Riau   2020/09/23 7:58 WIB

BNPB Bantu Alat PCR Untuk Riau

BNPB Bantu Alat PCR Untuk Riau

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Riau bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) yang nantinya bisa memeriksa sampel swab hingga 3.000 per hari.

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengakui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendapatkan bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk memeriksa sampel swab dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Dengan adanya tambahan alat PCR tersebut, dalam sehari ditargetkan bisa memeriksa hingga 3.000 sampel swab. Adanya alat PCR yang merupakan bantuan BNPB tersebut, diharapkan dapat menambah cepat pemeriksaan sampel swab. Sehingga bisa segera memutuskan rantai penyebaran Covid-19 jika cepat diketahui hasilnya. "In sya Allah besok (hari ini, red) akan datang bantuan alat PCR dari BNPB. Untuk menambah kekuatan supaya kita nantinya melakukan pemeriksaan sampel swab terhadap masyarakat tidak ada kendala lagi," katanya.

Pihaknya juga akan menambah petugas yang akan bekerja mengoperasikan alat PCR tersebut. Hal tersebut agar target pemeriksaan sampel swab bisa tercapai. "Saya sudah panggil Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit agar menambah tenaga kesehatan. Termasuk menambah ruangan untuk laboratorium biomolekuler," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bantuan alat PCR dari BNPB ini sudah lengkap dengan peralatan lainnya. Pemprov Riau hanya menyiapkan tenaga pemeriksaan, serta ruangan laboratorium. "Pihak BNPB memberikan bantuan secara keseluruhan terkait alat PCR tersebut. Termasuk reagennya juga dibantu BNPB," kata Mimi.

Dengan bertambahnya alat PCR dari BNPB ini, maka alat PCR yang ada di Riau saat ini sebanyak empat unit. Dengan adanya empat unit alat PCR tersebut, pihaknya menargetkan dapat memeriksa sampel swab hingga 3.000 per hari. "Target kami pemeriksaan sampel swab  bisa dua kali lipat dari yang ada sekarang. Sebelumnya dalam sehari bisa mencapai 1.500 sampel, dengan adanya tambahan alat ini diharapkan bisa menjadi 3.000 sampel per hari," ujarnya.

Mimi juga menginformasikan adanya penambahan 353 pasien positif Covid-19 di Riau per Selasa (22/9). Dengan demikian, total pasien positif Covid-19 di Riau saat ini menjadi 5.701 orang. "Dari jumlah tersebut, 1.327 di antaranya sudah dinyatakan sehat dan pulang. Sementara itu 106 orang meninggal dunia," paparnya. (*)

Tags : Badan Nasional Penanggulangan Bencana Riau, BNPB Bantu Alat PCR,