Hukrim   2021/02/28 15:47 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Lahan di Riau

Polisi Tangkap Pelaku Pembakar Lahan di Riau

PEKANBARU - Polda Riau dan jajaran di Polres mengusut pemicu kebakaran lahan. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau sejak awal tahun dan masih berlangsung di berbagai kabupaten.

Api terus dipadamkan agar tidak menimbulkan bencana kabut asap. Hingga Februari ini, Polda Riau menyatakan sudah menangkap lima pembakar lahan. Kelimanya terdapat di Kabupaten Bengkalis, Kota Dumau dan Kepulauan Meranti. "Dua tersangka ditangani Polres Bengkalis, dua di Kota Dumai dan satu di Kepulauan Meranti," kata Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto pada wartawan, Kamis (25/2) kemarin.

Sunarto menjelaskan, dua tersangka di Kabupaten Bengkalis diduga membakar tiga hektare lahan, kemudian dua tersangka di Kota Dumai membakar 10,25 hektare lahan dan di Kepulauan Meranti sekitar 5 hektare. "Tersangka ini masih perorangan, bukan dari perusahaan dengan total lahan terbakar sebagai barang bukti 18,25 hektare," jelas Sunarto.

Sunarto menyebut kasus karhutla ini masih di penyidikan. Penyidik di Polres tersebut masih melengkapi berkas untuk kemudian dilimpahkan ke kejaksaan setempat. "Sebelumnya Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menegaskan karhutla menjadi prioritas," sebut Sunarto.

Sunarto menyebut Polda Riau mengupayakan pencegahan karhutla dan berkoordinasi dengan semua pihak serta memaksimalkan penggunaan aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara. "Kapolda menyatakan langsung tancap gas dan memaksimalkan Dashboard Lancang Kuning Nusantara sebagai alat yang efektif mendeteksi secara akurat," kata Sunarto.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendeteksi 20 titik panas indikasi karhutla di Riau. Titik panas itu tersebar di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hilir, Siak dan Indragiri Hilir. "Paling banyak itu di Kabupaten Siak sebanyak 13 titik panas, Kota Dumai dan Indragiri Hilir masing-masing dua titik, selanjutnya Bengkalis, Pelalawan serta Rokan Hilir masing-masing satu titik," jelas petugas BMKG, Yudhistira. (*)

Tags : Pelaku Pembakar Lahan di Riau, Polisi Tangkap Pembakar lahan,