Headline Riau   2020/12/13 15:46 WIB

Warga Sedih Lihat Gubernur Syamsuar, 'Berjuang Lawan Covid-19 yang Tak Berkesudahan'

Warga Sedih Lihat Gubernur Syamsuar, 'Berjuang Lawan Covid-19 yang Tak Berkesudahan'
Gubernur Drs H Syamsuar MSI dan Misnarni [Istri] naik motor berdua seperti Dilan dan Milea

Warga Riau ikut sedih melihat Kepala daerah di Riau sedang berjuang melawan Covid-19, Gubernur Riau Drs H Syamsuar dinyatakan positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Pekanbaru.

PEKANBARU - "Mohon doanya agar diberi kekuatan semoga bisa beraktivitas kembali di Pemerintah Riau untuk kemashlatan masyarakat,” tutur H Darmawi Aris SE, Ketua Lembaga Melayu Riau [LMR] yang melihat nasib menimpa Kepala Daerah yang masih berjuang melawan Covid-19.

Menurutnya, sebelum dinyatakan positif covid-19, Gubernur Riau Syamsuar sempat beraktivitas yang terkahir melakukan rapat kerja di DPRD Ria. Ia mengikuti rapat paripurna di DPRD Riau dan saat itu kondisinya sudah kurang sehat. "Mohon doa dari masyarakat mudah-mudahan Pak Syamsuar diberi kekuatan, kesehatan sehingga bisa beraktivitas kembali dan sekarang sedang dirawat di rumah sakit," kata Darmawi yang mengaku turut prihatin.

Darmawi juga mengatakan, sang ibunda Misnarni [Istri Gubri] juga telah kerja cukup padat dan merasakan gejala tidak enak badan sepulang dari rapat-rapat dan terakhir kali gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan membantu peralatan kesehatan serta bantuan sosial ditengah masyarakat yang akhirnya juga jatuh sakit. Ibunda Misnarni akhirnya jalani tes swab Covid-19, dan hasilnya positif Covid-19 yang sekarang juga ikut dirawat. "Berawal dari banyaknya kegiatan, aktivitasnya padat, penuh terus ibu kurang istirahat, terus kecapekan. Keluhan awal, masuk angin dan tak enak badan, baru kemudian di swab dan hasilnya positif," tutur dia.

Darmawi juga memastikan, dalam keluarganya [Gubernur] dipastikan tidak ada lagi yang terpapar virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan Covid-19. Sebab, setelah dinyatakan positif Covid-19, Gubernur Riau Syamsuar bersama istri langsung melakukan isolasi mandiri.  "Gubernur Syamsuar dan sang Ibunda Misnarni [Istri] sempat menjalani isolasi mandiri di rumah dinas, meski pada akhirnya ia juga harus menjalani karantina di rumah sakit," terang Darmawi. 

"Alhamdulillah, keduanya Ibu (Misnarni) dan pak Syamsuar dalam keadaan baik, bagus semua. Minarni tidak memiliki penyakit penyerta, sementara Gubernur Syamsuar setelah di cek tim dokter memiliki penyakit bawaan [darah tinggi]," ujarnya. 

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi dan Ibunda Misnarni [Istri]

Darmawi menambahkan, selama terpapar sang Ibunda [Misnarni Istri Gubri] sempat menjalani perawatan di rumah. Namun, karena keinginan sendiri, ia meminta agar mendapatkan perawatan dari rumah sakit. "Setelah sempat dirawat di rumah, ibu minta dirawat di rumah sakit. Kalau di rumah sakit SOP nya tidak boleh ditunggu oleh keluarga. Tapi sampai saat ini kondisinya baik," ujarnya. 

Sementara itu, Gubernur Syamsuar juga sedang menjalani perawatan karena terpapar Covid-19. Diakui Darmawi, Gubri Syamsuar sebagai sosok pekerja keras yang low profile dan ramah. "Masyarakat diharapkan dapat doakan, semoga beliau cepat sembuh, begitu juga halnya terhadap Ibunda Misnarni [Istri Gubernur],” kata dia.

Gubri Dipindahkan ke Ruang Pinere RSUD Arifin Achmad

Sementara kondisi terakhir Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, dipindahkan ke Ruang Pinere RSUD Arifin Achmad. "Jadi nggak benar lah Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dilarikan ke ruang ICU RSUD Arifin Achmad karena kondisinya memburuk tadi malam," kata Indra Yovi membantah isu beredar..

Indra Yovi mengatakan bahwa Gubri hanya dipindahkan ke Ruang Pinere RSUD Arifin Achmad. "Beliau dipindahkan ke RSUD karena pertimbangan keluarga, pertimbangan pribadi supaya lebih dekat dengan rumah, sekitar pukul 11.00 WIB tadi, itu saja," kata Indra dalam Konferensi Pers, Minggu (13/12).

Indra juga mengabarkan tentang kondisi kesehatan terkini Gubri. "Kondisi (Gubri) stabil, baik, komunikasi bagus, dan tidak ada demam," ujarnya.

Sebelumnya diketahui Gubri Syamsuar menjalani perawatan sejak Selasa (1/12/2020) setelah dinyatakan positif Covid-19. Gubri dirawat bersama istrinya, Misnarni, yang lebih dulu terkonfirmasi positif.

Keluarga Gubri meminta lanjutan perawatannya dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. "Alasan dipindahkan, selain kepengen dekat dengan rumah, juga ada faktor dan hal - hal lain yang jadi pertimbangan oleh keluarga, termasuk beliau sendiri (Gubri Syamsuar)," sebut Yovi saat Prescon di Gedung Daerah.

Kini sudah memasuki hari ke-12 Gubri dirawat, semenjak dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 pada tanggal (1/12/2020) yang lalu. Disamping itu, Gubri juga meminta kepada seluruh masyarakat Riau untuk mendoakannya, supaya bisa cepat sembuh dari Covid-19. "Beliau meminta doa seluruh masyarakat Riau, semoga diberikan kesembuhan, dan bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala," sebut Yovi.

Ibunda Misnarni [istri Gubernur] jugu kerap membuat kejutan di hari ulang tahun Syamsuar yang romantis. [Foto. AKURAT.CO]

Meski begitu, dr Yovi menjelaskan bahwa sampai saat ini kondisi Gubri stabil. Baik selama 10 hari dirawat di  rumah sakit swasta yang ada di Pekanbaru, mau pun dua hari pasca dipindahkan perawatan ke RSUD Arifin Achmad. "Dan untuk kondisi istrinya (Misnarni) sama dengan Gubri (baik). Bedanya, jika Gubri Syamsuar 12 hari dirawat pasca dinyatakan positif Covid-19. Sementara, istrinya sudah memasuki perawatan hari ke 14," ujarnya kembali meyakinkan kondisi keduanya baik, komunikasi bagus, tidak ada masalah, demam tidak ada. Untuk istri Gubri, ini hari ke 14. Dan pada hari ini akan dilakukan swab kembali," tuturnya. (*)

Tags : Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, Gubernur Syamsuar Berjuang Lawan Covid-19, Warga Doakan Gubri Sembuh ,