News Kota   2024/01/22 7:55 WIB

Tagihan Listrik Penerangan Jalan Umum di Pekanbaru Alami Penurunan Jadi Rp4,7 M per Bulan

 Tagihan Listrik Penerangan Jalan Umum di Pekanbaru Alami Penurunan Jadi Rp4,7 M per Bulan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tagihan listrik untuk lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Pekanbaru mengalami penurunan signifikan. Penurunan tagihan listrik PJU mencapai Rp1 miliar.

"Tagihan listrik penerangan jalan umum di Pekanbaru mengalami penurunan signifikan." 

"Saat ini tagihannya tinggal Rp4,7 miliar, dengan penurunan sebesar Rp1 miliar per bulan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso, seperti dirilis pekanbaru.go.id, Jumat (19/1/2024).

Yuliarso mengungkapkan bahwa sebelumnya tagihan listrik PJU mencapai Rp5,7 miliar per bulan.

Dishub Pekanbaru, bersama PLN, berhasil menertibkan sekitar 8 ribu titik lampu PJU liar dan yang menggunakan volt di atas 250 watt.

"Tahun ini, target kita adalah melakukan efisiensi tambahan sebesar Rp1 miliar, sehingga tagihan PJU dapat mencapai Rp3,5 miliar. Kami terus berupaya menekan tagihan agar optimal," sambung Yuliarso.

Dalam upaya menekan tagihan, Dishub dan PLN telah berhasil mengganti sebagian besar lampu PJU dengan voltase di atas 250 watt dengan bola lampu berkavasitas 100 watt setelah ditertibkan. Ini menyebabkan efisiensi dan penghematan sebesar Rp1 miliar per bulan.

Dengan penurunan tagihan listrik PJU, Yuliarso menyatakan bahwa pajak penerangan jalan yang diterima Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dapat digunakan untuk pembangunan jalan, drainase, dan proyek pembangunan lainnya.

Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pembangunan infrastruktur kota ke depannya. (*)

Tags : penerangan jalan umum, tagihan listrik pju, pekanbaru, tagihan listrik pju alami penurunan, News Kota,