Headline Pekanbaru   2022/04/21 23:32 WIB

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Pekanbaru Akhirnya Capai Target

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Pekanbaru Akhirnya Capai Target

PEKANBARU - Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kota Pekanbaru mencapai target yakni berada di atas 70 persen.

"Vaksinasi anak ini sempat menjadi perhatian Satgas Penanganan Covid-19 Pekanbaru akibat capaiannya yang tak kunjung penuhi target."

"Kami menggesa percepatan vaksinasi anak melalui vaksinasi massal di sekolah-sekolah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (21/4/2022).

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru saat ini, vaksinasi anak sudah mencapai 71,3 persen atau 73.442 anak yang telah disuntik. Capaian itu telah penuhi 70 persen dari target sebanyak 103.017 anak.

Sementara untuk anak yang telah mendapat suntikan vaksin dosis kedua sebanyak 50.078 anak atau 48,6 persen dari total target penerima sasaran.

Menurutnya, vaksinasi massal yang telah digelar awal pekan ini melibatkan semua pihak. Mereka melibatkan setiap kecamatan untuk pendataan jumlah sekolah hingga anak yang belum suntik vaksin.

Pada pekan kemarin, capaian vaksinasi anak masih dibawah 70 persen. Satgas Covid-19 Pekanbaru diminta melakukan percepatan dengan menggelar vaksinasi massal anak yang melibatkan seluruh kecamatan.

Vaksinasi anak diberikan mayoritas kepada siswa Sekolah Dasar (SD). Pemberian vaksin mendukung kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat pandemi Covid-19 sebagai langkah penguatan kekebalan tubuh dalam antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

"Kami mengimbau bagi orang tua yang anaknya belum suntik vaksin, agar supaya bisa melakukan vaksinasi ke faskes terdekat," ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir untuk menjalani vaksinasi. Pasca suntik vaksin tenaga kesehatan melakukan observasi. Mereka mengobservasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Kita akan observasi sampai benar-benar aman. Kalau aman baru boleh pulang, dan itupun tetap dalam pengawasan kami. Kalau ada kendala bisa menghubungi puskesmas terdekat," sebutnya. (rp.sul/*)

Tags : Vaksinasi Anak, Anak 6-11 Tahun, Pekanbaru, Vaksinasi Anak Capai Target,