Politik   2022/05/24 21:41 WIB

Wacana Drh Chaidir Disandingkan dengan Petahana di Pilkada 2024, 'yang Memiliki Peluang Menang Cukup Besar'

Wacana Drh Chaidir Disandingkan dengan Petahana di Pilkada 2024, 'yang Memiliki Peluang Menang Cukup Besar'
H Darmawi Whardana Bin Zalik Aris, Ketua LMR (kiri) silaturahmi ke kantor Ketua Umum FKPMR Drh Chaidir (yang memakai masker), Selasa (24/5/2022).

PEKANBARU - Peluang incumbent (petahana) untuk menang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak atau Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2024 dinilai cukup besar.

"Para calon incumbent (petahana) di Pilgubri masih berpeluang memenangkan pertarungan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang."

"Ini disebabkan, incumbent mempunyai energi tambahan do motion yang tidak dimiliki calon penantang yang hanya memiliki bi motion yang juga dimiliki oleh incumbent. Apalagi jika incumbent telah menentukan pasangan wakilnya (siapapun) untuk maju, alias tidak pecah kongsi dengan wakil, yakin menang," kata H. Darmawi Wardhana Bin Zalik Aris, Ketua Lembaga Melayu Riau (LMR) Jakarta Pusat ini saat melakukan Silaturahmi di kantor Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), Selasa (24/5/2022).

Darmawi lebih mengusulkan Drh Chaidir (mantan Ketua DPRD Riau) yang kini selaku Ketua Umum FKPMR itu untuk dapat mendampingi Drs H Syamsuar MS.i maju di Pilgubri 2024. "Kalau kedua nya bersinergi, yakin menang," kata Darmawi lagi di depan para  pengurus FKPMR.

Tetapi dalam pertemuan itu, sebelumnya Endang Sukarelawan (mantan Anggota DPRD Riau) yang kini juga selaku pengurus di FKPMR setuju, jika Chadir disandingkan dengan Gubernur Riau H Syamsuar untuk 2024.

"Saya sependapat dengan H Darmawi. Jika Chaidir bersanding dengan Syamsuar itu lebih sesuai karena memilih yang tepat yang lebih senior," sebutnya.

Namun Darmawi kembali menilai, jika petahana punya permasalahan hukum, menurutnya menjadi salah satu faktor bisa gagalnya di Pilkada.

Menurutnya, pada pengalaman yang sudah-sudah pasangan calon incumbent (pejawat) menang di hampir semua daerah dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada). 

"Jadi, pilkada serentak 2024 ini merupakan milik para paslon pejawat," kata Darmawi memprediksi.

Sementara Chaidir, Ketua Umum FKPMR ditanya soal wacana dirinya disandingkan dengan incumbent berpasangan dengan H Syamsuar (Gubernur Riau sekarang), Ia tidak menjawab.

Namun dengan tegas Ia menyebutkan FKPMR mendukung segala program kerja Gubri Syamsuar. "Selama ini FKPMR mendukung program kerja Gubri. Tentang itu adanya wacana menyandingkan untuk pasangan di Pilgubri 2024 saya belum bisa menjawab," sebutnya.

Jadi incumbent, sebagai Gubernur Riau dipastikan kembali maju dalam Pilkada 2024. Tetapi sejauh ini Drs H Syamsuar MS.i belum diketahui akan berpasangan dengan siapa. Malah disebutkan, soal ini masih terlalu dini untuk dibicarakan. (*)

Tags : Peluang Petahana, Gubernur Riau Syamsuar, Peluang Menang Petahana Cukup Besar, Pilkada Serentak 2024, Politik,