Pekanbaru   2022/01/06 11:37 WIB

Walikota Firdaus Alihfungsikan Sekolah, Karena 'Kurangnya Peserta Didik dan Bau Tak Sedap'

Walikota Firdaus Alihfungsikan Sekolah, Karena 'Kurangnya Peserta Didik dan Bau Tak Sedap'
Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT

PEKANBARU - Mengubah sekolah jadi pasar masih ditentang banyak pihak. Tetapi Walikota Pekanbaru Firdaus tetap pada rencana semula akan mengalihfungsikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 sebagai tempat belajar mengajar menjadi pasar.

"Bangunan SDN 01 akan dialihkan karena berlokasi di dekat pasar disamping itu peserta didik (guru) di sekolah tersebut tidak banyak."

"Jadi itu diberlakukan untuk SD Negeri 01 di jalan Ahmad Yani kota Pekanbaru. Rencananya peserta didik dan para tenaga pengajar akan dialihkan ke tempat lain," kata Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, Rabu (5/1).

Tetapi seiring keinginan Pemko Pekanbaru untuk mengalih fungsikan sekolah ini terus mendapat protes dari berbagai pihak, selain orang tua murid, juga dari Komisi III DPRD Pekanbaru.

Seperti disebutkan Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Yasser Hamidy memastikan bahwa pihaknya menolak SDN 01 dialihfungsikan menjadi pasar.

“Sudah kita bahas di rapat internal bahwa kita (Komisi III) tentunya menyampaikan kepada Pemko dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk tidak melanjutkan kebijakan pengalihfungsian SDN 01 yang akan dijadikan pasar,” katanya.

Yasser menilai, banyak pertimbangan yang harus dilakukan oleh Pemko Pekanbaru dalam mengalihfungsikan SDN 01 menjadi pasar.

Salah satu yang menjadi pertimbangan yaitu keinginan masyarakat yang tidak ingin sekolah tersebut ditutup dan dijadikan pasar. Selain itu didalam UUD 1945 itu mencantumkan bahwa kewajiban pemerintah adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita akan kawal ini terus agar Pemko Pekanbaru tidak melanjutkan keinginan Walikota alih fungsi SDN 01. Ini sudah menjadi tugas dan fungsi kita sebagai anggota DPRD,” sebut dia.

Namun Walikota Pekanbaru Firdaus kembali menegaskan lokasi pada SDN 01 lebih sesuai dijadikan tempat perekonomian masyarakat.

"Para murid dan guru di sekolah tersebut akan dipindahkan ke sekolah yang tidak jauh dari sekolah tersebut."

"Merger sekolah itu kan kurang lebih tidak sampai 500 meter, dari SDN 01 ke SD yang lainnya. Kenapa ini kita lakukan? Karena jumlah siswa sekolah dasar di sekolah pusat kota itu kan sedikit, tidak efektif, juga ekonomis, maka disatukan sekolahnya," ujar Firdaus.

Sebelumnya, tiga sekolah telah ditutup Pemerintah Kota Pekanbaru juga dijadikan tempat perekonomian.

"Kita tutup ini, akan kita fungsikan saja untuk ekonomi. Penataan pedagang yang ada di Jalan Ahmad Yani itu akan kita full kan masuk di situ semua," katanya.

Nantinya lanjut Firdaus, di situ akan dibangun taman, sehingga higenis dari sekolah yang sebelumnya. 

"Dari Jalan Teratai ke Jalan Ahmad Yani juga bersih, sehingga wajah kota kita semakin baik dan penataannya akan lebih bagus," pungkasnya. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Walikota Pekanbaru Firdaus, Alihfungsikan Sekolah, SDN 01Kurang Peserta Didik, Sekolah Bau Tak Sedap Dekat Pasar,