News Kota   2023/02/16 16:38 WIB

BPBD Pekanbaru Himbau Warga Waspada Potensi Dampak La Nina

BPBD Pekanbaru Himbau Warga Waspada Potensi Dampak La Nina

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengimbau warga waspada menghadapi potensi dampak dari La Nina.

"BPBD Pekanbaru himbau waspada potensi dampak La Nina."

"Kita mengimbau kepada semua elemen masyarakat Kota Pekanbaru harus bersiap menghadapi potensi dampak dari La Nina," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan Octavianus Nahuway, Rabu (16/2/2023).

La Nina merupakan fenomena alam di mana suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian tengah turun hingga menjadi lebih dingin dari pada biasanya. Fenomena ini diprediksi dapat memicu terjadinya cuaca ekstrem.

Itu disampaikan mengatakan, La Nina berpotensi terjadi di Kota Pekanbaru.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena La Nina itu diperkirakan akan memicu terjadinya cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan di daerah Riau, salah satunya Kota Pekanbaru tepatnya pada tanggal 11 hingga 17 Februari 2023.

Menurutnya, khusus di Kota Pekanbaru, La Nina berpotensi menyebabkan bencana alam karena curah hujan, seperti longsor, banjir, dan angin puting beliung.

"Jadi, kami imbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap dampak potensi dari fenomena La Nina," sebutnya.

Juga aktif memantau informasi terkini melalui website dan media sosial. Apabila mengalami bencana, hubungi Call Center kami di nomor 0811-76-51464.

Perlu diketahui, La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya. Pendinginan SML ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum.

Fenomena La Nina biasanya ditandai dengan peningkatan intensitas hujan yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan adanya pendinginan suhu yang terjadi di Samudera Pasifik.

Dampak fenomena La Nina sendiri berpotensi mengurangi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum. Fenomena La Nina juga dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung dan sebagainya. (rp.sul/*)

Tags : Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD Pekanbaru Himbau Warga, Waspada Potensi Dampak La Nina, News Kota,