News   2022/06/27 11:47 WIB

12 Unit Mobil Siaga Wabah PMK Dikerahkan, Gubri: Ini Cobaan dari Allah

12 Unit Mobil Siaga Wabah PMK Dikerahkan, Gubri: Ini Cobaan dari Allah

PEKANBARU- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melepas 12 unit mobil siaga penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"12 unit mobil mengangkut ribuan dosis vaksin dikirim ke sejumlah kabupaten dan kota di Riau."

"Mobil mengangkut vaksin untuk siaga wabah PMK kita kerahkan. Ini cobaan dari Allah, ditengah peternak yang ingin mendapat rezeki dari hewan kurban jelang Idul Adha justru muncul wabah ini," kata Gubri Syamsuar.

"Kita tidak berkehendak, tapi kita berikhtiar (dengan melakukan vaksinasi). Enam kabupaten sudah ada yang terkena PMK,” sambungnya saat melepas mobil siaga penanganan PMK di Balai Pauh Janggi, Pekanbaru, Senin (27/6).

Mobil yang angkut ribuan dosis vaksin itu akan dikirim ke Kabupaten Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pekanbaru, Indragiri Hilir dan Dumai.

"Ribuan vaksin bakal diberikan ke hewan ternak yang terjangkit dan yang belum terjangkit PMK."

"Kepada seluruh tenaga kesehatan di bidang kesehatan hewan ternak untuk turun langsung ke setiap masjid dan musala demi mengecek kesehatan hewan ternak yang akan dikurbankan pada Idul Adha mendatang," kata Gubri.

“Mungkin sekarang waktu dibeli masih sehat, sudah ada surat, tapi pas hari H terjangkit kan kita nggak tau juga. Karena itu saya perintahkan tenaga kesehatan harus turun ke masjid ke kelompok masyarakat yang melaksanan kurban, karena ada mereka yang sudah tahu dan bisa saja ada yang belum tahu terkait wabah ini," ujar Gubri.

Diketahui dari 7.400 dosis bantuan vaksin yang diberikan kepada Provinsi Riau, 3.400 dosis telah disalurkan sementara 4.000 dosis vaksin baru akan disalurkan. Seluruh vaksin itu merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Jadi diminta juga agar seluruh desa yang telah dilaporkan memiliki hewan ternak yang terjangkit PMK agar ditutup atau lockdown.

"Lockdown aja semuanya, biar tidak menyebar kemana-mana," saran Gubri. (*)

Tags : Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku, 12 Unit Mobil Siaga Wabah PMK Dikerahkan, Gubri Kerahkan Mobil Vaksin PMK, News,