Headline Bisnis   2024/05/30 9:5 WIB

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Pekanbaru-Medan, ASITA Riau: 'akan Perkuat Konektivitas Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata'

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Pekanbaru-Medan, ASITA Riau: 'akan Perkuat Konektivitas Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Ketua (DPD) Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah, menyambut baik pembukaan rute baru ini.

"Super Air Jet membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Pekanbaru ke Kualanamu Medan."

"Dampak timbal balik untuk wisatawan dari Sumut ke Riau sangat positif. Semoga ini tidak hanya dimanfaatkan untuk perjalanan umrah, tetapi juga untuk wisatawan lokal," ujarnya.

Ia melihat potensi besar untuk mendatangkan wisatawan dari Sumatera Utara ke Riau melalui Bandara SSK II.

Super Air Jet membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru ke Bandara Kualanamu Medan. Penerbangan perdana mulai 1 Juni 2024 dan tersedia setiap hari.

Jadwal penerbangan dengan pesawat Airbus A320-200 ini dari Pekanbaru ke Medan pukul 10.05 WIB dan dari Medan ke Pekanbaru pukul 11.15 WIB.

Selama ini, masyarakat Riau yang hendak umrah sering harus transit melalui Malaysia, Batam, atau Singapura. Dengan adanya penerbangan langsung ini, diharapkan perjalanan menjadi lebih efisien.

"Super Air Jet memiliki koneksi ke Kuala Lumpur yang terhubung dengan Batik Air ke Jeddah, sehingga bisa dimanfaatkan oleh Saudi Airlines atau Garuda," tambah Dede.

Selain itu Dede Firmansyah juga berharap agar Dinas Pariwisata lebih aktif dalam mempromosikan potensi wisata Riau, khususnya melalui agen travel.

"Kami berharap dinas pariwisata dapat melibatkan ASITA untuk melakukan roadshow promosi ke Medan. Sebelumnya kami sudah diajak ke Batam, namun dirasa masih terbatas," katanya.

Ia menekankan pentingnya peran agen travel dalam mempromosikan pariwisata untuk benar-benar fokus dan efektif.

Pembukaan rute baru ini diharapkan dapat memperkuat konektivitas antara Medan dan Pekanbaru, sekaligus mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi di kedua wilayah.

Dengan akses yang lebih mudah, baik untuk tujuan wisata maupun bisnis, peluang kerja sama dan perkembangan regional semakin terbuka lebar. (*)

Tags : bandara ssk II pekanbaru, super air jet buka rute penerbangan langsung, bandara pekanbaru ke kualanamu medan, rute penerbangan langsung buka peluang datangkan wisatawan ,