Riau   2023/12/01 11:23 WIB

BPBD Riau Siap Siaga dengan Banjir di Rohil dan Bengkalis, 'dengan Kemungkinan Buat Penetapan Status Siaga Darurat'

BPBD Riau Siap Siaga dengan Banjir di Rohil dan Bengkalis, 'dengan Kemungkinan Buat Penetapan Status Siaga Darurat'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi Riau tengah mengkaji kemungkinan penetapan status siaga darurat banjir. Itu menyusul dua kabupaten, Rokan Hilir (Rohil) dan Bengkalis, yang sudah mendeklarasikan status tersebut.

"BPBD Riau siap siaga dengan banjir di Rohil dan Bengkalis."

"Riau memiliki empat sungai besar. Setelah inventarisasi, daerah yang rawan terjadi banjir antara lain di Kampar, dengan dampak merambah hingga Pelalawan akibat luapan Sungai Kampar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, menyampaikan bahwa evaluasi ini akan segera dilaporkan kepada gubernur untuk keputusan lebih lanjut.

Dalam pemetaan dan inventarisasi yang telah dilakukan oleh BPBD Riau, terungkap bahwa beberapa wilayah di Riau, seperti Kampar, Rohul, Rohil, Bengkalis, Meranti, Pelalawan, Inhil, dan Dumai, berpotensi mengalami banjir.

M Edy Afrizal menjelaskan bahwa meluapnya debit air di empat sungai besar, yaitu Sungai Kampar, Sungai Rokan, Sungai Siak, dan Sungai Indragiri, menjadi faktor utama dalam kondisi banjir ini.

Sementara di Rokan Hulu dan Rokan Hilir, kondisi banjir banyak dipengaruhi oleh debit air dari Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumatera Utara (Sumut) yang masuk ke Sungai Rokan. Terutama daerah yang berbatasan dengan Rohil dan Rohul.

"Dengan adanya kiriman air dari Padang Lawas (Sumut) dan Pasaman (Sumbar), alur ini mempengaruhi Rohul," tambah Edy.

Pemprov Riau berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam penanganan banjir demi menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat. (*)

Tags : Banjir di Rohil dan Bengkalis, BPBD Riau Siap Siaga Atasi Banjir, BPBD Tetapkan Status Siaga Darurat, Banjir di Riau,