Rokan Hilir   2020/07/28 07:24:00 PM WIB

Warga Rohil Buat Site Plan RTH

Warga Rohil Buat Site Plan RTH

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.com – Ruang Terbuka Hijau (RTH) dibutuhkan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di sekitar pinggir sungai Rokan Kepenghuluan Ujung percisnya dilokasi sekitar jembatan kembar, Jalan lintas Riau – Sumut Kenghuluan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih Rohil.

“Pengajuan Perencanaan RTH dilokasi pinggir Sungai Rokan sudah dibuat, selain potensial dan strategis,” kata Zulkifli, warga Ujung Tanjung.

Menurutnya, selain mendukung wisata dan hiburan masyarakat juga membuka lapangan kerja, usaha masyarakat yang pada akhirnya menjadi pemasukan PAD daerah, “ini bisa menjadi ikon baru untuk Rohil,” sebutnya.

Zulkifli selaku pencetus, bersama Ketua Garda Nasdem Rohil Jon Charles (Jc) rela mengeluarkan uang peribadi untuk menurunkan konsultan ahli pertamanan dan pariwisata dari Pekanbaru untuk melakukan pengerjaan gambar site plan yang rencananya akan diajukan kepihak pemerintah daerah Rohil dan Propinsi Riau dalam waktu dekat.

Alasan diusulkannya rencana RTH di tepian Sungai Rokan Jembatan Ujung Tanjung menurut Zulkifli, yakni;

1. Menciptakan sumber PAD baru dari sektor pariwisata

2. Menciptakan sumber pendapatan baru bagi nelayan dan masyarakat yang berdomisili sekitar lokasi taman wisata RTH

3. Untuk menciptakan kawasan yang asri dan indah dipandang karena Ujung Tanjung salah satu pintu masuk menuju ibu kota Kabupaten Rokan Hilir

4. Menciptakan lapangan kerja bagi para pemuda dan remaja sesuai kemampuan SDM nya

5. Berdampak panorama keindahan yang diperkirakan akan mengundang investor

Ditempat terpisah Datuk Penghulu Ujung Tanjung H. Syamsuri AF mendukung atas ide pencetusan yang dilakukan warga Ujung Tanjung Zulkifli. “Ini merupakan satu ide membangun yang wajib didukung dan merupakan terobosan untuk dijadikan perkembangan pembangunan daerah,” kata Syamsuri, Senin (27/07/2020).

Dia minta kepada pihak terkait pemerintah Rohil untuk dapat menanggapi ide warga. “Ide RTH dan telah dibuatnya siteplan, kami di Kepenghuluan Ujung Tanjung bangga,” kata dia.

“Harapan saya pak Bupati Rohil dapat menyetujui ide warga itu,” ungkap Syamsuri AF.

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno dikonfirmasi mengakui ide maupun gagasan dibangunnya RTH cukup bagus. “Tentunya pemerintah daerah akan melakukan pengkajian lebih dalam lagi terkait rencana taman ini, kita suport dan saya akan tetap memikirkannya, nantinya akan melibatkan pihak pihak instansi terkait,” sebut Bupati Suyatno juga mengaku ide warga ini sangat membangun diakhirinya melalui What’s App (WA), Senin (27/07/2020).

Penulis: Aminuddin
Editor: Elfi Yandera

Tags : ruang terbuka hijau, rth, rencana bangun rth, rohil, index,