Headline Linkungan   2021/02/28 22:31 WIB

Benarkah Kebijakan Karantina Tinggal di Rumah Bisa Menguntungkan Lingkungan?

Benarkah Kebijakan Karantina Tinggal di Rumah Bisa Menguntungkan Lingkungan?

LINGKUNGAN - Adanya Covid-19 apakah pandemi turut berkontribusi dalam perusakan hutan tropis atau benarkah kebijakan karantina tinggal di rumah bisa menguntungkan lingkungan? Tidak sepenuhnya salah jika berpikir bahwa adanya kebijakan karantina yang memaksa orang-orang tinggal di rumah, selain bisa menguntungkan lingkungan polusi di kota-kota besar menurun drastis, hewan liar semakin berani merambah perkotaan, dan banyak jalur sepeda dibuka di seluruh dunia.

Tapi ceritanya berbeda di hutan tropis. Organisasi lingkungan melaporkan peningkatan deforestasi di tengah 'lockdown', seiring dengan meningkatnya perburuan dan penyelundupan binatang liar hingga pertambangan liar di seluruh dunia. Trennya mencengangkan, kata pakar, dan bisa sulit dikembalikan. "Narasi bahwa lingkungan dapat istirahat selagi Covid-19 tidak sepenuhnya akurat," kata Sebastian Troeng, presiden eksekutif NGO Conservation International dirilis BBC News.

"Ini akurat di kota dan area urban. Tapi, sayangnya, di wilayah terpencil kondisinya berbalik". Troeng mengatakan terlalu dini untuk mengetahui data terkait besaran masalah sejak karantina dimulai, tapi kantornya telah menerima laporan harian tentang peningkatan deforestasi dari penjuru dunia. Brasil dan Kolombia telah mengalami peningkatan perambahan hutan dan pertambangan ilegal: Filipina juga melaporkan perambahan hutan ilegal dan penyelundupan hewan liar.

Kenya melaporkan peningkatan perburuan gading gajah dan hewan liar khas Afrika, juga peningkatan produksi arang, yang telah dianggap ilegal sejak 2018. Kamboja juga mengalami peningkatan pemburuan hewan liar, perambahan hutan dan pertambangan; laporan yang sama juga datang dari Venezuela dan Madagaskar.  Kekhawatiran serupa terjadi di Malaysia dan Indonesia, yang memiliki tingkat deforestasi tertinggi di Asia Tenggara, sementara suku asli Ekuador dan komunitas keturunan Afrika melaporkan peningkatan pertambangan liar di Choco dan hutan hujan Amazon. Ada dua faktor utama yang bisa mendorong tren tersebut, kata Troeng.

Yang pertama adalah kelompok kriminal dan oportunis yang meningkatkan aktivitasnya, mengambil keuntungan dari karantina wilayah dan menurunnya pengawasan hutan dan jumlah petugas pemerintah. Yang kedua adalah bahwa orang yang tinggal di daerah pedesaan mengalami peningkatan tekanan ekonomi dan dipaksa untuk bergantung pada alam untuk makanan dan pendapatan.

Dalam beberapa kasus, seperti Madagaskar dan Kamboja, ada migrasi dari kota ke desa yang besar karena sebagian orang kehilangan pekerjaan di kota atau kembali ke rumah untuk bersama keluarga mereka selama karantina, yang kemudian memberikan tekanan ekstra pada lingkungan setempat. "Apa yang membuatku khawatir adalah bahwa kita melihat tren yang muncul ini, dan mereka tidak akan terbalik ketika Covid-19 langkah yang diangkat karena mereka terkait dengan faktor ekonomi," kata Troeng.

"Jadi antisipasi saya adalah bahwa kita harus berurusan dengan ini untuk beberapa bulan dan tahun ke depan."

Konflik dan patogen

Penghancuran hutan tropis diyakini memiliki konsekuensi yang buruk. Bagi masyarakat adat dan komunitas lain yang tinggal di sana, itu berarti kehancuran cara hidup mereka dan dapat menyebabkan konflik dengan para penjahat yang melanggar di wilayah mereka. Penelitian juga menunjukkan bahwa menghancurkan ekosistem hutan tropis menimbulkan kemungkinan patogen baru melompat dari hewan ke manusia. Hal itu juga mengancam kemampuan kita menghadapi perubahan iklim, mengingat hutan tropis merupakan komponen kunci dalam menyerap karbon dioksida dari atmosfer.

