Rokan Hilir   2020/08/07 09:20:00 AM WIB

Untuk Kesuburan Tanah, Bhabinkamtibmas Buat Pupuk Organik

Untuk Kesuburan Tanah, Bhabinkamtibmas Buat Pupuk Organik
Melalui Bhabinkamtibmas buat pupuk organik di kelompok tani Bhayangkara Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih, Rohil. (Dok.rp)

 

ROKAN HILIR, RIAUPAI.com - Kelompok tani Bhayangkara di Kelurahan Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), melalui Bhabinkamtibmas Kepenghuluan Ujung Tanjung, Aipda Hermon Huta Barat melakukan terobosan pembuatan pupuk organik.

Pembuatan pupuk organik ini dilakukan di lokasi pertanian guna untuk menambah kesuburan tanah oleh kelompok tani Bhayangkara. Kelompok tani Bhayangkara yang dibina Polres Rohil bertujuan untuk menciptakan ketahanan pangan yang mengacu pada program 'Jaga Kampung' yang diterapkan oleh jajaran Polda Riau. Selain untuk pencegahan penyebaran covid-19, juga didukung dengan ketahanan pangan.

"Ketahanan Pangan dalam Program Jaga Kampung, di Banjar XII Kec. Tanah Putih, selain melaksanakan kegiatan pertanian juga dilaksanakan kegiatan perikanan," kata Aipda Hermon Huta Barat.

Kegiatan pertanian ini bermacam ragam yang dibudidayakan diantaranya Jagung, Melon, Terong, Kacang Tanah dan Mentimun. "Untuk menjaga kesuburan tanaman di lokasi ketahanan pangan,  kita buat pupuk organik dari sisa sisa buah buahan dan sayuran untuk difermentasi menjadi pupuk cair, dan pupuk inilah yang nantinya digunakan untuk menyuburkan tanaman di lahan ketahanan pangan Banjar XII," terangnya.

Anto yang dituakan masyarakat di kelompok tani Bhayangkara mengatakan, ini merupakan satu bukti bahwa Polri adalah Promoter sesuai slogan dibaleho. "Promoter adalah penggerak, tidak bicara tapi membuktikan bahwa Polri sebagai pelindung, pengayom masyarakat. Dengan adanya kelompok tani Bhayangkara ini, semoga menjadi motivasi bagi masyarakat untuk mencontoh apa yang telah terlihat," kata dia menambahkan semoga apa yang dilakukan Polri Resor Rohil, selain sebagai contoh juga pemicu bagi masyarakat bertani.

Penulis: Aminuddin
Editor: Elfi Yandera

Tags : Kelompok Tani Bhayangkara, Pupuk Organik, Bhabinkamtibmas Buat Pupuk Organik, Rohil,