Kesehatan   2022/04/18 14:7 WIB

Tabir Surya Penting Melindungi Kulit dari Matahari, 'Tetapi Tetap Saja ada Resikonya'

Tabir Surya Penting Melindungi Kulit dari Matahari, 'Tetapi Tetap Saja ada Resikonya'

PENELITIAN terbaru menunjukkan bahwa ada risiko berbahaya dari bahan-bahan yang digunakan untuk melindungi kulit kita dari matahari. 

Melanoma adalah salah satu kanker paling mematikan. Juga salah satu yang prevalensinya meningkat di seluruh dunia, walaupun masih merupakan bentuk kanker kulit yang paling tidak umum.

Sejak awal 1990-an, tingkat melanoma di Inggris meningkat pada setiap kelompok umur. Tingkat non-melanoma juga meningkat. Di AS saja, kasus kanker kulit non-melanoma tumbuh sekitar 77% selama dua dekade terakhir.

Paparan radiasi UV adalah penyebab utama jenis kanker kulit yang paling umum. Dan salah satu cara paling efektif untuk menghindarinya, tentu saja, adalah dengan tabir surya.

"Setiap pembicaraan tentang tabir surya harus dimulai dengan mengakui bahwa ada bukti kuat bahwa itu mencegah kanker kulit," kata Richard Weller, konsultan dermatologis di University of Edinburgh dirilis BBC.

Inilah sebabnya, meskipun kanker kulit meningkat di beberapa negara, jumlahnya menurun di negara-negara lain, terutama di negara yang telah meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menggunakan tabir surya.

"Tingkat kanker kulit meningkat pada generasi yang lebih tua. Mereka membawa kerusakan dari beberapa dekade sebelumnya, karena sekarang kondisinya sudah berbeda," kata Adele Green, ilmuwan senior kelompok studi kanker dan populasi di QIMR Berghofer Medical Research Institute di Australia.

"Negara-negara yang tingkat kanker kulitnya turun adalah negara yang berinvestasi lebih besar pada pembangunan kesadaran masyarakat, seperti Selandia Baru, Denmark, AS dan Australia."

Tetapi beberapa peneliti menyatakan kekhawatirannya bahwa, walaupun tabir surya memang harus diakui sebagai alat penting dalam perjuangan kita melawan kanker kulit, formulanya harus diperbaiki dengam bahan-bahan yang lebih aman. Sebab, beberapa tabir surya dapat merusak kesehatan kita.

Awal tahun ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) -satu dari dua pengatur global bahan tabir surya di seluruh dunia bersama Komisi Eropa- menghapus 14 dari 16 bahan kimia yang ditemukan di tabir surya dari daftar GRASE-nya. Daftar ini adalah kategori bahan yang secara umum diterima sebagai aman dan efektif.

Sebenarnya, apa yang terjadi?

Dua jenis filter UV dapat digunakan untuk tabir surya. Yang paling umum digunakan dikenal sebagai filter organik, yang menyerap radiasi UV dan mengubahnya menjadi radiasi yang lebih aman.

Filter UV anorganik seperti titanium dioksida dan seng oksida, yang secara luas dianggap aman, memantulkan dan menyingkirkan radiasi UV dari kulit.

Sudah lama diketahui bahwa beberapa filter organik diserap kulit dan masuk ke aliran darah. Bukan berarti tabir surya tidak aman, tetapi makin banyak yang memperhatikan efek samping potensial dari filter UV paling umum di seluruh dunia: oxybenzone.

"Tak banyak yang diketahui tentang paparan sistemik bahan aktif" di tabir surya, kata FDA dalam laporannya, mengacu pada efek tabir surya dalam jumlah besar yang diserap melalui kulit dan ke dalam tubuh.

Ilmuwan FDA menulis makalah yang berfokus pada empat bahan yang ditemukan di tabir surya, termasuk oxybenzone, dan menyimpulkan bahwa penyerapan tabir surya ke dalam tubuh mungkin lebih dari sekadar perhatian teoretis. Namun, percobaan ini sangat kecil, hanya melibatkan 24 orang.

Beberapa penelitian di laboratorium dan penelitian dengan tikus telah menemukan bahwa beberapa filter UV organik, termasuk oxybenzone, serta bahan-bahan lain termasuk paraben dan phthalate (yang dapat ditemukan bahkan di tabir surya berfilter UV anorganik) diduga bisa menganggu endokrin: bahan kimia yang mengganggu hormon kita.

Tetapi tidak ada penelitian pada manusia yang mendukung hal ini.

Laura Vandenberg, associate professor di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Masyarakat Universitas Amherst di Massachusetts, mengatakan, sebagian besar gangguan endokrin memengaruhi janin laki-laki dan embrio.

Paparan phthalate tingkat tinggi, khususnya, telah ditemukan mengganggu perkembangan alat kelamin pria. Ini dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, seperti berkurangnya jumlah sperma atau peningkatan risiko kanker testis. Namun, efek ini hanya ditemukan dalam dosis sangat tinggi.