Salah satu keprihatinan terbesar saat ini adalah Amazon di Brasil, yang mengalami peningkatan deforestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, peningkatan penambangan ilegal di wilayah adat dan perluasan kasus Covid-19 di suku Amazon. Brasil melaporkan kasus pertama Covid-19 pada 28 Februari, tetapi sementara sebagian besar aktivitas ekonomi berhenti, tidak demikian halnya dengan deforestasi. Pada bulan April, pengrusakan hutan hujan meningkat 64%, dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, menurut lembaga penelitian luar angkasa negara itu, INPE.

Dalam empat bulan pertama di 2020, kehancuran hutan hujan naik sebesar 55%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, melenyapkan wilayah seluas 1.202 kilometer persegi. "Apa yang kita lihat pada deforestasi adalah bahwa orang tidak takut karena mereka tampaknya berpikir 'pemerintah terganggu dengan krisis kesehatan ini, mereka tidak akan memperhatikan kita'," kata Ane Alencar, direktur ilmu organisasi lingkungan Brasil, IPAM. "Ini hal yang oportunistik".

Pada bulan Maret, dua lembaga lingkungan di Brazil, IBAMA dan ICMBio, mengurangi layanan pengawasan hutan mereka. Para agen mengatakan keterbatasan mobilitas menghambat kemampuan mereka untuk melaksanakan tugas , dan mereka tidak bisa mengambil risiko kesehatan staf mereka atau masyarakat adat dengan mencoba untuk melanjutkan layanan reguler.

Kawasan lindung

Alencar mengatakan bahwa mayoritas deforestasi di 2020 sejauh ini terjadi melalui perampasan lahan milik publik. Data yang dikeluarkan oleh IPAM menunjukkan bahwa tiga bulan pertama tahun ini, 53% dari kehancuran ini terjadi di tanah publik yang tidak berstatus, kawasan lindung dan wilayah adat, dibandingkan dengan 38% tahun lalu. Ini kemungkinan akan berubah menjadi lahan ternak, kata Alencar.

Deforestasi di Brasil telah melonjak sejak tahun lalu, ketika Presiden Jair Bolsonaro mulai menjabat. Tak lama setelah dilantik, ia mulai mempromosikan pembangunan hutan hujan Amazon dan menyatakan hal itu perlu untuk membebaskan penduduk setempat dari kemiskinan. Minggu lalu, Bolsonaro mengerahkan tentara untuk memerangi kebakaran dan penebangan ilegal di Amazon. Tapi pakar lingkungan mengatakan ini tidak akan memecahkan masalah dalam jangka panjang.

Konservasionis prihatin bahwa meningkatnya deforestasi yang mereka lihat akan mengarah pada kebakaran hutan yang lebih besar selama musim kemarau Brazil dibandingkan tahun lalu. Kebakaran hutan di Amazon umumnya terjadi selama musim kemarau ketika orang menggunakan metode tebang dan bakar untuk mengkonversi hutan menjadi lahan pertanian.

Pada 2019, kebakaran hutan Brasil meningkat sebesar 84% dibandingkan dengan 2018. Asap dari api yang memicu peringatan kesehatan masyarakat, menyebabkan penyakit pernapasan pada orang yang tinggal di kota terdekat. Tetangga Brasil, Kolombia, mencatat lebih banyak kebakaran hutan pada bulan pertama 2020. Pada bulan Maret, negara itu merekam 12.953 titik panas-anomali termal yang menunjukkan risiko lebih tinggi kebakaran hutan-di hutan Amazon, Kolombia, menurut Amazon Institute for Scientific Research, SINCHI.

Ini hampir tiga kali lebih banyak daripada yang 4.691 titik api yang terekam tahun lalu selama bulan yang sama. Sementara titik api tidak selalu berubah menjadi api, mereka adalah indikator paling mendekati akurat; Para ilmuwan mengatakan 93% dari titik panas terdaftar kemudian dikonfirmasi sebagai kebakaran hutan. Miguel Pacheco, koordinator sumber daya alam di WWF-Colombia, mengatakan bahwa tindakan karantina belum menjadi penyebab peningkatan titik api ini, tetapi mereka dapat memperburuk masalah.

