Kuniler   2023/04/05 15:2 WIB

Ada 6 Buah-Buahan Memiliki Khasiat dan Tercantum dalam Al Quran, 'yang juga Baik untuk Dikonsumsi'

Ada 6 Buah-Buahan Memiliki Khasiat dan Tercantum dalam Al Quran, 'yang juga Baik untuk Dikonsumsi'
Buah Delima

KULINER - Al Quran menjadi sumber inspirasi, pengetahuan, dan hukum bagi umat Islam di seluruh dunia. Salah satu pengetahuan yang tercantum dalam Al Quran yakni buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh manusia.

Buah yang disebut dalam Al Quran tentunya mempunyai banyak keistimewaan, ada yang menyebutkan bahwa buah-buahan tersebut termasuk ke dalam jenis buah yang tumbuh di dalam surga.

Berikut adalah 6 buah yang disebut dalam Al-Quran mengutip The Healthy Muslims:

1. Kurma

Kurma adalah buah yang paling banyak disebut dalam Al Quran. Sejumlah ahli menyebut bahwa buah khas Negeri Jazirah Arab ini disebut 22 kali dalam kitab suci, meski dalam bentuk nama yang berbeda-beda.

Salah satu surat dalam Al Quran yang secara jelas menyebut kurma adalah Surat Al Mu'minun 3 ayat: 19-20:

"Dengan air itu kami tumbuhkan bagimu kebun-kebun kurma dan anggur, yang di dalamnya terdapat buah-buahan yang banyak, dan darinya kamu boleh makan."

Kurma mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Manfaat nutrisinya dapat mendukung kesehatan otak dan mencegah penyakit.

Berikut adalah tiga antioksidan paling kuat dalam kurma:

  • Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid: Karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolik: Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

2. Delima

Dalam Surah Ar-Rahman ayat: 68, Al-Quran berbicara tentang dua taman surga dengan mengatakan:

"Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima."

Delima sangat tinggi vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen untuk menjaga otot, tulang, dan kulit, serta menjadi pemain kunci dalam penyerapan zat besi!

3. Zaitun

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

Banyak orang memilih minyak zaitun sebagai pilihan lemak yang baik. Buahnya sendiri juga baik untuk dijadikan bumbu masakan.

Zaitun juga memiliki asam lemak esensial yang bagus untuk fungsi jantung dan otak, serta polifenol yang memiliki sifat antioksidan.

4. Buah Tin

Al-Qur'an memiliki satu bab khusus yang bernama Surah At-Tin yang artinya Buah Tin. 

"Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun," demikian bunyi surat At Tin ayat 1.

Buah tin atau buah ara sangat tinggi serat, yang membantu menjaga kadar gula darah dan kadar kolesterol yang sehat. Buah ara yang dalam bahasa Inggris disebut fig juga mengandung magnesium, kalsium, potasium, dan karotin yang semuanya dibutuhkan tubuh.

Menurut ahli gizi bersertifikat Jo Lewin, yang dikutip dari BBC Food, buah fig memiliki setidaknya 5 manfaat kesehatan berikut:

  • meningkatkan kesehatan pencernaan
  • mencegah kerusakan sel
  • menormalkan tekanan darah
  • meningkatkan kesehatan tulang
  • membantu menjaga berat badan yang ideal

5. Anggur

Dalam Surat Al Mu'minun 3 ayat: 19-20, Al-Qur'an mengatakan kepada umatnya:

"Dengan air itu kami tumbuhkan bagimu kebun-kebun kurma dan anggur, yang di dalamnya terdapat buah-buahan yang banyak, dan darinya kamu boleh makan."

Anggur sangat populer karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Anggur mengandung flavonoid yang telah terbukti bermanfaat dalam menangkal kerusakan oksidatif yang bahkan dikaitkan dalam beberapa penelitian memiliki sifat melawan kanker.

6. Pisang

Di dalam surah Al-Waqiah ayat 29, Allah menyebutkan buah pisang sebagai buah yang bersusun-susun.

"Dan orang-orang yang benar, betapa diberkatinya mereka! Mereka akan berada di tengah-tengah pohon bidara yang tidak berduri, rumpun-rumpun pisang, naungan yang luas, air yang mengalir, buah-buahan yang melimpah, tidak pernah pada musimnya, dan tidak terlarang" (QS Al Waqiah 27-33)

Al-Qur'an menyebutkan secara umum tentang buah-buahan yang dimakan oleh orang-orang di surga, dan secara khusus disebutkan tentang pisang yang memberi tahu kita bahwa pisang termasuk buah yang diberkahi. Pisang adalah tambahan yang bagus untuk sarapan atau camilan pagi karena dikemas dengan potasium, serat, vitamin C, magnesium, dan folat.

Pisang juga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina.

Antioksidan ini punya banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif. (*)

Tags : buah yang baik, buah berkhasiat, 6 buah-buahan memiliki khasiat, buah-buahan tercantum dalam al quran,