Pendidikan   2023/01/26 19:50 WIB

Alumni Fakultas Teknik UIR Raih Prestasi di Kancah Internasional, 'dapat Beasiswa Master Reguler di KFUPM Saudi Arabia'

Alumni Fakultas Teknik UIR Raih Prestasi di Kancah Internasional, 'dapat Beasiswa Master Reguler di KFUPM Saudi Arabia'
Tengku Muhammad Sofyan Atsauri Alumni UIR.

PEKANBARU - Tengku Muhammad Sofyan Atsauri alumni Universitas Islam Riau (UIR) bikin bangga sukses meraih beasiswa di kampus terbaik Arab Saudi.

Pria alumni Fakultas Teknik itu meraih prestasi di kancah internasional.

Alumni Teknik Perminyakan UIR tahun 2021 itu mendapatkan beasiswa Master Reguler di King Fahd University of Petroleum and Mineral (KFUPM) Dhahran Saudi Arabia, pada program studi Teknik Perminyakan dengan konsentrasi Teknik Reservoir.

Pada periode wisuda 2021, Tengku menjadi pemuncak. Kemudian ia menambah prestasi dengan berhasil raih beasiswa internasional Fully Funded dari Faculty Petroleum Engineering and Geosciences KFUPM. Pencapaian itu berkat rekomendasi dari Dekan Fakultas Teknik Dr Eng Muslim ST MT dan Dosen Teknik Perminyakan yang sekaligus supervisor skripsinya yaitu Fiki Hidayat M Eng.

Dr Eng Muslim, Dekan Fakultas Teknik turut bahagia sekaligus bangga atas berhasilnya Tengku Muhammad Sofyan Atsauri meraih beasiswa S2 di kampus Arab Saudi.

“Kami merasa bahagia sekaligus bangga atas berhasilnya ananda Tengku mendapatkan beasiswa S2 Fully Funded di King Fahd University. Beasiswa yang diterima pertama kali didapatkan di Negara Timur Tengah. Sebelumnya alumni FT mendapatkan beasiswa S2 di negara-negara Asia seperti Korea Selatan, Malaysia, Thailand, dan Taiwan,” ujar Muslim.

Sebagai informasi, King Fahd University merupakan universitas terbaik di dunia. Kampus ini menempati peringkat ke-6 untuk Jurusan Perminyakan dan peringkat ke-160 in overall rangking by QS World University Rangking.

“Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggaan seluruh civitas akademika FT UIR alumni. Mari kita dorong agar alumni FT UIR untuk terus meningkatkan kapasitasnya. Sehingga bisa bersaing baik di tingkat nasional mau pun internasional. Salah satu usahanya dengan melanjutkan studi S2 di dalam mau pun di luar negeri,” ujar Doktor lulusan Korea Selatan tersebut.

Dr Eng Muslim juga mengatakan Fakultas Teknik terus menggagas berbagai bentuk kerja sama dengan berbagai negara, khususnya yang di Asia. Sehingga dengan kerja sama itu, diharapkan berdampak positif baik bagi dosen mau pun mahasiswa di FT UIR.

“Dengan adanya kerja sama Fakultas Teknik UIR bersama kampus di negara lain, diharapkan ada dampak positif untuk dosen mau pun mahasiswa di FT UIR. Hingga saat ini kampus di Malaysia dan Thailand meminta agar Fakultas Teknik UIR mengirimkan alumni-alumni terbaiknya, untuk diberikan beasiswa S2 di kampus mereka,” jelasnya.

Tengku Muhammad Sofyan Atsauri berhasil mendapatkan beasiswa Master Reguler di King Fahd University of Petroleum and Mineral (KFUPM) Dhahran Saudi Arabia pada program studi Teknik Perminyakan dengan konsentrasi Teknik Reservoir.

Alumni Teknik Perminyakan UIR tahun 2021 ini juga menjadi pemuncak di periode wisuda 2021 dan berhasil mendapatkan beasiswa internasional Fully Funded dari Faculty Petroleum Engineering and Geosciences KFUPM.

Tetapi berdasarkan rekomendasi dari Dekan Fakultas Teknik Dr Eng Muslim ST MT dan Dosen Teknik Perminyakan yang juga sekaligus supervisor skripsinya yaitu Fiki Hidayat M Eng menjebolkan Tengku Muhammad Sofyan Atsauri ke KFUPM.

Dekan Fakultas Teknik Dr Eng Muslim mengungkapkan rasa bahagia sekaligus bangga atas berhasilnya salah satu alumni Fakultas Teknik UIR mendapatkan beasiswa S2 di kampus yang berada di Arab Saudi.

“Kami merasa bahagia sekaligus bangga atas berhasilnya ananda Tengku mendapatkan beasiswa S2 Fully Funded di King Fahd University, beasiswa yang diterima oleh Tengku merupakan beasiswa yang pertama kali didapatkan di Negara Timur Tengah, dimana sebelumnya alumni FT mendapatkan beasiswa S2 di negara-negara Asia seperti Korea Selatan, Malaysia, Thailand, dan Taiwan,” ujar Muslim.

King Fahd University adalah salah satu Universitas terbaik di dunia yang menempati peringkat ke-6 untuk Jurusan Perminyakannya dan peringkat ke-160 in overall rangking by QS World University Rangking.

“Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggan seluruh civitas akademika FT UIR alumni. Mari kita dorong agar alumni FT UIR untuk terus meningkatkan kapasitasnya, sehingga dapat bersaing baik di tingkat nasional maupun ditingkat internasional. Salah satu usahanya adalah dengan melanjutkan studi S2 di dalam maupun di luar negeri ” pungkas Doktor lulusan Korea Selatan tersebut.

Dekan Fakultas Teknik itu juga menambahkan, fakultasnya terus melakukan dan menggagas berbagai bentuk kerjasama dengan berbagai negara khususnya yang berada di benua Asia. Sehingga dengan adanya kerjasama Fakultas Teknik UIR dengan beberapa kampus di negara tersebut tentunya diharapkan memberikan dampak positif baik bagi dosen maupun mahasiswa di FT UIR.

“Dengan adanya kerjasama Fakultas Teknik UIR dengan beberapa kampus di negara tersebut tentunya diharapkan memberikan dampak positif baik bagi dosen maupun mahasiswa di FT UIR, Hingga saat ini kampus di Malaysia dan Thailand meminta agar Fakultas Teknik UIR mengirimkan alumni-alumni terbaiknya untuk diberikan beasiswa S2 di kampus mereka,” jelasnya. (*)

Tags : Alumni Fakultas Teknik Universitas Islam Riau, Tengku Muhammad Sofyan Atsauri Alumni UIR, Tengku Muhammad Sofyan Atsauri Raih Prestasi di Kancah Internasional, Tengku Muhammad Sofyan Atsauri dapat Beasiswa Master Reguler di KFUPM Saudi Arabia,