News Daerah   2023/04/09 13:41 WIB

BPBD Lingga Saban Tahun Antisipasi Puncak Pasang Besar Air Laut, 'yang Terus Incar Pemukiman Pesisir dan Pulau-pulau Kecil'

BPBD Lingga Saban Tahun Antisipasi Puncak Pasang Besar Air Laut, 'yang Terus Incar Pemukiman Pesisir dan Pulau-pulau Kecil'
Air pasang di laut Lingga

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Saban tahun Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Lingga melakukan antisipasi puncak pasang besar air laut.

'Puncak pasang besar air laut khususnya datang tiap bulan Februari."

“Kita sudah sosialisasi ke desa-desa yang diduga rawan kerusakan akibat bencana pasang besar air laut ini khususnya dipemukiman pesisir dan pulau-pulau kecil,” kata Abdul Khatab, Kepala BPBD Lingga pada media, Senin kemarin.

Saban tahun pihaknya menyiapkan diri menghadapi potensi bencana akibat puncak pasang besar air laut yang diprediksi tiap bulan Februari.

Menurutnya, ada beberapa titik kawasan potensi bencana khususnya pemukiman masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil, telah di sosialisasikan terkait kemungkinan pasang besar air laut tersebut.

Seperti di Desa Mensemut, kata dia, sebagian masyarakat sudah dihimbau untuk pidah sementara dari pemukiman ke Pulau Hantu. Ini guna meminimalisir kerusakan akibat bencana serta mengurangi resiko korban jiwa.

Sementara di Kampung Boyan yang beberapa waktu lalu terkena bencana banjir akibat pasang besar air laut, lajutnya, juga turut di himbau. Rencana evakuasi juga telah di sosialisasikan.

Berdasarkan hasil prediksi BMKG menyebutkan, kepadatan udara terjadi di wilayah Sumatera bagian barar, sehingga membuat angin cendrung bergerak ke sekitar laut cina dan kalimantan.

“Itulah alasan air laut naik dan menyebabkan beberapa wilayah di kepri terjadi bencana pasang air laut ini,” terangnya.

Potensi kerusakan akibat pasang besar air laut ini, ungkapnya, bisa sampai ke sebagian besar daratan pemukiman pesisir. Kemungkinan itu diprediksi akan terjadi hingga 29 Februari mendatang.

Selain itu, prediksi BMKG juga didukung dengan kepercayaan masyarakat Tionghua, dimana puncak pasang besar air laut akan terjadi pada 16-18 hari bulan perayaan imlek, dimana itu merupakan momen perayaan Cap Go Meh.

“Air pasang besar menurut kepercayaan masyarakat Tionghua, pas dengan perayaan Cap Go Meh, sekitar 23-26 Februari medatang,” tutupnya. (*)

Tags : badan penanggulangan bencanan daerah, bpbd lingga, bpbd antisipasi puncak pasang besar air laut, air pasang laut landa pemukiman pesisir dan pulau-pulau kecil, news daerah,