Internasional   2021/03/22 22:41 WIB

Banjir Australia Yang Terbesar dalam 50 Tahun Terakhir

Banjir Australia Yang Terbesar dalam 50 Tahun Terakhir

INTERNASIONAL - Sekitar 18.000 warga Australia telah dievakuasi akibat banjir yang menggenangi seluruh wilayah New South Wales (NSW), dampak dari hujan deras terus menerus yang mengguyur pantai timur.

Di sisi lain, ahli meteorologi memperingatkan bahwa dua sistem cuaca mungkin bertabrakan pada Senin malam sehingga menciptakan "ledakan terakhir" hujan dan badai yang bisa berlangsung hingga Rabu atau Kamis. Hujan deras selama berhari-hari itu telah menyebabkan sungai dan bendungan meluap di sekitar Sydney - ibu kota negara bagian - dan di wilayah tenggara Queensland.

Para pejabat mengatakan bencana banjir ini adalah "satu dalam 50 tahun" dan dapat berlanjut sepanjang pekan serta telah mendesak masyarakat untuk waspada. Perdana Menteri Scott Morrison telah menawarkan bantuan dana bagi mereka yang terpaksa mengungsi. Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian mengatakan, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan hingga Senin (22/03) malam - menggambarkannya sebagai "keajaiban mengingat apa yang telah kami alami".

Namun, terjadi kerusakan yang luas di daerah-daerah yang terkena dampak - rumah bagi sekitar sepertiga dari 25 juta penduduk Australia. Berejiklian mengatakan banyak warga korban banjir ini sebelumnya telah berjuang menghadapi dampak kebakaran hutan dan kekeringan pada musim panas lalu. "Saya tidak tahu kapan pernah terjadi dalam sejarah negara bagian ini, di mana kami mengalami kondisi cuaca ekstrem secara berurutan di tengah pandemi," katanya dirilis BBC.

Layanan darurat telah melakukan setidaknya 750 penyelamatan, termasuk menarik korban dari mobil. Satu keluarga yang terlantar dievakuasi dari rumah mereka yang terendam banjir dengan helikopter. Tim evakuasi juga menyelamatkan satu keluarga dengan bayi dari banjir di rumah mereka di barat Sydney. Lembaga meteorologi Australia mengatakan curah hujan - hingga 900 mm di beberapa daerah - sebagai fenomena "luar biasa". Banyak wilayah di NSW terlihat menyerupai "laut pedalaman", kata lembaga itu.

Senin lalu, pihak berwenang sangat mengkhawatirkan warga yang berada di daerah dataran rendah utara dan barat di Sydney, Pantai Pusat NSW, dan lembah Hawkesbury. Banjir telah menyebabkan kerusakan di seluruh wilayah NSW, memaksa 15.000 orang dievakuasi dari wilayah Mid-North Coast negara bagian itu dan 3.000 lainnya di Sydney, kata para pejabat.

Sungai yang meluap juga memutus jalan dan jembatan serta menutup sekitar 150 sekolah pada hari Senin. Ada gambar satwa liar mati, ternak mengambang melalui daerah banjir dan deretan rumah yang menutupi jendela mereka. Sungai Hawkesbury dan Nepean - yang berbatasan dengan Sydney di utara dan barat - mencapai level tingkat yang lebih tinggi pada hari Senin dibandingkan saat banjir dahsyat pada tahun 1961.

Peramal cuaca mengatakan Sungai Hawkesbury dapat mencapai puncak sekitar 13 meter di kemudian hari. Selain itu, bendungan Warragamba, yang menjadi sumber air utama Sydney, mulai tumpah untuk pertama kalinya dalam lima tahun. Pihak berwenang mengatakan, bendungan itu mengeluarkan sekitar 500 gigaliter sehari - setara dengan volume Pelabuahan Sydney. Pada hari Minggu, pasangan muda melihat rumah mereka di utara Sydney tersapu banjir bandang pada hari pernikahan mereka.

Para tetangga yang terkejut merekam rumah tiga kamar tidur terombang-ambing di sepanjang sungai Manning setelah tepiannya pecah. Penerbangan telah ditangguhkan di Bandara Newcastle - sekitar 17 kilometer utara Sydney - setelah landasan pacu banjir. Pihak berwenang juga melaporkan tanah longsor dan kerusakan rumah akibat tornado kecil yang melanda barat Sydney pada hari Sabtu. Di tenggara Queensland, banjir bandang juga melanda Brisbane dan Gold Coast pada akhir pekan.

Pihak berwenang telah mengeluarkan 28 perintah evakuasi di seluruh negara bagian, berdampak pada ribu orang, sementara 16 wilayah lainnya telah diberi peringatan. "Apa yang kita alami sekarang berbeda dengan apa yang telah dialami selama 50 tahun terakhir, jadi harap tanggapi dengan serius," kata Berejiklian pada rapat sebelumnya.

"Ini adalah curah hujan yang akan terus berlanjut, fakta bahwa cuaca tidak bergerak, dan juga, tentu saja, kapasitas tumpahan [Bendungan Warragamba] dan apa artinya itu," tambahnya.

Warga Jamisontown, Ellen Brabin, mengatakan kepada ABC News bahwa dia belum pernah melihat banjir separah ini selama lebih dari 40 tahun. "Saya telah melihat semua banjir dan sebagainya, dan tidak pernah pindah sebelumnya, jadi banjir kali ini berbeda," katanya.

"Jalanan akan selalu terlihat ketika hujan reda, banjir surut, tapi kali ini tidak menghilang seperti dulu," katanya. "Pasti ada sesuatu yang berbeda dari banjir ini."

Ada juga peringatan dari ahli meteorologi bahwa dua sistem cuaca mungkin bertabrakan pada Senin malam sehingga menciptakan "ledakan terakhir" hujan dan badai yang bisa berlangsung hingga Rabu atau Kamis. Hujan dan banjir yang deras di musim panas Australia bagian timur sangat kontras dengan tahun lalu, ketika banyak area yang sama hangus oleh kebakaran raksasa dan dilanda kekeringan.

Wilayah Australia saat ini mengalami pola cuaca La Nina, yang biasanya membawa lebih banyak curah hujan dan siklon tropis selama musim panas. Dua dari tiga tahun terbasah di Australia yang tercatat terjadi selama peristiwa La Nina. Biasanya La Niña mengalami peningkatan 20% dalam curah hujan rata-rata dari Desember hingga Maret di Australia bagian timur. Para ilmuwan mengatakan bahwa perubahan iklim juga meningkatkan dampak La Nina, dan membuat pola cuaca menjadi lebih tidak menentu. (*)

Tags : Banjir Australia, Banjir Terbesar dalam 50 Tahun Terakhir,