Headline News Kota   2021/12/30 15:51 WIB

Tahun 2022, Dinkes Akan Genjot Vaksin Anak, 'Sekarang Masih Fokus Lansia'

Tahun 2022, Dinkes Akan Genjot Vaksin Anak, 'Sekarang Masih Fokus Lansia'

PEKANBARU - Dinas Kesehatan [Dinkes] Kota Pekanbaru akan melakukan vaksinasi terdahadap 100 ribu lebih anak untuk tahun 2022,

"Sekarang ada lebih dari 100 ribu anak usia 6-11 tahun, semua akan divaksin tahun depan."

"Vaksinasi itu dilaksanakan jika target vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) di Kota Pekanbaru sudah tercapai," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (30/12).

Diskes mencatat ada 100.003 anak yang akan divaksin. Dari pendataan sementara, jumlah itu kemungkinan bertambah, "karena saat ini pendataan masih dilakukan Dinas Kesehatan," katanya.

Zaini Rizaldy Saragih mengakui, pendataan terhadap anak yang akan divaksin masih berjalan, dan jumlah anak yang bakal divaksin bakal bertambah.

Meski sudah melakukan pendataan, pihaknya belum memastikan jadwal pemberian vaksin bagi anak.

"Mereka saat ini masih fokus menuntaskan pemberian vaksin bagi lansia hingga angka capain vaksinasi mencapai 60 persen dari total keseluruhan jumlah penduduk lansia."

"Setelah kita tuntas (vaksinasi lansia), baru kita laporkan ke tim satgas nasional, untuk memulai vaksinasi bagi anak-anak," ujar Zaini,

Ia menyebut, kemungkinan vaksin anak tersebut akan dilaksanakan tahun depan. Karena saat ini masih pendataan.

Tim saat ini masih fokus mendata jumlah anak yang bakal mendapat suntikan vaksin. Pihaknya pun belum melakukan sosialisasi kepada para orang tua. Tetapi hingga akhir 31 Desember nanti, tim Satgas masih fokus menggesa pemberian vaksin bagi lansia.

"Mereka sudah memberikan vaksin kepada 30.005 lansia atau 56,87 persen."

"Sekarang ada 3.13 persen lansia harus mendapat suntik vaksin dalam beberapa hari ini dan secara umum capaian vaksinasi Kota Pekanbaru sebanyak 95,74 persen," sebutnya. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Dinkes Pekanbaru, Vaksinasi Anak, News Kota, Tahun 2022 akan Melakukan Vaksinasi Anak,