Dumai   2023/02/01 11:55 WIB

Walikota Dumai dan BPJS Launching Antrean Online Mobile JKN di RSUD

Walikota Dumai dan BPJS Launching Antrean Online Mobile JKN di RSUD
Walikota Dumai, H Paisal

DUMAI, RIAUPAGI.COM - Walikota Dumai, H Paisal didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, drg Harie Wibhawa melaksanakan launching Antrean Online Mobile JKN di RSUD Kota Dumai.

"Walikota Dumai dan BPJS Launching Antrean Online Mobile JKN di RSUD."

"Antrean online merupakan inovasi dari BPJS kesehatan bekerjasama dengan RS untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN mendapatkan nomor antrian di RSUD Dumai," kata Walikota Dumai, H Paisal Dalam sambutannya, Selasa (31/1/2023).

Launching aplikasi antrean online dipusatkan di ruang pendaftaran pelayanan rawat jalan RSUD Kota Dumai yang turut dihadiri Direktur RSUD Kota Dumai drg Ridhonaldi, Sekretaris Diskes Dumai, Kepala Puskesmas se-Kota Dumai dan jajaran dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang Dumai.

Walikota mengatakan, aplikasi pendaftaran online untuk mempermudah pasien berobat ke rumah sakit.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Walikota kepada BPJS Kesehatan, yang telah mengembangkan aplikasi pendaftaran online di rumah sakit.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai, drg Harie Wibhawa menambahkan, pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile merupakan wujud nyata komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta.

Salah satu fokus utama dari BPJS Kesehatan merupakan peningkatan mutu layanan dengan optimalisasi layanan digital di seluruh titik layanan dengan meningkatkan kualitas pada custumer journey dengan fokus mengurangi antrean dengan inovasi sistem management Informasi online.

"Melalui aplikasi mobile JKN, selain dapat mengakses beragam informasi terkait program JKN yang diselenggarakan BPJS kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun, juga dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran online di RSUD dumai," ucap Harie.

Dijelaskannya, Mobile JKN merupakan aplikasi yang dapat membantu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengetahui tentang kepesertaan, tagihan, pertanyaan umum meliputi info JKN, lokasi Faskes termasuk antrean di Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Peserta yang mendaftar antrean via Mobile JKN dapat melakukan booking nomor antrean sebelum datang ke rumah sakit.

"Pastinya antrean di Faskes rujukan tingkat lanjutan ataupun di Faskes tingkat pertama akan lebih cepat dengan sistem pendaftaran online melalui smartphone peserta," ungkapnya.

Jika dulunya peserta harus datang dulu dan mengantre berjam-jam, maka dengan Mobile JKN, peserta dapat memperoleh waktu yang pasti untuk mendapatkan Faskes.

Selain itu antrean online juga bisa menghindari terjadinya penumpukan pasien dan juga antrean panjang di Faskes.

"Jadi ketika sudah mendaftar antrean, tinggal menunggu waktu datang ke Faskes kemudian bisa langsung mendapatkan pelayanan," ucapnya.

"Pada aplikasi mobile JKN juga terdapat fitur untuk memantau antrean sehingga apabila waktunya sudah dekat peserta bisa datang ke fasilitas kesehatan. Selain itu, di aplikasi mobile JKN juga terdapat fitur untuk melihat cara mendaftar rujukan online," ujarnya. (rp.ind/*) 

Tags : Walikota Dumai H Paisal, Antrean Online Mobile JKN, Walikota Dumai dan BPJS Launching Antrean Online Mobile JKN,