Headline Traveling   2023/05/28 15:43 WIB

Untuk Perjalanan Solo Ada Lima Negara yang Paling Aman untuk Perempuan

Untuk Perjalanan Solo Ada Lima Negara yang Paling Aman untuk Perempuan
Secara konsisten mendapat peringkat sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia, Norwegia adalah tempat yang inklusif bagi semua jenis pelancong.

LINGKUNGAN - Meskipun perjalanan solo akhir-akhir ini sedang menjadi tren, perempuan masih menghadapi tantangan saat bepergian ke luar negeri sendirian. Berikut ini lima negara paling aman untuk perempuan.

Setelah pandemi yang memberi jeda lama dalam perjalanan, orang tidak menunggu pasangan untuk melakukan perjalanan.

Minat solo travel terus meningkat di seluruh dunia, terutama di kalangan perempuan.

Penelitian oleh Norwegian Cruise Line menemukan bahwa satu dari tiga pelancong lebih suka bepergian sendirian, dan perempuan yang lebih tua secara khusus mendorong tren tersebut.

Menurut penelitian internal oleh jaringan perjalanan Virtuoso, peningkatan terbesar dalam perjalanan solo pada tahun 2022 berasal dari perempuan berusia 65 tahun ke atas.

Meskipun mereka hanya menyumbang 4% dari pelancong solo pada tahun 2019, mereka merupakan 18% dari pelancong solo pada tahun 2022.

Terlepas dari tren perjalanan solo yang berkembang, perempuan masih menghadapi tantangan unik saat mereka menjelajah ke luar negeri sendirian.

Semua tempat memang seharusnya aman untuk perempuan, tapi kenyataannya perempuan masih menghadapi diskriminasi dan masalah keamanan di setiap bagian dunia. 

Meski demikian, banyak negara telah melakukan upaya bersama untuk meningkatkan keamanan bagi perempuan dan mengukur pengalaman penduduk perempuan terhadap keselamatan di negara mereka.

Untuk menemukan tempat-tempat yang paling maju dalam hal keamanan dan kesetaraan bagi perempuan yang bepergian, kami berkonsultasi dengan Indeks Keamanan dan Perdamaian Wanita (WPS) Universitas Georgetown, laporan Kesenjangan Gender Global dari Forum Ekonomi Dunia, dan Indeks Perdamaian Global Institut Ekonomi dan Perdamaian (PGP).

Kami kemudian berbicara dengan para perempuan yang pernah bepergian sendirian ke negara-negara peringkat teratas untuk memahami apa yang membuat mereka merasa aman.

Kami juga mendengar kiat-kiat perjalanan mereka sendiri, dan mencari tahu hal-hal terbaik apa untuk dilihat dan dilakukan sebagai petualang solo.

Slovenia

Slovenia berada pada peringkat teratas indeks WPS untuk Eropa Tengah dan Timur.

Negara ini membuat langkah besar dalam persepsi keselamatan perempuan dalam beberapa tahun terakhir, dengan 85% wanita merasa aman di sini, menurut indeks tersebut.

Ketika Claire Ramsdell pertama kali tiba di ibu kota sekaligus kota terbesar Slovenia, Ljubljana, dia berkeliaran di jalanan pada malam hari untuk mengambil foto.

"Pengalaman ini bisa untung-untungan di tempat lain, tetapi dalam kasus ini menyenangkan," kata Ramsdell, konsultan petualangan untuk Wildland Trekking dan penulis blog perjalanan The Detour Effect.

"Tidak ada yang pernah mengganggu saya sama sekali selama saya berada di pedesaan dan saya tidak mengalami masalah dengan navigasi, kendala bahasa, atau apa pun yang terkadang tampak menakutkan untuk diketahui saat sendirian."

Dia juga merasa kota itu sangat nyaman untuk dilalui. Transportasi umum di seluruh negeri dapat diandalkan dan luas.

Bagi mereka yang ingin bergabung dengan pelancong yang berpikiran sama, dia merekomendasikan Tur Makanan Ljubljanayum dan Tur Makanan Ljubljana.

Baik berkelompok atau solo, dia mengatakan para pelancong harus memesan soba kenari štruklji, suguhan adonan isi, dari Moji Štruklji, yang katanya adalah "salah satu makanan penutup terbaik yang pernah ada", dan mencoba gelato yang terkenal di dunia, di Cacao.

