Sorotan   2023/12/31 0:38 WIB

Umat Katolik dan Protestan Peringati Natal 2023, 'Tapi Tidak Bicarakan Anies, Prabowo atau Ganjar di Pilpres 2024'

Umat Katolik dan Protestan Peringati Natal 2023, 'Tapi Tidak Bicarakan Anies, Prabowo atau Ganjar di Pilpres 2024'
Umat Kristiani mengikuti ibadah Misa Hari Raya Natal di dilaksanakan di Ball Room Hotel Premiere. Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (26/12/2023).

"Umat Katolik dan Protestan yang juga bersama insan pers melakukan perayaan Natal tahun 2023"

atal kali ini [2023] memiliki tema: ”Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” ( Lukas 2 : 14) dan Sub Tema ” Melalui Perayaan Natal Wartawan Riau Berdoa Pemilu 2024 Aman, Damai dan Demokratis, Untuk Indonesia Maju dan Sejahtera”.

Natal bersama dilaksanakan di Ball Room Hotel Premiere, Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, Riau, pada Selasa 26 Desember 2023.

"Perayaan Natal ini sebagai kegiatan yang sudah terjadwal untuk dilakukan rutin setiap tahun bagi seluruh insan pers lintas organisasi yang beragama Kristen Protestan dan Katolik yang berada di Provinsi Riau," kata Ir. Mangasa Panjaitan M.Si, sebagai penyelenggara acara yang juga Sekretaris Umum Ikatan Keluarga Batak Riau [IKBR], Selasa (26/12).

Perayaan Natal diawali dengan ibadah, renungan yang dipimpin oleh Pendeta Suryani Halawa Sth, dengan firman Tuhan dari Kitab Lukas 2: 14, sedangkan Votum dibawakan oleh Pendeta HKBP Rajawali J.Pandiangan S.Th, Doa Syafaat oleh Penetua Fransiska Lumban Tobing dari GKPI.

Rangkaian kegiatan Natal Oikumene Wartawan dan Insan Pers 2023 dimulai jam 17.40 Wib, yang menghadirkan koor dari beberapa Gereja seperti GKPI, Gereja Katolik, Gereja HKBP Rajawali dan dari  Gereja BNKP Kota Pekanbaru Resort 60.

Sebelum mengakhiri Ibadah, dilaksakan doa bersama terhadap calon-calon Legislatif yang dipimpin oleh Pdt. Suryani Halawa STh, J. Pandiangan S.Th, dan Penetua Fransiska Lumban Tobing.

Para caleg yang dipanggil kedepan untuk didoakan adalah:

  1. St. Romwel Sitompul SH sebagai Calon Dewan Perwakilan Daerah Riau Nomor urut 26 
  2. Ramos Teddy Sianturi SH MM, calon Dewan Perwakilan Rakyat RI dari Partai Golkar Dapil 1 Nomor urut 7
  3. Fajar BS Lase calon Dewan Perwakilan Rakyat RI Dapil 1 dari Partai PDI Perjuangan Nomor urut 3
  4. Darwin Hendry P Pangaribuan SH, calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau, Partai PDI Perjuangan Dapil Kota Pekanbaru Nomor urut 4
  5. Manuntun H Marpaung, Calon DPRD Kota Pekanbaru Partai PDI Perjuangan Dapil Kecamatan Tuah Madani dan Binawidya Nomor urut 5
  6. Arif Frans Darmana Calon DPRD Kota Pekanbaru Partai Gerindra Dapil Kecamatan Bukit Raya dan Sail Nomor Urut 2 

Setelah sesi ibadah dilanjutkan dengan pemberian santunan selain istri dari Almarhum Wartawan sebanyak 13 orang dan pemberian doa berkat bagi calon anggota DPR dari berbagai tingkatan.

Kegiatan Natal Wartawan dan Insan Pers 2023 Provinsi Riau yang dihadiri para wartawan dan Insan Pers dari lintas organisasi beragama Nasrani [Kristen].

Selain para wartawan dan keluarga wartawan juga turut hadir Gubernur Riau yang diwakili oleh Karo Perekonomian sekretaraiat Kantor Gubernur, Drs Jon Armedi Pinem ST MT, Kapolda Riau yang diwakili Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Hery Murwono, Lanud Roesmin Nurjadin, Korem 031/WB Binmas Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Riau St.Liston Naibaho SE dan beberapa para caleg baik Caleg untuk Kabupaten dan Kota, Provinsi Riau dan Caleg DPR RI.

Ketua Panitia Natal Oikumene Wartawan dan Insan Pers 2023 Kornel Panggabean dalam sambutannya menyampaikan; Puji Syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus, karena atas kasihnya semua dapat berkumpul bersama dalam perayaan Natal Wartawan sebagaimana yang disaksikan bersama-sama pada saat ini.

