Indragiri Hulu   2022/11/30 12:13 WIB

Api Luluhlantakkan Pabrik Sawit PT Mitra Agung Swadaya, 'Buat Isi Seluruh Bangunan Ludes Terbakar'

Api Luluhlantakkan Pabrik Sawit PT Mitra Agung Swadaya, 'Buat Isi Seluruh Bangunan Ludes Terbakar'

INHU - Pabrik kelapa sawit (PKS) di Indragiri Hulu, Riau terbakar, namun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang diduga akibat percikan api las listrik tersebut.

"Api meluluhlantakkan pabrik sawit milik PT Mitra Agung Swadaya (MAS) di Inhu."

"Sekitar pukul 16.00 WIB Polsek Kelayang mendapat informasi bahwa pabrik PT MAS di Desa Sungai Golang kebakaran. Polsek lalu menghubungi Pemadam Kebakaran dari BPBD dan damkar perusahaan yang ada di sekitar lokasi," kata Kapolres Indragiri Hulu, AKBP Bachtiar Alponso, Selasa (29/11).

Kapolres mengatakan kebakaran terjadi di pabrik sawit PT Mitra Agung Swadaya atau MAS di Sungai Golang, Kelayang. Pabrik awalnya masih beroperasi sebelum terjadi kebakaran.

Setelah semua bantuan datang, upaya pemadaman pun mulai dilakukan oleh karyawan perusahaan. Sekitar 2 jam api berkobar dan menimbulkan asap tebal.

Petugas kemudian berhasil memadamkan api dan melakukan pendinginan sekitar pukul 18.00 WIB. Pemadaman dilakukan dengan 4 unit mobil pemadam kebakaran.

Dari sejumlah saksi, kebakaran diduga kuat dipicu percikan api mesin las. Di mana ada 2 karyawan bernama Dedek Alfian dan Ardi sedang mengelas kompior atau pipa besi.

Ternyata pada saat mengelas itulah timbul percikan api. Api itulah yang menetes dan jatuh ke minyak hingga menimbulkan api.

"Untuk sementara ini penyebab kebakaran berasal dari percikan api pengelasan kompior atau pipa besi oleh pekerja. Untuk kerugian materil belum dapat ditentukan," kata Alponso.

Setelah melihat api telah padam, Alponso memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun pabrik saat ini setop operasi dan tak melakukan produksi. (rp.sdp/*)

Tags : Pabrik Sawit Terbakar, Inhu, Api Luluh Lantakkan Pabrik Sawit, Pabrik Sawit PT Mitra Agung Swadaya,