Headline Agama   2021/10/04 11:46 WIB

Warga Muslim Berhasil Menyelamatkan Musibah Kebakaran Menara di London

 Warga Muslim Berhasil Menyelamatkan Musibah Kebakaran Menara di London
Menara GREENFELL terbakar

AGAMA - Warga Muslim sedang sahur yang tinggal di dan dekat menara London,  menjadi pahlawan karena menyelamatkan nyawa penduduk  ketika terjadi kebakaran besar di Menara Grenfell, 24 tingkat, Rabu 14/6 dinihari, saat ummat Islam sahur untuk menunaikan ibadah puasa.

Saksi mata mengatakan, di saat kebakaran yang terjadi di waktu sahur tersebut, banyak penduduk yang menggedor pintu tetangga yang tertidur dan mengarahkan mereka ke tempat yang aman saat api mulai melahap Menara Grenfell dan asap tebal memenuhi koridor.

Orang-orang Muslim termasuk di antara orang-orang yang pertama memperhatikan asap dan mampu mengingatkan tetangga di apartemen 24 lantai itu.

Seorang pria Somalia mengatakan kepada Arab News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), banyak nyawa telah diselamatkan karena masih banyak Muslim yang terjaga di malam bulan Ramadhan.

“Puasa menyelamatkan banyak orang, seperti mereka saat bersiap makan sebelum matahari terbit,” katanya. “Itu menyelamatkan mereka.”

Banyak warga Somalia, Sudan dan Maroko yang tinggal di daerah tersebut. Berbicara kepada situs web BuzzFeed, Nadia Yousuf (29) mengatakan bahwa penduduk Muslim adalah beberapa orang pertama yang menemukan titik api tersebut, karena mereka telah bangun untuk sahur.

Kebakaran di rumah tetangga

Begitu juga sebeumnya seorang laki-laki Muslim di North Leigh, Oxfordshire, Inggris berhasil menyelamatkan tetangganya dari kobaran api. Api tersebut melahap rumah tetangganya, mambuat Ruhul Khan memberanikan diri bergegas menyelamatkan keluarga tersebut. 

Dilansir dari About Islam, Rabu 29 September 2021 kemarin, semuanya berawal ketika Ruhul Khan melihat kebakaran di rumah tetangganya. Ruhul dengan berani memasuki rumah untuk menyelamatkan orang tua dan anak-anak cacat mereka. Setelah kejadian itu, keluarga tersebut memberikan surat ucapan terima kasih kepada Ruhul, yang ia bagikan di media sosial.

Keluarga tersebut tak mampu berkata-kata atas selain mengucapkan beribu rasa terima kasih atas aksi nekat yang dilakukan tetangganya demi menyelamatkan keluarganya. "Tindakan tanpa pamrih Anda lebih dari yang bisa kami minta. Dari lubuk hati kami yang paling dalam, kami berterima kasih kepada Anda semua atas bantuan Anda selama insiden kebakaran," kata keluarga tersebut.

Ruhul mengaku, apa yang dilakukannya itu memang yang harusnya dilakukan oleh seorang tetangga untuk membantu satu sama lain. Ruhul juga menyampaikan dalam akun Facebooknya. “Saya sangat percaya pada tindakan kebaikan, tidak peduli besar atau kecil adalah tugas saya untuk membantu tetangga, melindungi komunitas saya dan orang-orangnya," kata Ruhul.

Apa yang dilakukan Ruhul sejalan dengan aksi heroik serupa yang dilakukan oleh sebagian umat Islam lainnya. Misalnya saja yang dilakukan Azz Mahmoud (37), seorang pekerja muda Muslim di Oldham, melakukan CPR untuk pertama kalinya untuk menyelamatkan nyawa seorang laki-laki.

Seorang remaja Muslim muda dari Brooklyn juga turut membantu polisi menangkap seorang laki-laki yang menyerang seorang wanita Yahudi Ortodoks di kereta bawah tanah pada Desember tahun lalu. Kemudian siswa muda Muslim Amerika lainnya menunjukkan keberanian pada Desember 2019, ketika ia membuka pintu masjidnya sebagai tempat perlindungan, memungkinkan lebih dari 100 siswa melarikan diri dari penusukan sekolah menengah di Wisconsin. (*)

Tags : ruhul khan, North Leigh, Oxfordshire, Inggris, muslim inggris, kebakaran di inggris ,