Senyawa ini tak hanya dijumpai pada tabir surya. Phthalates juga dapat ditemukan di berbagai kosmetik lain, termasuk beberapa sabun, sampo, cat kuku dan semprotan rambut. Paraben ada di banyak produk perawatan rambut dan make-up

Sementara itu, penelitian Vandenberg menemukan bahwa oxybenzone dapat mempengaruhi ukuran kelenjar susu tikus. Oxybenzone juga telah terdeteksi dalam ASI. Artinya, bisa ada juga di jaringan payudara, kata Vandenberg, yang dapat memengaruhi perkembangan, fungsi, dan kesehatannya.

Namun, kita harus selalu berhati-hati ketika menerapkan temuan studi tikus pada manusia, kata David Leffell, profesor dermatologi dan bedah di Yale School of Medicine, yang tidak terlibat dalam penelitian.

Kritik juga mengatakan bahwa penelitian yang menunjukkan efek buruk dari filter UV pada hewan pengerat biasanya melibatkan tingkat filter UV yang jauh lebih tinggi daripada yang dipakai manusia.

Sebagai contoh, pada tahun 2011, sekelompok peneliti yang menulis dalam jurnal Environmental Health Perspectives memasukkan perspektif dari satu studi dari tahun 2001.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati bahwa pemberian oxybenzone pada tikus muda menyebabkan rahim mereka tumbuh 23%

Para peneliti pada 2011 itu menghitung bahwa untuk mencapai jumlah kumulatif oxybenzone yang sama dengan yang diberikan pada tikus, rata-rata perempuan AS harus mengoleskan tabir surya setiap hari selama 34 hingga 277 tahun, tergantung pada berapa kali mereka mengoleskan tabir surya per hari.

Meski demikian, beberapa penelitian menemukan bahwa filter UV organik dapat mempengaruhi manusia juga.

Dalam satu studi tahun 2015, para peneliti mempelajari 500 pasangan yang berusaha hamil dan menemukan bahwa pria dengan konsentrasi filter UV tipe benzophenone yang lebih tinggi, memiliki peluang 30% lebih rendah untuk menghamili pada setiap siklus menstruasi.

"Waktu yang lebih lama untuk hamil dapat dipengaruhi perubahan halus pada kualitas semen," kata penulis studi Germaine Louis, profesor kesehatan global dan masyarakat di Universitas George Mason di Virginia, AS.

Meskipun ini adalah temuan penting, penelitian ini memang memiliki keterbatasan, Leffell mencatat, yang diakui Louis.

Keterbatasan ini mencakup ketergantungan hanya pada satu pengukuran urin, dan kemungkinan variasi konsentrasi filter UV yang diukur, karena konsentrasinya menurun dengan cepat ketika berada di dalam tubuh.

Meskipun masuk akal untuk khawatir tentang dampak klinis benzofenon tertentu, terlepas dari sumbernya, Leffell menambahkan bahwa penelitian ini tak menarik kesimpulan pasti.
Vitamin D

Selain dari salah satu bahan tertentu, ada kekhawatiran bahwa tabir surya mencegah tubuh manusia membuat vitamin D, yang kebanyakan kita dapatkan dari paparan sinar matahari. Bagaimanapun, kekurangan vitamin D terjadi lebih sering dari yang kita kira. Dapatkah penggunaan tabir surya disalahkan?

Itu seharusnya tidak menjadi penyebab utama, kata Rachel Neale, associate professor di QIMR Berghofer.

"Mekanisme sengatan matahari berbeda dengan produksi vitamin D, dan ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan tabir surya tampaknya tidak banyak mempengaruhi kadar vitamin D," kata Neale.

"Kita sangat pandai membuat vitamin D. Dan tabir surya tidak seperti berada di dalam ruangan. Tabir surya menyaring matahari dan masih memungkinkan ada yang masuk."

Sebuah panel yang terdiri dari 13 ahli terkemuka dari seluruh dunia bertemu pada tahun 2018 untuk membahas keseimbangan vitamin D dan perlindungan matahari. Mereka menyimpulkan bahwa tabir surya tidak mungkin mempengaruhi status vitamin D orang dewasa yang sehat.

Untuk mereka yang khawatir tak dapat cukup vitamin D, Neale masih menyarankan untuk memakai tabir surya setiap hari untuk mereka yang tinggal di tempat dengan sinar matahari yang kuat sepanjang tahun, seperti Australia.

Tetapi di tempat di mana matahari tidak begitu kuat, seperti Inggris, ia mengatakan mudah untuk mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari karena tabir surya biasanya hanya diperlukan ketika Anda berada di luar ruangan untuk waktu yang lama.

Kekhawatiran seputar tabir surya yang menghalangi produksi vitamin D juga mungkin berlebihan, karena sangat sedikit orang yang menggunakan tabir surya dengan benar, menurut Weller.

Dianjurkan agar kita menerapkan dua mg/cm2 ke kulit kita, sekitar enam sendok teh, yang merupakan jumlah yang digunakan untuk menentukan faktor Sun Protection Factor (SPF). Kebanyakan orang menerapkan sekitar seperempat dari itu, katanya.
Tapi bisakah paparan sinar matahari memberikan manfaat selain vitamin D?

