Pendidikan   2023/02/16 16:32 WIB

1.747 Mahasiswa Program Doktor Hingga Ahli Madya UIR Diwisuda Tahun 2023

1.747 Mahasiswa Program Doktor Hingga Ahli Madya UIR Diwisuda Tahun 2023
Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Syafrinaldi wisuda 1.747 priode tahun 2023.

PEKANBARU - 1.747 wisudawan Universitas Islam Riau (UIR) dilantik di GOR Volly Kampus, pada Kamis (16/2/2023) serta secara streaming. Pada wisuda doktor, magister, sarjana dan ahli madya Periode I Tahun 2023/2024 dipimpin langsung Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi.

Gelaran wisuda periode ini dengan rincian satu program doktor, 121 wisudawan program magister, 1625 wisudawan S1, dan dua wisudawan ahli madya, dan juga dua mahasiswa asing. Sehingga total alumni UIR saat ini sebanyak 69.223 orang.

Dalam sambutannya, Prof Syafrinaldi bersyukur terlaksananya upacara wisuda yang kembali dilaksanakan secara tatap muka. Serta turut mendatangkan wali ataupun orang tua para wisudawan.

"Alhamdulillah rasa syukur kita panjatkan kepada Allah atas kembali terlaksananya gelaran wisuda secara tatap muka. Tentunya seremonial sangat kita nantikan oleh keluarga wisudawan pasca pandemi Covid 19 yang sempat melanda Indonesia," ujar Rektor UIR. 

Prof Syafrinaldi menyampaikan, beberapa pencapaian juga prestasi yang diraih oleh civitas akademika beberapa waktu terakhir. Seperti UIR kembali dipercaya melanjutkan project oleh DAAD Jerman untuk dua tahun ke depan. Lalu UIR berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan yaitu Penghargaan Kerja Sama Internasional Terbaik bersama dengan 74 PTS se Indonesia. 

Posisi UIR saat ini berada pada peringkat 120 pada Top Islamic Universities in the world pada tahun 2021 versi Uni Rank. Serta peringkat 110 pada tahun 2022 Top Islamic Universities in the World.

Pada tahun yang sama UIR mendapatkan apresiasi dari Kemdikbudristek dalam bidang pelaksanaan MBKM periode I sebagai PTS terbaik bersama 12 PTS lainnya. Maka Kemenristekdikti memberikan dana sebesar Rp900 juta dalam bentuk program riset dan abdimas di bidang MBKM.

Dalam mewujudkan Visi UIR 2041 “Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa”. Tentunya harus diikuti dengan upaya dan kerja keras sambil berdoa kepada Allah SWT.

Dengan tagline “Bersama Kita Bisa”, Rektor UIR mengajak semua pimpinan di fakultas dan program studi, serta semua dosen hingga pegawai untuk terus bekerja keras. Bekerja dengan penuh semangat untuk memajukan prodi masing-masing.

Ia juga berpesan agar seluruh wisudawan semoga setelah menamatkan pendidikan di UIR dapat membanggakan bagi almamater, orang tua serta berguna bagi nusa bangsa dan agama 

"Hormati dan sayangi lah kedua orang tua, banggakan mereka ungkapkan rasa terima kasih pada mereka karena selama ini telah menyayangi dan selalu mendukung ananda sekalian dari awal berkuliah hingga selesai menamatkan pendidikan dengan resmi diwisuda pada hari ini," ungkapnya. 

Selaku Ketua Umum YLPI Riau Prof Dr Nurman mengungkap untuk selalu berkomitmen dalam pelaksanaan pelayanan perguruan tinggi. Dalam upaya mendukung UIR sebagai salah satu layanan pendidikan yang berada di bawah naungan YLPI Riau menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa. 

"Untuk di ketahui bersama bahwa YLPI Riau selalu berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan pelayanan Perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Islam Riau," ungkap Nurman 

Prof Nurman juga berpesan kepada para wisudawan yang dilantik bahwa pasca diwisuda akan ada berjuta lapangan kerja yang tersedia. Tidak berputus asa untuk berusaha dan membanggakan orang tua maupun almamater di masa depan. 

Hadir juga Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma dalam kesempatannya menyampaikan, sambutan bahwa seremonial wisuda yang diselenggarakan merupakan suatu momentum bergantinya status. Kelak mengemban tanggung jawab secara sosial menjadi insan yang berkredibilitas.

"Wisuda pada hari ini merupakan suatu momentum bergantinya status dari mahasiswa menjadi insan yang kelak mengemban tanggung jawab secara sosial. Menjadi insan yang berkredibilitas yang dituntut untuk bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa di tengah era yang semakin maju dan pesat sesuai tuntutan zaman," jelas Afdalisma.

Di hadapan para wisudawan, Kepala LLDIKTI Wilayah X meyakini dengan berbagai tantangan baik secara global dan nasional sebagai perguruan tinggi, turut bisa menjawab berbagai tantangan yang dihadapi. Sebagai perguruan tinggi harus dapat menghasilkan berbagai luaran dan menelurkan SDM yang berdaya saing, dengan berbagai dharma yang dijalankan oleh masing-masing perguruan tinggi terlebih di era zaman 4.0.

Pada tengah perhelatan wisuda, para hadirin disajikan penampilan vokal salah satu wisudawati dari Program Studi Sendratasik FKIP, Tiara Hanum. Tiara menjadi perwakilan Riau menjadi penyanyi Gita Bahana Nusantara di Istana Negara pada 2021. Juga mendapatkan penghargaan Pemuda Berprestasi Provinsi Riau 2022 dalam bidang seni. 

Adapun nama-nama pemuncak Universitas Islam Riau diantaranya:
1. Delni Afrita Prodi Ilmu Administrasi Pascasarjana dengan IPK 3,98.
2. Hamsia Wahyuli Prodi Perbankan Syariah FAI dengan IPK 3,93.
3. Boin Diko Situmorang Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum dengan IPK 3,93.
4. Khusrianti Hafizah Prodi Teknik PWK Fakultas Teknik dengan IPK 3,93.
5. Desi Guinanda Prodi Agribisnis FAPERTA dengan IPK 3,91.
6. Triana Savira Prodi Akuntansi FEB dengan IPK 3,85.
7. Whindy Decha Putri Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP dengan IPK 3,91.
8. Oval Lino Juanda Prodi Ilmu Pemerintahan FISIPOL dengan IPK 3,88.
9. Indah Yusdanisa Prodi Psikologi Fakultas Psikologi dengan IPK 3,92.
10. Feni Febrianti Prodi Ilmu Komunikasi FIKOM dengan IPK 3,86. (rilis)

Tags : Universitas Islam Riau, 1.747 Mahasiswa UIR Diwisuda, Wisuda Tahun 2023, Program Doktor Hingga Ahli Madya UIR Diwisuda,