"Kami panitia menyampaikan apresiasi kepada Forkopimda atas waktu dan perhatian serta kehadirannya. Mewakili panitia, Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap panitia yang telah berjuang dan bekerja keras hingga terselenggaranya acara Natal ini," sambut Kornel yang juga selaku Pimred Pekanbaru Mx.

”Perayaan Natal ini adalah kegiatan yang kita lakukan setiap tahun untuk mempererat tali silaturahmi diantara para wartawan dan insan pers. Dan Kedepan dalam menghadapi Pemilu 2024, kami berharap kiranya dapat berjalan dengan damai."

"Mari bersama sama kita menciptakan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik aman, nyaman dan tentram," harap Kornel Panggabean.

Natal tidak menyinggung Pilpres

Dalam pelaksanaan Natal kali ini tuntutan agar umat Katolik dan Protestan menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 2024, tidak digaungkan.

"Diprediksi suara mereka tunggal, namun secara umum disebutkan mereka akan berlabuh capres yang berlatar 'nasionalis'. Mungkin 'aliran politik' bakal menjadi pertimbangan akhir yang menentukan," kata Ir Mangasa Panjaitan, yang menjabat sebagai Sekretaris Umum IKBR ini.

Dalam momentum Natal tahun ini dari beberapa Gereja seperti GKPI, Gereja Katolik, Gereja HKBP Rajawali dan dari  Gereja BNKP Kota Pekanbaru Resort 60 pemuka pemuka agama Kristen tidak ada menyerukan agar umat mengambil bagian, dan menggunakan hati nurani dalam Pemilu 2024.

Tetapi dengan tidak adanya seruan ini memicu pertanyaan lebih luas: ke mana suara Umat Nasrani yang jumlahnya sekitar 10% di Riau pada Pemilu 2024? Apakah politik aliran masih akan berpengaruh terhadap mereka?

Dan, seperti apa strategi pendekatan yang semestinya digunakan tiga capres-cawapres dalam menarik simpati Umat Nasrani umumnya untuk di Riau?

Pada hal sebelumnya, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo menyerukan umat Katolik ikut ambil bagian dari Pemilu 2024 dan tidak masuk golongan putih alias golput.

“Sebagai warga negara, siapa pun kita wajib ikut dalam pemilihan umum… Kepada umat Protestan juga dipersilakan datang untuk ikut memilih calon-calon pemimpin kita, dengan suara hati masing-masing. Tidak ada paksaan,” kata Mangasa menyikapinya, seperti Sabtu (30/12) tadi.

Dalam pada kesempatan, Mangasa juga selalu menekankan agar umat Protestan memilih dengan “hati nurani yang cerdas” – merujuk pada pilihan dengan pertimbangan rasional.

“Siapa pun yang nanti akan terpilih, dan sudah diumumkan oleh lembaga yang berwenang, kita mesti menerima,” katanya.

Apa kata umat Nasrani?

Seperti disebutkan Butet, sebagian dari mereka mengaku sangat berhati-hati dan tak terlalu merujuk pada agamanya dalam menentukan pilihan dalam Pemilu 2024.

Pemeluk Protestan di Pekanbaru ini, mengaku belum menentukan pilihan terhadap tiga pasangan capres-cawapres.

"Nunggu dulu para kandidatnya, [mereka] janjiin apa saja atau kampanye seperti apa, sampai periode kampanye selesai, baru mutusin pilihan,” katanya.

Perempuan 45 tahun ini juga mengatakan tidak menjadikan agamanya sebagai rujukan menentukan partai politik ataupun calon legislatif di kotak suara 14 Februari mendatang.

"Lebih memilih yang kelihatannya lebih baik saja dari calon-calon lainnya,” katanya singkat.

Pemeluk Protestasn lainnya, Michelle juga mengatakan masih belum menentukan pilihan capres-cawapres yang akan ia coblos nantinya.

"Masih menunggu debat terakhir, karena dari situ aku bisa merangkum bagaimana ketiga pasangan ini, menjanjikan atau tidaknya,” katanya.

Michelle juga menganggap lebih rasional memilih calon legislatif atau partai politik yang berseberangan dari parpol koalisi capres-cawapres yang ia pilih nantinya. Supaya jalannya pemerintahan dinamis karena ada oposisi yang seimbang.

"Mereka kan berlawanan, tidak akan mendominasi lagi, seperti yang sudah terjadi,” katanya.

Nomena Titi Sandra, 35 tahun, yang sudah memeluk Protestan sejak lahir, mengatakan sudah punya pilihan capres-cawapres dalam Pemilu 2024 mendatang, meskipun "belum pasti”.

