Tni - Polri   2022/07/26 21:51 WIB

TNI AL Gelar Aksi Tanam 7.250 Bibit Mangrove di Kawasan Pesisir Pantai Dumai

TNI AL Gelar Aksi Tanam 7.250 Bibit Mangrove di Kawasan Pesisir Pantai Dumai
Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena memimpin Penanaman Mangrove dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia di Kelurahan Bangsal Aceh Kota Dumai, Selasa (26/7/2022).

DUMAI - TNI Angkatan Laut (AL) Dumai menggelar aksi tanam 7.250 bibit mangrove yang dipusatkan di kawasan pesisir pantai, Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai,.

Kegiatan dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, secara virtual melalui layar monitor.

"Sambut hari mangrove sedunia, Lanal Dumai tanam bibit mangrove di Kawasan Pesisir Pantai Dumai."

"Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai menanam sebanyak 7.250 bibit mangrove yang disebar di 9 wilayah di bawah Lanal Dumai," kata Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai, Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, Selasa (26/7/2022).

"Penanaman mangrove untuk memperingati Hari Mangrove sedunia yang jatuh pada 26 Juli 2022," sambung Danlanal.

Untuk Kota Dumai sendiri ditanam sebanyak 2.237 bibit mangrove yang dipusatkan di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Kata Danlanal.

Memperingati hari Mangrove Sedunia, TNI Angkatan Laut melaksanakan penanaman mangrove serentak di 77 titik seluruh Indonesia yang melibatkan semua unsur elemen masyarakat, kegiatan terpusat di kawasan mangrove Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Di Dumai, penanaman mangrove dipusatkan di Dermaga Posal Bangsal Aceh Kota Dumai yang dipimpin Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena dihadiri Asisten I Setdako Dumai H Yusrizal, Forkopimda Kota Dumai, kelompok tani sekitar pesisir, pelajar dan mahasiswa serta undangan lainnya yang ikut serta melaksanakan kegiatan penanaman mangrove serentak.

Selain untuk memperingati hari Mangrove Sedunia, kegiatan penanaman mangrove juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, menjaga kelestarian mangrove dan keselamatan bumi di masa depan, selain itu terjalinnya hubungan humanis dan bersinergi di semua unsur elemen.

"Seperti yang telah kita ketahui bersama, mangrove merupakan salah satu ekosistem esensial di dunia yang mendukung sektor perikanan, mengurangi abrasi pantai, banjir, menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati, penyimpanan karbon dan menyediakan bahan-bahan alami penting, serta sumber mata pencaharian bagi jutaan orang," ungkapnya.

Sebelumnya pada 12 Juli 2022 Lanal Dumai bersama Upika, masyarakat Kelurahan Bangsal Aceh, pelajar, kelompok tani dan karang taruna telah melaksanakan penanaman mangrove yang pertama dengan jumlah 3.000 batang, serta pendistribusian bibit mangrove ke posal-posal di bawah jajaran Lanal Dumai dengan jumlah 2.286 batang bibit mangrove.

Pada saat ini juga seluruh posal di bawah jajaran Lanal Dumai ikut serta dalam kegiatan penanaman mangrove serentak diseluruh Indonesia melalui zoom meeting. Total keseluruhan bibit mangrove yang telah di tanam oleh Lanal Dumai beserta masyarakat dengan jumlah 7.250 batang.

Hal ini sekaligus sebagai implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan penanaman mangrove," tutupnya.

Sementara itu, Asisten I Setdako Dumai H Yusrizal dalam sambutannya mendukung aksi nyata yang dilakukan TNL AL yaitu penanaman bibit mangrove dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia tahun 2022.

"Aksi penanaman mangrove yang dilakukan TNI AL sebagai bentuk pelestarian lingkungan, terutama menjaga kawasan pesisir dari abrasi akibat ombak pasang," kata Yusrizal.

"Sejalan dengan program Pemerintah dalam upaya rehabilitasi mangrove di Indonesia dan Dumai khususnya, melestarikan lingkungan serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya mangrove bagi ekosistem pesisir," pungkasnya. (rilis)

Tags : Komandan Pangkalan Angkatan Laut, Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, TNI ALGelar Aksi Tanam 7.250 Bibit Mangrove, Kawasan Pesisir Pantai Dumai,