Headline Pekanbaru   2022/03/20 12:37 WIB

Walikota Firdaus akan Memboyong Sejumlah Pejabat, 'Plesiran ke Mesir Dibiayai APBD'

Walikota Firdaus akan Memboyong Sejumlah Pejabat, 'Plesiran ke Mesir Dibiayai APBD'

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus akan memboyong sejumlah kepala dinas ke luar negeri.Di penghujung masa jabatannya.

"Firdaus mengajukan izin untuk membawa rombongan tersebut ke Mesir."

"Iya, ada (surat permohonan izin Wako Firdaus dan rombongan ke Mesir). Kalau kita di Pemprov ini kan cuma izin administrasi. Walau pun nanti ditandatangani Pak Gubernur, tetap yang menyetujui itu nanti dari Kemendagri," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Setdaprov Riau, Firdaus, Jumat (18/3/2022).

Permohonan izin rencana pelesiran rombongan Wako Pekanbaru ke Mesir sudah diterima oleh Pemprov Riau sejak Kamis 17 Maret 2022 kemarin.

Dalam surat permohonan yang diajukan ke Pemprov Riau, tercatat jumlah pejabat Pemko Pekanbaru yang akan berangkat ke Mesir sebanyak 16 orang.

Dari surat permohonan yang terima oleh Pemprov Riau, Wako bersama rombongan akan mengunjungi sejumlah tempat.Di antaranya adalah Cairo Supermarket di Mesir.

Dari surat permohonan itu juga disebutkan keberangkatan mereka ke Mesir dibiayai menggunakan dana APBD Kota Pekanbaru tahun 2022.

Jika proses izin plesiran sudah diteken Gubri, bukan berarti otomatis Walikota dan pejabat Pemko Pekanbaru bisa langsung melenggang bertolak ke Mesir.Masih ada dua izin yang harus dilalui, yakni Kemendagri dan Sekretariat Negara (Setneg) RI.

"Masih panjang prosesnya. Nantikan kami meneruskan dulu izinnya ke Kemendagri, setelah disetujui, diteruskan lagi ke Setneg. Kalau salah satunya tak menyetujui, berarti tak bisa. Karenakan sekarang inikan masih masa pandemi Covid-19. Tapi itukan bukan kewenangan kita lagi," ujar Firdaus.

Nama yang tercantum pada surat itu kebanyakan para kepala dinas di lingkungan pemerintah kota.

Di antaranya Zaini Rizaldy (Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru), Muhammad Firdaus (Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru), Edi Susanto (Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Pekanbaru), Ismardi Ilyas (Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru), Akmal Khairi (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pekanbaru), hingga Direktur PT Sarana Pembangunan Pekanbaru, Heri Susanto, dan lainnya. (*)

Tags : Walikota Pekanbaru Firdaus akan Memboyong Sejumlah Pejabat, Plesiran ke Mesir, Gunakan APBD,