News Daerah   2021/10/11 22:23 WIB

Titik Api Muncul di Lahan Gambut yang Hangus Terbakar

Titik Api Muncul di Lahan Gambut yang Hangus Terbakar

DUMAI - Akibat cuaca ekstrem, dua titik api kembali muncul di Kota Dumai dan menghanguskan sedikitnya 2,8 hektare lahan yang berada di Kecamatan Sungai Sembilan dan Kecamatan Dumai Barat.

"Dengan penambahan luasan lahan yang terbakar hari ini secara keseluruhan sebanyak 172,74 hektare lahan di Dumai teebakar hingga 10 Oktober 2021 ini," kata Kalaksa BPBD Dumai Amrizal Anara, Senin (11/10).

Menurutnya, dari laporan petugas di lapangan, hari ini ada dua titik karhutla masing-masing di Kelurahan Parit Sadak, Kecamatan Dumai Barat dengan luas lahan terbakar sekitar 2,5 hektar dan 0,3 hektar di Kelurahan Batu Teritip, Kecamatan Sungai Sembilan.

Anara mengatakan proses pemadaman masih terus dilakukan oleh BPBD Dumai dibantu TNI-Polri dan personel Kecamatan dan Kelurahan serta Masyarakat Peduli Api. "Lahan yang terbakar itu semak belukar dan berada di lahan gambut," terangnya.

Setelah pemadaman akan dilakukan pendingin agar api benar-benar padam, sebab yang terbakar lahan gambut dan api bisa hidup lagi jika tertiup angin. "Untuk itu harus dipastikan mati dengan cara melakukan pendinginan, imbuhnya.

Beruntung, saat proses pemadaman sumber air tersedia, dan untuk pemadaman kali ini tim pemadaman yang diterjunkan sebanyak 11 orang dilengkapi dengan 3 unit mesin portabel, 2 unit mobil angkut dan 5 unit kendaraan roda dua guna menerobos lokasi kebakaran. (rp.ind/*)

Tags : Titik Api Muncul, News Daerah, Lahan Gambut Hangus Terbakar di Dumai,