asisten pendeta itu kepada saya.
Sungai yang diandalkan oleh orang Mandaean, dan begitu banyak komunitas lainnya, berada dalam bahaya.
Namun, mulai dari aktivis seperti Khairalla hingga arkeolog Ashur, sampai para seniman Moslawi yang mengeklaim kembali budaya mereka, saya menemukan bahwa para penjaga Tigris tidak mau menyerah dan berkomitmen untuk membangun kembali.
Ketika saya bertanya kepada Khairalla tentang masa depan sungai, dia hanya menjawab, "Orang-orang Irak harus selalu memiliki harapan. Seperti generasi-generasi sebelum kita, kita bisa berubah". (*)
Tags : sungai tigris, sungai sumber kehidupan kuno, irak, sungai tigris melahirkan peradaban, sungai tigris kian terancam,