Sebagai pejalan kaki yang rajin, Ramsdell datang ke Slovenia secara khusus untuk menjelajahi alam terbuka yang luas dan Pegunungan Alpen di seluruh negeri.

Di sini dia menemukan perpaduan ideal antara kesunyian dan keamanan.

"Meski saya merasa seperti berada di hutan belantara, saya juga selalu tahu ada kota terdekat jika terjadi keadaan darurat," kata Ramsdell. "Saya tidak merasa benar-benar sendirian, sehingga memberi ketenangan pikiran."

Dia merekomendasikan pengunjung untuk mampir ke Sungai Soča berwarna biru kehijauan, yang berada di sisi barat negara itu, dekat perbatasan Italia dan merupakan lokasi syuting Chronicles of Narnia.

Pejalan kaki dapat menikmati jalan-jalan yang damai di sepanjang air, mereka yang bepergian dengan mobil dapat menepi untuk menjelajahi jembatan gantung pejalan kaki yang tinggi di atas sungai.

Rwanda

Dengan 55% parlemennya terdiri dari perwakilan perempuan, Rwanda menduduki peringkat nomor satu di dunia untuk kesetaraan gendernya di parlemen, menurut WPS.

Negara ini juga menempati peringkat tinggi dalam indeks persepsi keamanan masyarakat, dan peringkat keenam di dunia dalam indeks Kesenjangan Gender Global, yang mengukur seberapa adil suatu negara dalam hal ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan partisipasi politik.

Rebecca Hansen melihat ini secara langsung ketika dia pindah ke Rwanda dari Denmark pada tahun 2019, merasa sangat aman bepergian sendirian.

"Ada polisi, keamanan dan militer di hampir semua lokasi sepanjang waktu siang dan malam," katanya. "Awalnya mungkin tampak mengintimidasi, tetapi Anda akan segera mengetahui bahwa semua orang berseragam ini adalah orang-orang ramah yang selalu bersedia membantu."

Dia mengatakan orang-orang pada umumnya tidak mengganggu pelancong tetapi mungkin ada orang yang ingin melatih bahasa Inggris mereka. Sesekali akan ada sapaan "Apa kabar?" atau "Selamat pagi", terutama dari anak sekolah.

Bahasa Inggris dan Prancis adalah dua bahasa resmi Rwanda, bersama Kinyarwanda dan Kiswahili, sehingga menurunkan hambatan bahasa di sini.

Bahkan orang yang tidak bisa berbahasa Inggris akan dengan senang hati membantu dan menunjukkan arah untuk orang yang tersesat, katanya.

Rwanda telah lama dianggap terdepan dalam menjaga perdamaian dan rekonsiliasi setelah genosida orang Tutsi tahun 1994.

Ada banyak tugu peringatan, tetapi Hansen menyarankan pengunjung untuk mengunjungi Kigali Genocide Memorial di ibu kota.

Tempat itu tak hanya menunjukkan sejarah genosida di sini, tapi juga contoh lain di seluruh dunia dan bahaya yang masih dihadapi dunia.

Meskipun mahal, mengunjungi gorila gunung di negara ini harus dilakukan oleh setiap pelancong.

Hansen juga merekomendasikan Taman Nasional Nyungwe di barat daya dan Taman Nasional Gunung Api di utara untuk melihat monyet, atau Taman Nasional Akagera di timur.

Uni Emirat Arab

Dengan skor tertinggi WPS di Timur Tengah dan Afrika Utara untuk sekolah perempuan dan inklusi keuangan, UEA terus memimpin dalam kesetaraan gender di wilayah tersebut, dan baru-baru ini mencapai paritas gender di parlemennya.

Negara ini juga menempati peringkat tertinggi dari semua negara dalam indeks kategori keamanan komunitas.

98,5% wanita berusia 15 tahun ke atas melaporkan bahwa mereka "merasa aman berjalan sendirian di malam hari di kota atau daerah tempat tinggal".

Dubai, khususnya, telah dinobatkan sebagai kota paling aman untuk pelancong wanita solo berdasarkan indeks oleh perusahaan asuransi perjalanan Insure My Trip.

Influencer Sandy Aouad, yang membagi waktunya tinggal antara Paris dan Dubai, mengatakan dia selalu merasa aman di kota, bahkan di pinggiran kota.

"Suatu kali ban saya kempes, lalu saya tinggalkan mobil di tengah gurun, tidak terkunci dengan kunci di dalam," katanya. "Saya tahu betul bahwa saya bisa percaya taksi akan datang menjemput, dan mobil itu akan aman."

