Rokan Hulu   2021/05/10 5:15 WIB

Wilayah Kecamatan Zona Merah, Karena Masih Ditemukan Warga Berkerumun Tak Pakai Masker

Wilayah Kecamatan Zona Merah, Karena Masih Ditemukan Warga Berkerumun Tak Pakai Masker

ROKAN HULU - Satgas Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) masih menemukan warga yang tak mengenakan masker saat operasi yustisi gabungan, Jumat 7 April 2021 hingga Sabtu 8 April 2021 kemarin.

Wilayah Tambusai Utara masuk zona merah penyebaran Covid-19, banyak warganya yang tak memakai masker saat keluar rumah, dan masih didapati berkerumun di warung dan kafe. Operasi yustisi digelar di Desa Bangun, Jaya Kecamatan Tambusai Utara, dan dipimpin Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat didampingi Plh Bupati Rohul Abdul Haris.

Operasi Yustisi dimulai pukul 21.00 WIB, Kapolres dan Plh Bupati Rohul menyisir tempat keramaian, mulai warung, kafe, pertokoan, dan swalayan. Kepada warga yang tidak mengenakan pengaman alat pernafasan, tidak dikenakan sanksi, namun mereka dapatkan masker gratis dari petugas dan imbauan dari Kapolres. Kapolres mengatakan operasi yustisi ditingkatkan bertujuan menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena saat ini ada lima kecamatan masuk zona merah, termasuk Kecamatan Tambusai Utara.

Selain diberi surat edaran, Bupati Rohul, pemilik usaha juga diminta Kapolres selalu menerapkan protokol kesehatan, termasuk sediakan fasiltas cuci tangan lengkap dengan sabun, serta menyusun kursi atau bangku tidak berdekatan. Menurut Abdul Haris, operasi yustisi telah memberikan hasil positif. Seperti operasi di Kecamatan Rambah yang sebelumnya zona merah, kini sudah berubah jadi zona oranye. "Pemkab Rohul sangat mendukung Polres Rohil dan tim gabungan yang terus melaksanakan operasi yustisi, dengan harapan ke depannya daerah ini kembali menjadi zona hijau," harap Sekda.

Dia mengungkapkan, masih ada lima kecamatan yang masuk zona merah, yakni Kecamatan Ujung Batu, Kabun, Kunto Darussalam, Pendalian IV Koto, dan Kecamatan Tambusai Utara. Kecamatan Tambusai Utara sendiri, kini ada sekitar 44 warga yang diduga terpapar Covid-19, baik yang sedang dirawat di rumah sakit ataulun isolasi mandiri. "Kita berharap, operasi yustisi di Desa Bangun Jaya menyadarkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, serta selalu memakai masker," Imbau Abdul Haris. (rp.ind/*)

Tags : Wilayah Kecamatan Zona Merah, Rohul, Warga Berkerumun Tak Pakai Masker,