Penting untuk dicatat bahwa argumen apa pun yang menekankan manfaat kesehatan matahari, bukannya risiko, tetap menjadi teori yang kontroversial. Dan tidak menghilangkan peringatan bahwa paparan matahari meningkatkan risiko kanker kulit, bagaimanapun cara kita terpaparnya.

Namun, salah satu manfaatnya adalah radiasi UV melepaskan nitric oxide. Molekul yang diproduksi dalam tubuh ini melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, yang menunjukkan bahwa tabir surya dapat mencegah manfaat ini, menurut Weller.

"Semakin banyak bukti menunjukkan [oksida nitrat] penting untuk kesehatan jantung dan mungkin mengurangi penyakit kardiovaskular, yang lebih penting daripada mencegah kanker kulit," katanya.

Weller berpendapat bahwa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular lebih penting daripada mengurangi tingkat kanker kulit.

Meskipun kedua penyakit ini meningkat secara global, penyakit jantung membunuh lebih banyak orang.

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab nomor satu kematian secara global. 17,9 juta orang meninggal akibat penyakit ini pada tahun 2016, sementara 2-3 juta kanker kulit non-melanoma dan 132.000 kanker kulit melanoma didiagnosis setiap tahun.

Melanoma, yang lebih agresif, tingkat pertahanan tubuhnya rata-rata sekitar 92%, dan para ahli mengatakan kematian akibat kanker non-melanoma jarang terjadi.

Namun, Weller mengakui bahwa argumennya kontroversial, dan bahwa bukti terkuat yang kita miliki dengan jelas menunjukkan bahwa tabir surya bermanfaat bagi kesehatan kita.

Sementara itu, beberapa berpendapat bahwa kepercayaan diri yang diberikan oleh tabir surya justru jadi salah satu alasan mengapa tingkat kanker kulit meningkat, terutama di kalangan generasi yang lebih tua.

Tabir surya membuat kita lebih berani berlama-lama terkena sinar matahari daripada yang seharusnya, kata Leffell.

"Saat bicara dengan pasien, tampaknya orang cenderung untuk tidak menggunakan kembali tabir surya secara teratur ketika berada di luar ruangan, padahal ini adalah hal yang perlu kita lakukan. Zat kimia bertindak sebagai wastafel untuk energi UV, dan kemampuannya terbatas, "katanya.
Dunia binatang

Bukan hanya kesehatan manusia yang diselidiki para ilmuwan. Lusinan penelitian menunjukkan bahwa filter UV berisiko bagi kehidupan laut. Banyak bahan kimia ini dapat mencemari mamalia laut, burung laut, ikan dan karang.

Dan meskipun filter anorganik seperti titanium dioksida, juga berdampak, salah satu penyebab paling beracun adalah oxybenzone. Beberapa tujuan wisata, seperti taman ekologi Meksiko Xcaret dan Xel-Ha, telah menerapkan kebijakan di mana pengunjung harus mengganti tabir surya mereka dengan yang lebih ramah lingkungan.

"Bahan kimia seperti oxybenzone menjadi penganggu endokrin dan menyebabkan perubahan jenis kelamin pada ikan, mengurangi pertumbuhan atau produksi telur," kata Cheryl Woodley, ilmuwan riset di Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS.

"Polusi lingkungan dari tabir surya kimia mengakibatkan berkurangnya ketahanan terhadap perubahan iklim, dan bahkan berkontribusi merusak reproduksi organisme seperti karang dan ikan. Akibatnya, beberapa generasi lagi mereka bisa saja punah secara lokal".

Dalam penelitian yang mengamati komunitas karang di perairan Hong Kong, para peneliti menemukan tingkat tabir surya yang lebih tinggi ketika ada peningkatan aktivitas manusia di pantai.

Beberapa sampel karang mengandung kadar yang cukup tinggi untuk menyebabkan deformitas dan kematian pada karang yang belum matang.

Jadi, apa yang harus dilakukan oleh seseorang yang peduli pada kesehatannya, tapi juga peduli pada lingkungannya?

Sampai ada penelitian definitif tentang efek potensial filter UV yang diserap ke dalam tubuh kita, atau ada alternatif yang tidak mengandung bahan yang terkait dengan risiko kesehatan, konsensus di antara para ahli adalah bahwa kita perlu melindungi diri kita sendiri kapan pun kita terpapar matahari.

Cara paling sehat untuk melakukannya, untuk diri kita sendiri dan untuk satwa liar, adalah dengan pakaian, tempat teduh dan menghindari matahari tengah hari. Tapi ketika tidak memungkinkan, kita harus memakai tabir surya dengan benar.

Mereka yang khawatir soal efek potensial filter UV yang diserap ke dalam kulit atau satwa liar, tabir surya yang mengandung filter anorganik mungkin adalah pilihan yang lebih baik.

Kedengarannya cukup sederhana. Tetapi meningkatnya tingkat kanker kulit menunjukkan bahwa kadang kita lupa pada hal sederhana. (*)

Tags : Tabir Surya, Melindungi Kulit dari Matahari, Resiko Gunakan Tabir Surya, Kesehatan,