Pekanbaru   2022/01/05 8:25 WIB

Wawako Ayat Cahyadi Minta Disdukcapil Perbaiki Pelayanan untuk Antisipasi Kerumunan

Wawako Ayat Cahyadi Minta Disdukcapil Perbaiki Pelayanan untuk Antisipasi Kerumunan
Wakil Walikota Ayat Cahyadi

PEKANBARU - Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan pengaturan pelayanan untuk antisipasi kerumunan.

"Warga yang hendak mengurus berbagai administrasi kependudukan (adminduk) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Disdukcapil itu perlu pengaturan lagi."

"Kalau terjadi penumpukan-penumpukan, itu tinggal perlu pengaturan untuk menghidanri kerumunan," ujar Ayat menyikapi, Selasa (4/1).

Menurutnya, saat ini sebagian besar pelayanan yang diberikan pemerintah kota khususnya di Disdukcapil sudah menerapkan sistem online.

Wakil Walikota juga mengakui adanya beberapa layanan yang mesti dilakukan secara tatap muka.

"Warga juga masih ada yang belum mengetahui jenis pelayanan online apa saja yang diberikan karena kurangnya sosialisasi dari Disdukcapil."

"Untuk itu, sistemnya harus terus disampaikan kepada masyarakat. Sehingga kalau pelayanan sudah bisa online, masyarakat tidak perlu lagi datang. Kalau ini diterapkan, Insyaallah tidak akan ada lagi (penumpukan warga)," katanya.

Disdukcapil Kota Pekanbaru merupakan salah satu contoh pelayanan adminduk di tanah air. Dinas ini pernah meraih Piagam Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima tahun 2020 dengan nilai (A) pada Evaluasi Pelayanan Publik oleh Kemenpan RB. (*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Wawako MInta Disdukcapil Perbaiki Pelayanan, Antisipasi Kerumunan,