Sejak akhir Maret, pemantauan penerbangan oleh angkatan bersenjata di Kolombia telah berkurang secara signifikan. Hal ini dapat memungkinkan kelompok bersenjata untuk mengambil keuntungan dari kurangnya kontrol lingkungan dan terus membuka lahan untuk ternak, perkebunan Coca atau tanaman lainnya, selama tindakan-upaya karantina ini bertahan, katanya.

Tantangan perubahan sosial

Di Kolombia, karantina wilayah menimbulkan perubahan sosial yang memicu deforestasi. Penghancuran hutan hujan telah menjadi perhatian utama sejak 2016, ketika para gerilyawan FARC dan pemerintah Kolombia menandatangani perjanjian damai. Ketika para gerilyawan didemobilisasi dari kawasan hutan yang mereka kuasai, mereka meninggalkan daerah terbuka untuk eksploitasi. Di banyak daerah, itu berarti kelompok bersenjata dan kejahatan terorganisir lainnya membuka hutan untuk ternak dan tanah padang rumput.

Otoritas negara telah menghentikan semua pembangunan pascakonflik dan program konservasi di daerah hutan terpencil ini, yang sebagian besar juga tidak memiliki akses ke sekolah, rumah sakit atau layanan publik lainnya. Hal ini telah menciptakan kekosongan dari badan pemantauan hutan lainnya seperti LSM dan lembaga pemerintah. "Semuanya adalah jenis siaga sekarang, dan saya yakin bahwa ini akan tercermin kemudian pada saat data mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di wilayah ini," kata Carolina Gil, Direktur Regional Amazon dengan tim konservasi Amazon di Kolombia.

Gil mengatakan bahkan sebelum karantina, ia menerima laporan bahwa penjaga taman di Taman Nasional Amazon dan daerah lindung telah menerima ancaman kematian dari kelompok bersenjata, memperingatkan mereka untuk meninggalkan pos mereka. Solusi untuk deforestasi yang sedang berlangsung dan kegiatan ilegal tidak begitu mudah, kata Gil. Ini melibatkan pemantauan hutan yang lebih baik oleh pemerintah, tindakan tegas terhadap kejahatan terorganisir, dan lebih banyak program yang dikembangkan untuk memahami dan mendukung masyarakat di hutan hujan.

Hal ini juga melibatkan orang di kota dan luar negeri, membantu mereka untuk memahami peran mereka dalam deforestasi hutan tropis, katanya, dengan merenungkan bagaimana kebiasaan konsumen mereka-dari daging sapi untuk kokain-bisa mendukung itu. "Kita harus memiliki sedikit lebih bijaksana dan ketat refleksi tentang deforestasi, yang tidak selalu berakhir di hutan. Hal ini juga dapat terjadi di pusat di mana keputusan ekonomi dibuat," kata Gil.

Dalam jangka panjang, para konservasionis sepakat bahwa solusi untuk menyelamatkan hutan tropis dunia melibatkan bekerja sama dengan masyarakat lokal, memberdayakan mereka untuk menjadi aktif di wilayah mereka sendiri. Dalam beberapa kasus, ini termasuk mendukung gaya hidup adat tradisional hidup dengan alam. Pada orang lain, ini melibatkan pengembangan arus pendapatan alternatif berkelanjutan yang melampaui proyek ekowisata. Yang terakhir telah menjadi strategi konservasi populer selama bertahun-tahun, tetapi, sebagai saat ini kesehatan global dan krisis ekonomi menunjukkan, tidak selalu dapat diandalkan, kata Troeng.

Ini juga penting bagi pengambil keputusan di tingkat global untuk menyadari dinamika ini dan bergerak maju, ketika mereka mulai berpikir tentang investasi sumber daya untuk memulai perekonomian lagi. "Saya pikir pasti ada kesempatan," kata Troeng Sebastian.

"Mari kita cari tahu bagaimana kita dapat membalikkan tren negatif ini karena kita akan membutuhkannya dalam pertempuran melawan perubahan iklim."

Deforestasi yang memburuk ini tidak mungkin hilang ketika karantina diangkat; tekanan ekonomi yang sama akan tetap ada, serta kesempatan untuk mengeksploitasi hutan hujan. Tentu saja, semakin lama kegiatan ilegal ini dibiarkan berkembang di daerah hutan tropis, semakin sulit akan membalikkan kerusakan ekosistem ini dan masyarakat yang tinggal di hutan hujan. (*)

Tags : Kebijakan Karantina Tinggal di Rumah, Pandemi Corona, Bisa Menguntungkan Lingkungan,