RIAUPAGI

.com
Thursday 29th October 2020
 
Dumai   2020/10/15 15:7 WIB

Walikota Zulkifli AS: Angka Covid-19 Turun Karena Kesadaran Gunakan Masker

Walikota Zulkifli AS: Angka Covid-19 Turun Karena Kesadaran Gunakan Masker

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai terus berupaya menekan angka Covid-19, salah satu upaya adalah membagi-bagikan masker kepada masyarakat Dumai.

"Angka Kasus Covid-19 di Dumai sudah landai, terjadi pengurangan jumlah kasus baru, tetapi kita terus berupaya menekan angka Covid-19 sampai nihil, salah satu upaya adalah membagi-bagikan masker kepada masyarakat Dumai," kata Walikota Dumai H Zulkifli As, Rabu (14/10).

Penggunaan masker dapat mencegah penularan Covid-19. Untuk itu ia berharap masyarakat disiplin menggunakan masker. "Tidak hanya masker, kami juga mengimbau agar warga Dumai mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan," tambah Wako.

Walikota menegaskan bahwa Pemerintah Kota Dumai saat ini sudah menerbitkan Peraturan Walikota Dumai Nomor 65 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Virus Corona, jika ada yang melanggar maka akan diberikan sanksi. Untuk menegakkan Perda tersebut,  Wako juga menginstruksikan Tim Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 Kota Dumai terdiri dari aparat Satpol PP, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, dan Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai untuk rutin menggelar razia masker. "Alhamdulillah kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker meningkat. Mudah-mudahan dapat mencegah penularan Covid-19," harap Zul As.

Untuk masker yang dibagikan, sebelunya Pemerintah Kota Dumai melalui Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai menerima bantuan 100.000 masker kain dari Pemerintah Provinsi Riau.  Bantuan ini adalah bentuk komitmen dan dukungan yang dilakukan oleh Pemprov Riau dalam upaya mengoptimalkan gerakan memakai masker oleh seluruh lapisan masyarakat Riau dan Dumai khususnya.

Masker kain ini kita distribusikan secara proporsional kepada masyarakat melalui kecamatan yang ada di Kota Dumai. "Saya berharap nantinya pihak kecamatan yang dibantu pihak-pihak terkait untuk kemudian dapat mendistribusikannya kepada masyarakat Kota Dumai secara luas," harap Walikota.

"Jika seluruh masyarakat Kota Dumai patuh menjalankan kunci disiplin  tersebut, kita yakini bahwa pandemi virus ini akan segera berakhir. Tanpa partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, maka pencegahan dan pengendalian COVID-19 akan sia-sia," pungkasnya. (rp.sul/*)

Editor: Syamsul Bahri

Tags : Pemko Dumai, Walikota Dumai, Zulkifli AS, Covid-19, Protokol Kesehatan, Masker,