Untuk pelancong solo, dia merekomendasikan pemesanan safari gurun karena ini cara mudah untuk bertemu dengan berbagai orang yang menarik.

Tetapi jika Anda merasa lebih berani, dia secara pribadi menyukai skydiving di atas Palm Dropzone.

Jepang

Jepang adalah salah satu dari 10 negara teraman di dunia oleh Global Peace Index untuk tingkat kejahatan kekerasan yang sangat rendah dan rendahnya jumlah konflik eksternal atau internal.

Jepang punya budaya MRT khusus perempuan (waktu dan rute tertentu) dan akomodasi khusus perempuan yang dapat membuat perempuan merasa lebih aman bepergian sendirian.

Makan sendirian dan aktivitas solo juga menjadi norma budaya di sini daripada di tempat lain.

"Karena depopulasi, orang tidak ingin menikah dan budaya 'waktu sendirian' dihargai, ada begitu banyak hal seputar perjalanan 'solo'," kata Mika White, yang lahir di Jepang dan mendirikan firma pariwisata Chapter White.

"Majalah selalu menampilkan karaoke solo terbaik, toko ramen solo, dan onsen solo."

Lulu Assegaf, yang pindah dari Indonesia 20 tahun lalu, langsung merasa aman di sini. "Penduduk setempat membuat saya merasa seperti di rumah sendiri dan mereka senang membantu orang asing," kata Lulu, yang kini bekerja sebagai tour leader di Intrepid Travel.

Namun di daerah pedesaan, dia merekomendasikan untuk pergi dengan pemandu karena bahasa Inggris cenderung tidak digunakan.

Karena makan sendirian adalah hal yang biasa di sini, Lulu merekomendasikan mencoba tempat makan, terutama di Kyoto, Osaka, dan Tokyo.

Tempat favoritnya di Tokyo adalah area Shinjuku San-Chome, yang memiliki banyak restoran, kehidupan malam, dan izakaya lokal (pub versi Jepang).

Bagi pengunjung yang ingin berpetualang di luar tempat wisata biasa, dia merekomendasikan kota pesisir Kanazawa, yang dikenal sebagai rumah para samurai; dan Takayama di Pegunungan Alpen Jepang.

"Takayama memiliki arsitektur tradisional dan tempat pembuatan sake yang indah," katanya.

Dia juga merekomendasikan Museum Showa-kan Takayama, yang memamerkan artefak budaya pop dari masa pemerintahan Kaisar Hirohito dari tahun 1926 hingga 1989.

Norwegia

Negara ini ada di peringkat nomor satu di WPS untuk skor tertinggi dalam inklusi keuangan perempuan, tidak ada diskriminasi hukum dan keamanan komunitas perempuan dan secara konsisten menempati peringkat 10 besar negara paling adil gender dan paling bahagia di dunia.

Norwegia sudah terbukti sebagai negara yang inklusif, tempat untuk semua jenis pelancong, termasuk LGBTQ+ dan pengunjung solo.

Penduduk Oslo dan pendiri Up Norway Torunn Tronsvang menekankan bahwa budaya toleran dan saling percaya secara sosial menjadikan Norwegia sebagai tempat yang ideal untuk perempuan yang bepergian sendirian.

"Anda dapat dengan nyaman meminta orang di meja sebelah untuk menjaga barang-barang Anda saat menggunakan kamar kecil di kafe," katanya.

Dia juga bangga dengan banyaknya bisnis di sini yang dijalankan oleh perempuan, yang telah menciptakan tempat ikonik untuk makan dan tinggal di daerah pedesaan di seluruh negeri.

Untuk menikmati perjalanan semaksimal mungkin, Tronsvang mendorong pengunjung untuk merangkul konsep "friluftsliv" Norwegia, yaitu sebuah filosofi menjalani kehidupan di alam bebas.

Dengan NASA melaporkan peningkatan aktivitas matahari hingga tahun 2025, ini bisa menjadi waktu yang ideal untuk melihat Cahaya Utara dengan perjalanan Arktik, kereta luncur anjing dan sepatu salju di siang hari, dan menginap di iglo yang dikelola keluarga dan hotel es di malam hari. (*)

Tags : perjalanan solo, trafeling, perjalanan lima negara, perjalanan paling aman untuk perempuan, perjalanan wisata, lingkungan alam,