News Kota   2024/03/04 16:19 WIB

Belasan Jalan Rusak akan di Aspal Ulang dan Bekas Galian IPAL Dibenahi Pemprov, Kata Sekdako Indra Pomi Nasution

Belasan Jalan Rusak akan di Aspal Ulang dan Bekas Galian IPAL Dibenahi Pemprov, Kata Sekdako Indra Pomi Nasution

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Belasan jalan rusak akan dioverlay atau aspal ulang. Total ada 16 ruas jalan Kota Pekanbaru akan dioverlay tahun ini, sedangkan bekas galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dibenahi Pemprov Riau.

"Belasan jalan rusak akan di aspal ulang oleh Pemko."

"Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto berkesempatan meninjau kondisi jalan di Pekanbaru kemarin. Dari tiga program prioritas beliau, salah satunya melakukan perbaikan jalan di Pekanbaru," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Kota Pekanbaru ini, merupakan wajah Provinsi Riau, tetapi ada 16 ruas jalan Pekanbaru yang bakal diperbaiki Pemprov Riau, kata kata Sekdako Indra Pomi usai kegiatan silaturahmi bersama Pj Walikota Muflihun dengan para kader PKK dan BKMT di rumah dinas, Minggu (3/3).

Overlay jalan rusak dilakukan dengan pola pemeliharaan berkala. Ada juga perbaikan jalan dengan pola tambal sulam atau pemeliharaan fungsional.

"Kemarin, Pj Gubri meninjau Jalan Cut Nyak Dien. Jalan itu tidak ada lubang tapi aspal sudah kasar," kata Indra Pomi.

Peninjauan dilanjutkan ke Jalan Ahmad Yani seperti di depan SD Santa Maria dan simpang Jalan Pangeran Hidayat. Ada lubang yang cukup dalam di dua lokasi ini.

Lubang Jalan itu akan diperbaiki dengan pola overlay. Mainhole IPAL akan ditinggikan. Kemudian, peninjauan dilanjutkan ke Jalan Juanda. Jalan ini juga akan diperbaiki. Di sana, ada juga mainhole IPAL. Badan Jalan Juanda akan ditinggikan 45 sentimeter.

"Terakhir, kami meninjau Jalan Cipta Karya. Jalan Cipta Karya akan dioverlay oleh Pemprov Riau," ujar Indra Pomi.

Proses perbaikan jalan dengan pola overlay tak menjamin aspal bertahan lama. Karena, badan jalan sering terendam banjir.

"Karena itu, Pj gubernur memerintahkan kepala Dinas PU Riau untuk memperbaiki drainase jalan yang akan dioverlay. Sebelumnya, kami sudah membuat surat kepada gubernur Riau agar membantu Pemko Pekanbaru memperbaiki jalan yang rusak," ujarnya. (*)

Tags : jalan rusak, belasan jalan rusak, pekanbaru, jalan rusak kembali di aspal ulang, pemprov benahi bekas galian IPAL ,