News Kota   2023/01/29 12:52 WIB

BBKSDA Sudah Memantau Seringnya Buaya Muncul Dikolong Rumah Warga 

BBKSDA Sudah Memantau Seringnya Buaya Muncul Dikolong Rumah Warga 
BBKSDA Riau pantau kemunculan buaya.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sudah memantau seringnya buaya muncul dikolong rumah warga Jalan Parit Berandah, Kampung Terendam, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

"Buaya muncul di bawah sebuah rumah milik warga yang sering didatangi para pemancing."

"Kami sudah turunkan tim ke lokasi untuk survey untuk melihat munculnya buaya yang  sempat hebohkan warag di Sungai Siak, pada Jumat 27 Januari 2023 sekitar pukul 13.00 WIB itu," kata Plt Kabid BBKSDA Wilayah II, Hartono, Sabtu (28/1/2023).

Beberapa saksi melihat buaya itu muncul di sela-sela lantai kayu yang berlubang dan direkam dalam video berdurasi 55 detik milik akun instagram @cctvpekanbaru.

Pihaknya sudah memantau video viral munculnya buaya tersebut dan mengimbau kepada masyarakat sekitar ataupun pemancing, agar dapat berhati-hati dengan buaya tersebut.

Hartono mengungkapkan, terkait munculnya buaya tersebut, berarti ada sesuatu di sana yang memancing satwa itu muncul.

"Karena itu, kami mengimbau masyarakat tidak membuang kotoran dan sisa makanan karena memancing munculnya buaya," pesan Hartono.

Kemudian, apabila muncul kembali, pihaknya mengimbau masyarakat tidak bertindak gaduh. Karena berbahaya bagi masyarakat dan satwa itu sendiri.

"Perlu adanya ruang bagi satwa, sesuai yang diatur dalam UU nomor tahun 1990 terkait satwa ini," jelasnya.

Terkait munculnya buaya tersebut, Sungai Siak merupakan habitat satwa tersebut. Sehingga, pihaknya akan memasang rambu-rambu agar masyarakat berhati-hati.

"Pantauan kami ukurannya sangat besar, panjangnya sekitar 3 sampai 5 meter. Akhir-akhir ini sudah tidak ada kemunculan, ini baru muncul lagi," ujarnya. (rp.sul/*)

Tags : Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, BBKSDA Riau Pantau Munculnya Buaya, Buaya Muncul Dikolong Rumah Warga, News Kota ,