Riau   2020/08/17 02:55:00 PM WIB

Upacara HUT RI di Pemprov Riau Terapkan Protokol Kesehatan

Upacara HUT RI di Pemprov Riau Terapkan Protokol Kesehatan

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam upacara pengibaran bendera merah putih guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI), Senin (17/8/2020) di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB, dan berlangsung dengan khidmat, dimana yang bertindak selaku Inspektur upacara yakni Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar. Upacara HUT RI dengan menerapkan protokol kesehatan ini tampak selain peserta upacara dibatasi, yang hadir juga mengenakan masker, serta menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.

Sementara yang bertindak sebagai pembawa Baki (pembawa bendera) Azhahra Kintan Masayu Indra dari SMAN 1 Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Petugas pembentang bendera Joshua Sihite SMKN 1 Batin Solapan Kabupaten Bengkalis dan penggerek Zuhud Abdillah dari SMA 1 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. "Sesuai instruksi Menteri Sekretariat Negara (Mesetneg), upacara HUT RI harus dilaksanakan semua daerah secara sederhana, walaupun begitu, tetapi tidak mengurangi kemeriahan HUT RI tahun 2020," kata Gubri Syamsuar.

Gubri mengakui jika pelaksanaan peringatan HUT RI pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi covid-19. Dimana jumlah peserta upacara memang dibatasi dan wajib menerapkan protokol kesehatan. Lebih lanjut ia mengatakan, pada saat ini pihaknya meminta maaf karena biasanya melaksanakan upacara dengan peserta yang cukup ramai, begitu juga dengan pasukan pengibar bendera. "Namun pada saat ini tentunya kita menghindari terjadinya penularan covid-19, karena itu upacara pengibaran bendera kita laksanakan dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan," tutur Gubri.

Di samping itu, Gubernur Riau juga memberikan penghormatan serta ucapan selamat kepada Komandan Upacara dan petugas upacara yang telah menyukseskan upacara HUT ke-75 RI walaupun suasana masih dalam pandemi Covid-19. (*)

Tags : Upacara HUT RI, Pemprov Riau Terapkan Protokol Kesehatan, Gubernur Riau, H Syamsuar,