Linkungan   2023/04/05 15:27 WIB

Seorang Pria Penggali Amatiran Beruntung Temukan Bongkahan Batu Mengandung Emas Seberat 2,6kg

Seorang Pria Penggali Amatiran Beruntung Temukan Bongkahan Batu Mengandung Emas Seberat 2,6kg
Bongkahan batu dengan emas ini ditemukan di wilayah Victoria yang terkenal karena kandungan emasnya.

LINGKUNGAN - Seorang pria Australia dengan alat pendeteksi logam sederhana mendapatkan kejutan tak terduga, ia menemukan sebuah batu dengan berat 4,6kg dan mengandung emas senilai A$240.000 (Rp3,6 miliar).

Pria tersebut, yang tidak ingin namanya dipublikasikan, memperoleh temuan ini di ladang emas Victoria - yang merupakan jantung demam emas Australia pada 1800-an.

Darren Kamp, yang menilai dan membeli spesimen tersebut, berkata ini adalah bongkahan emas terbesar yang pernah disaksikannya selama 43 tahun kariernya.

"Saya sangat terkesima... Ini adalah temuan sekali seumur hidup," kata Kamp seperti dirilis BBC.

Kamp tak berpikir apa-apa ketika seorang pria yang membawa tas punggung besar berjalan ke tokonya di Geelong, sekitar satu jam di barat daya Melbourne. Biasanya orang akan datang dengan batu yang tampak seperti emas, kata Kamp.

"Namun dia kemudian mengeluarkan batu itu dan saat dia meletakkannya ke tangan saya dia berkata, 'Apakah Anda pikir benda ini berharga setidaknya A$10.000?'

"Saya melihatnya dan berkata, 'Coba A$100.000'."

Pria itu melanjutkan dengan mengatakan padanya bahwa batu yang dipegang Kamp itu hanya separuh dari yang ditemukannya.

Jika ditotal, batu seberat 4,6kg itu mengandung 83 ons emas - atau sekitar 2,6kg.

Setelah selesai menilai emas dalam batu itu, Kamp kemudian membelinya darinya.

Dia berkata, pria beruntung itu berencana menghabiskan uang penjualan emas untuk keluarganya. "Dia berkata pada saya, 'Oh istri saya pasti senang'."

Meskipun penemuan seperti ini jarang terjadi, Australia diperkirakan memiliki cadangan emas terbesar di dunia dan banyak bongkahan emas terbesar di dunia ditemukan di Australia. (*)

Tags : penggali amatir, seorang pria temukan bongkahan batu mengandung emas, bongkahan batu mengandung emassSeberat 2, 6kg,