Rokan Hilir   2023/06/21 16:20 WIB

KNPI Puji Bupati Afrizal Sintong Peduli dengan Bencana Alam, 'yang Juga Terus Lakukan Antisipasi Daerah Rawan Banjir'

KNPI Puji Bupati Afrizal Sintong Peduli dengan Bencana Alam, 'yang Juga Terus Lakukan Antisipasi Daerah Rawan Banjir'
Bupati Rohil Afrizal Sintong

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) memuji gerak cepat Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong yang peduli soal bencana alam juga puji kepedulian Dinas Pengerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) yang sudah normalisasi sungai dan parit untuk antisipasi banjir.

"Bupati Rohil Afrizal Sintong peduli dengan bencana alam."

"Kita bangga karena Bupati dengan cepat melakukan suatu gerakan dan menghasilkan suatu pernyataan sikap yang luar biasa," kata Larshen Yunus, Ketua DPD KNPI Riau, Minggu. 

"Pernyataan sikap dan kepedulian Bupati Rohil ini sungguh luar biasa dan merupakan pegangan untuk kita hidup bersama di Kabupaten Rohil. Kalau pernyataan sikap dan kepedulian oleh seluruh masyarakat Rohil pasti kita akan hidup damai dan rukun," katanya.

Larshen juga mengapresiasi dengan masalah yang terjadi justru merekatkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen untuk bergerak ditengah masyarakat. 

Seperti yang dilakukan Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong peduli soal bencana alam meninjau lokasi rawan banjir di Kepenghuluan Sungai Bakau, Kecamatan Sinaboi yang sebelumnya daerah rawan banjir.

Larshen juga memuji langkah cepat dan kepedulian Dinas Pengerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) yang sudah melakukan normalisasi sungai dan parit untuk antisipasi banjir.

"Bupati Afrizal Sintong didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Rohil Sanimar Afrizal meninjau lokasi rawan banjir."

"Selain meninjau lokasi rawan banjir, Bupati Rohil Afrizal Sintong juga menyerahkan bantuan Sembako bagi warga terdampak banjir di Sungai Bakau," kata Larshen.

"Ini adalah bentuk respon Pemerintah terhadap laporan masyarakat, tentang apa yang terjadi di desa," kata dia.

Dalam kunjungannya, Bupati menyerahkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir. Selain penyerahan sembako, Afrizal Sintong juga menyempatkan waktu berdialog dengan masyarakat sekitar.

"Kunjungannya Bupati merupakan salah satu bentuk kepedulian dan respon cepat Pemerintah Kabupaten Rohil terhadap laporan yang disampaikan oleh masyarakat," kata Larshen menambahkan kunjungan Bupati Afrizal Sintong juga dihadiri para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil, Camat beserta Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Sinaboi, Datuk Penghulu Sungai Bakau, Datuk Penghulu Raja Bejamu beserta tokoh masyarakat setempat.

Sementara Kepala Dinas PUTR Rohil Asnar, melalui Kabit Sumber Daya Air (SDM) Hermanto menyatakan, Pemkab Rohil terus melakukan antisipasi penanggulangan banjir, dimana  Dinas PUTR Rohil sudah normalisasi sungai dan parit di Kecamatan Bangko dan Sinaboi.

"Pengerjaan normalisasi sungai dan parit sudah kita lakukan sebelum puasa kemaren secara swakelola, dengan target sebanyak lima titik yang fokus di Kecamatan Sinaboi," jelas Hermanto juga menyampaikan langsung pengerjaan normalisasi Parit Atmo, Kecamatan Bangko, Selasa (20/6) kemaren.

Menurutnya, normalisasi atas permintaan masyarakat dan datuk penghulu setempat. Terutama untuk mengurangi serta mengantisipasi terjadinya banjir.

"Saat ini kita juga menormalisasi Parit Atmo sepanjang 2 kilometer, mulai dari laut kepenghuluan Bagan Punak pesisir, sampai ke jembatan kedua kepenghuluan Bagan Punak," paparnya.

Normalisasi Parit Atmo rutin setiap tahunnya dilaksanakan, "ini sebagai upaya untuk mengatasi banjir terutama pada September sampai Desember 2023," katanya.

"Untuk alat dan operator sudah stand by semuanya. Alat kita ada tujuh unit, long tiga unit standar empat unit. Sekarang terus beroperasi menormalisasi sungai di Kecamatan Bangko dan Sinaboi," paparnya.

Sementara itu, Datuk Penghulu Bagan Punak Meranti mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohil melalui Kabit SDM Hermanto. Sudah tanggap mengantisipasi penanggulangan banjir di Kecamatan Bangko.

"Terima kasih pak bupati, yang sudah melakukan antisipasi penanggulangan banjir secara dini, terutama di Kepenghuluan Bagan Punak Meranti," ucapnya. (*)

Tags : banjir, bencana alam, antisipasi banjir, rohil, bupati afrizal sintong puji kepedulian putr atasi banjir,