News Kota   2023/04/26 16:5 WIB

Usai Lebaran, Dewan Ingatkan Pemko Pekanbaru Soal Adanya Gelombang Urbanisasi

Usai Lebaran, Dewan Ingatkan Pemko Pekanbaru Soal Adanya Gelombang Urbanisasi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Usai Lebaran, Anggota DPRD Riau mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru soal adanya gelombang urbanisasi.

"Gelombang urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota pasca lebaran bakal terjadi di Pekanbaru."

"Biasanya selepas lebaran banyak masyarakat dari desa-desa di kabupaten atau bahkan provinsi luar riau ikut sanak saudaranya mengadu nasib ke kota pekanbaru. Kalau ini terjadi bisa menjadi problematika di pekanbaru," kata Anggota DPRD Riau, Mardianto Manan mengingatkan pemerintah khususnya Kota Pekanbaru, Selasa (25/4).

Menurutnya, potensi kedatangan masyarakat usai mudik lebaran lalu membawa saudaranya untuk tinggal menetap di Riau, khususnya Kota Pekanbaru, disebut Mardianto lumrah terjadi setiap tahun.

Ia khawatir kedatangan masyarakat dari luar kota bahkan luar provinsi ini dapat menimbulkan problematika sosial yang baru.

Menjadi masalah, jelas Mardianto, sebab ketersediaan lapangan pekerjaan belum tentu atau bahkan tidak seimbang dengan jumlah tenaga kerja yang berdatangan. Ditambah jika tidak ada skill atau keahlian yang dibutuhkan di perantauan.

Kota Pekanbaru, kata Mardianto saat ini dengan jumlah penduduk yang telah menembus satu juta jiwa penduduk sudah menghadapi banyak masalah. Penambahan penduduk yang tak terkontrol disebutnya mengancam kualitas hidup masyarakat.

"Dengan kondisi ini sudah sumpek, ditambah lagi orang dari desa datang ke kota. Urbanisasi ini tentu menambah beban perkotaan. Pertanyaannya utilitas, peralatan perkotaan cukup gak menangani itu?" paparnya.

Ia mengatakan, jika dalam waktu bersamaan terjadi peningkatan pengangguran, dikhawatirkan timbul masalah sosial.

"Takutnya datang ke pekanbaru gak punya pekerjaan, jadi gelandangan pengemis, atau berpotensi menimbulkan masalah sosial lain. Ini perlu dipikirkan. Apa sikap kota pekanbaru untuk mengantisipasi ini?" sebutnya. (rp.sul/*).

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : usai lebaran, idul fitri 1444 hijriyah, anggota dprd riau ingatkan gelombang urbanisasi, pemko pekanbaru hadapi gelombang urbanisasi, news kota ,