Headline Kepri   2024/08/03 7:45 WIB

Wakapolri dan Menparekraf akan Hadir di Tanjungpinang untuk Meresmikan Gedung LAM Provinsi Kepri

Wakapolri dan Menparekraf akan Hadir di Tanjungpinang untuk Meresmikan Gedung LAM Provinsi Kepri
Gedung Lembaga Adat Melayu [LAM] Provinsi Kepri.

TANJUNGPINANG - Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia [Wakapolri] dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif [Menparekraf] akan menghadiri peresmian Gedung Lembaga Adat Melayu [LAM] Provinsi Kepri.

"Gedung LAM Provinsi Kepri akan diresmikan."

“Kita harus memastikan bahwa segala persiapan teknis dan non-teknis telah disiapkan dengan baik. Gedung LAM Kepri akan menjadi pusat kegiatan kebudayaan Melayu,” kata Gubernur Ansar Ahmad, Jumat (2/8).

Ikon daerah yang dibangun oleh Pemprov Kepri di kawasan Gurindam 12, Tanjungpinang, yakni Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri.

Sesuai dengan jadwal peresmian bangunan strategis ini, akan diresmikan langsung oleh Waka Polri, Komjen Pol Agus Andrianto bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, pada Senin 5 Agustus 2024 nanti.

Ansar Ahmad juga menekankan bahwa Gedung LAM Kepri dan Gedung Dekranasda Kepri memiliki peran strategis dalam memperkuat identitas budaya Melayu dan memajukan industri kerajinan daerah.

Selain itu, kata Ansar Ahmad, pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, LAM untuk mencapai tujuan bersama dalam melestarikan kebudayaan dan meningkatkan perekonomian daerah.

“Kami berharap, dengan adanya gedung baru ini, kegiatan kebudayaan di Kepulauan Riau akan semakin berkembang dan dikenal luas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP) Provinsi Kepri, Sayed Wahidin menambahkan pembangunan Gedung LAM dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama dimulai pada tahun anggaran 2022 dengan nilai kontrak sebesar Rp6,7 miliar.

Pada tahun anggaran 2023, dilanjutkan dengan tahap kedua yang meliputi penyelesaian struktur bangunan gedung dengan nilai kontrak sebesar Rp17,9 miliar.

“Sedangkan tahap ketiga dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 dengan anggaran sebesar Rp10 miliar,” ujarnya.

Sayed menyebutkan, Gubernur Ansar mengharapkan kehadiran Gedung LAM Kepri dapat menjadi ikon baru di Tanjungpinang yang tidak hanya memperkuat identitas budaya lokal.

“Kita optimis, jika pembangunan di Kawasan Gurindam 12 ini sepenuhnya rampung. Area ini akan menjadi magnet baru bagi kemajuan Tanjungpinang kedepan,” tegasnya. (*)

Tags : gedung lam dibangun, lam kepri, Wakapolri dan Menparekraf akan Resmikan Gedung LAM Provinsi Kepri,