Karyawan swasta di Pekanbaru ini, mengaku butuh waktu untuk menentukan pilihan orang yang akan duduk di kursi presiden, karena ia memerlukan masukan sebanyak-banyaknya dari berita di media massa, termasuk informasi dari teman-teman kantornya. Hal yang menjadi pertimbangan adalah latar belakang calon sekaligus visi dan misi.

"Tapi sebelumnya, tentang menjadi Nasrani dan tentang aku jadi pemilih, nggak pernah terlalu diuntungkan,” kata Nomena yang ber-KTP Sumatra Utara.

Untuk pilihan partai politik, ia lebih menyukai yang bergaris nasionalis, sedangkan caleg nantinya ia akan meminta saran dari orang tuanya.

"Aku masih tetap mencoblos [caleg] pilihan dari orang tua, karena aku nggak paham konteks di rumah,” kata Nomena.

Bagaimana posisi suara umat Nasrani di Pemilu 2024?

Berdasarkan data pemerintah, jumlah umat Nasrani per 2022 diperkirakan mencapai 29,01 juta jiwa, atau sekitar 10,53% dari total penduduk Indonesia. Suara mereka cukup menentukan pemenangan Pilpres 2024 yang diikuti tiga pasangan kandidat.

“Cukup besar, apalagi jika banyak di antaranya adalah swing voter ataupun undecided voter/pemilih bimbang,” kata Mangasa lagi yang mantan Dosen Perikanan di Universitas Riau [UNRI], sambil menambahkan, suara yang ditargetkan pada umat Nasrani ini bisa menentukan satu putaran dalam pilpres.

Tetapi seperti disebutkan Direktur Indonesian Corruption Investigation [ICI] Darmawi wardhana ini juga mengatakan seruan dari tokoh-tokoh Kristen ini membuat partisipasi pemilih semakin maksimal.

“Kalau partisipasinya lebih tinggi, artinya lebih legitimate,” kata Darmawi.

Sebagai gambaran, pada Pemilu 2019 lalu, KPU melaporkan tingkat partisipasi pemilih mencapai 81% atau 158 juta pemilih menggunakan hak pilihnya, dari total Daftar Pemilih Tetap sebesar 199,9 juta jiwa.

Menurutnya, umat Kristen dan umumnya nonMuslim lebih cenderung memilih partai dengan ideologi sekuler-nasionalis.

“Karena konstitusi kita bukan negara agama. Tapi negara Pancasila,” katanya.

Ia menambahkan, nonMuslim akan memilih partai Islam dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Kecuali, ada calon-calon yang dianggap Partai Islam seperti PKS atau apapun, yang calonnya itu dari nonMuslim. Itu baru [dipilih]. Itu juga lebih percaya pada orang-orang yang dicalonkan,” kata dia.

Ia juga melihat senjakala partai-partai berbasis agama pascareformasi. Saat itu terdapat Partai Damai Sejahtera (PDS) yang berbasis Kristen, dan sampai kini masih terdapat partai-partai berhaluan Islam seperti PKS, PPP, PAN, PKB, Partai Bulan Bintang dan lain-lain.

Menurutnya, PDS sulit memperoleh suara karena pemilih Kristen jumlah populasinya tidak dominan secara nasional, termasuk bagaimana partai harus memenuhi syarat ambang batas yang besar.

“Tidak semua orang dari nonMuslim itu suka dengan partai agamanya, mereka cenderung memilih tadi, nasionalis,” kata Darmawi.

Partai Islam mungkin akan lebih tahan lama karena populasi Muslim yang mendominasi secara nasional. Tapi, pemilih Muslim masih cenderung memilih partai nasionalis.

“Basis politik agama, aliran, tidak lagi dominan di Indonesia… Islam juga tidak tunggal,” katanya.

Sama-sama bersaing

Sementara itu, Peneliti Ahli Utama dari BRIN, Profesor Firman Noor mengestimasi suara umat Nasrani dalam pilpres 2024 “akan terbagi”.

Menurutnya, saat ini ketiga pasangan punya pendekatan yang baik terhadap umat Nasrani.

Capres nomor urut satu, Anies selama menjabat gubernur Jakarta tidak menentang perizinan gereja. PKB sebagai partai penyokongnya juga punya rekam jejak yang baik dengan nonMuslim, sejak era Gus Dur.

Sementara itu, pasangan nomor urut dua, Prabowo – dari keluarga yang sekular – telah menarik diri dari kelompok konservatif di era pemilu sebelumnya, sementara Gibran disebut “tidak ada masalah dengan Nasrani”.

Sedangkan, pasangan nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud MD disokong PDI Perjuangan – parpol yang memiliki porsi besar dari pemilih Nasrani.

“Suara ini akan terbagi, tidak seperti pilpres kemarin (2019). Yang menarik alasannya itu, tidak lagi untuk melawan politik identitas, tapi mencari yang paling sesuai dengan hati nurani,” kata Prof Firman.

Ia melanjutkan, politik identitas tak sekuat pemilu-pemilu sebelumnya. Saat ini, telah terjadi pergeseran di mana pemilih secara umum lebih mempertimbangkan pada isu etika politik, konstitusi, dan program kerja.

Politik aliran masih tetap digunakan, akan tetapi lebih pada kepentingan internalisasi dan konsolidasi masing-masing kubu pasangan capres-cawapres.

“Hanya untuk magnet bahasa politik menyamakan frekuensi… untuk mudah dipahami akar rumput. Tapi tujuan akhirnya bukan demi alirannya sendiri, tapi kepentingan yang lebih luas,” kata Prof Firman.

Namun, Prof Firman tidak menutup kemungkinan politik identitas masih berpengaruh terhadap pemilih nonMuslim, sehingga calon-calon yang pernah dikaitkan dengan identitas agama seperti Anies dan Prabowo tidak akan mereka pilih.

"Hanya kalangan pemilih yang kurang jauh gaulnya, yang bisa didekati dengan politik identitas. Berpikirnya masih tahun 2014. Tapi itu karena nggak semua orang peduli politik,” katanya.

Hal senada disampaikan peneliti politik BRIN lainnya, Aisah Putri Budiarti. Kata dia, sebagian pemilih umat Nasrani masih akan mempertimbangkan capres-cawapres dari latar belakang kelompoknya.

“Kalau melihat dari Nasrani [secara umum] ini masih cair, tidak menonjol pada salah satu pasangan saja. Meskipun ada catatan-catatan pertimbangan ketika memilih,” kata Aisah.

Apa kata survei?

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) merilis jajak pendapat terkait pemilih Muslim dan nonMuslim pada Maret 2023 lalu. Survei ini dilakukan Desember 2022.

Hasilnya, pemilih nonMuslim lebih cenderung memilih Ganjar (43%), diikuti Anies (17%), dan Prabowo (16%). Pemilih nonMuslim yang menjadi responden ini berasal dari banyak agama yaitu Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, dan lainnya.

Menurut Saiful, mereka melihat siapa di antara ketiga tokoh tersebut yang dekat dengan mereka.

Anies, menurut Saiful, memiliki rekam jejak sebagai politikus dari kelompok Islamis. Demikian pula dengan Prabowo, yang dalam dua kali Pemilu bermain dengan kartu Islam.

“Karena itu, di antara pilihan itu, Ganjar lebih bisa diterima, walaupun agamanya tidak sama,” kata Saiful dalam keterangan resminya. 

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga melaporkan survei dukungan pemilih nonMuslim yang bermuara besar ke Ganjar (61,9%), lalu Prabowo (25,3%), dan Anies (10%), seperti dikutip dari Tribunnews.

Pada Pemilu 2019, sejumlah survei juga merilis mayoritas nonMuslim lebih memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dibandingkan Prabowo-Sandiaga.

LSI Denny JA juga pernah merilis survei yang menunjukkan PDI Perjuangan menjadi partai nomor satu pilihan nonMuslim dengan jumlah 54,7%, diikuti Partai Golkar (13,5%), dan Partai NasDem (3,5%). 

Di posisi selanjutnya terdapat Partai Gerindra (2,9%), dan Partai Demokrat (2,4). Sejumlah partai Islam juga dipilih oleh nonMuslim, tapi jumlahnya hanya kisaran 1%.

Menurut dosen komunikasi dari UGM, ada kemungkinan PDIP menjadi pilihan pemilih nonMuslim karena punya garis historis.

PDIP yang merupakan pecahan dari PDI dulunya adalah gabungan sejumlah partai yaitu Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Kristen Indonesia, Partai Katolik, Partai Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia, dan Partai Musyawarah Rakyat Banyak.

Apa strategi yang bisa menarik suara umat Nasrani?

Isu kebebasan beragama dan berkeyakinan, khususnya kasus-kasus perizinan membangun rumah ibadah. Belum ada satupun capres yang menyentuh isu ini, kata Ir Mangasa Panjaitan M.Si lagi.

Jadi Mangasa meyakini capres yang berani mengambil sikap dan berkomitmen menyelesaikan silang sengkarut izin rumah ibadah, “Akan mendapatkan simpati yang besar untuk pemilihan ke depan itu,” sebutnya.(*)

Tags : umat kristiani, natal 2023, umat katolik dan protestan peringati natal oikumene, riau, pilpres 2024, sorotan,