News   2023/02/28 7:53 WIB

Buntut Kematian 3 Pekerja PHR Tewas, Disnakertrans Riau Polisikan Project Manager PT PPLI

Buntut Kematian 3 Pekerja PHR Tewas, Disnakertrans Riau Polisikan Project Manager PT PPLI
Kadisnakertrans Riau, Imron Rosyadi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Disnakertrans Riau telah memeriksa para saksi terkait kasus kecelakaan kerja PT Pershada Pamunah Limbah Industri (PPLI) yang berujung tewasnya tiga pekerja.

"Buntut kematian 3 pekerja Pertamina Hulu Rokan (PHR) tewas buat Project Manager PT PPLI dipolisikan."

"Saat ini (project manager) terlapor baru, karena kami dibatasi UU No 1 Tahun 1970. Kelalaian ini domainnya Polri," kata Kadisnakertrans Riau, Imron Rosyadi Imron pada konferensi pers, Senin (27/2/2023).

Imron mengatakan, dari hasil pemeriksaan, Project Manager PT PPLI akan dilaporkan ke pihak kepolisian, mengarah pada Pasal 359 KUHPidana, yakni kelalaian berujung kematian.

Kewenangan Disnakertrans Riau dibatasi UU no 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja yang hanya dapat memberikan ancaman pidana atas pelanggaran peraturannya dengan hukuman kurungan selama-lamanya 3 bulan atau denda setinggi- tingginya Rp100 ribu.

Project Manager dalam hal ini dianggap sebagai penanggungjawab paling tinggi dari PPLI dalam kejadian tersebut.

Ia menjelaskan, Disnakertrans Riau dalam laporan ini akan menjadi saksi ahli yang memberikan rekomendasi dan keterangan terkait kejadian tersebut.

"Kami akan menjadi saksi ahli," ungkapnya.

Meski kewenangan Disnakertrans Riau terbatas, ia meyakini akan ada tersangka pada kejadian ini.

"Terlapor satu tingkat di bawah tersangka. Sudah masuk penyidikan, artinya akan ada tersangka," jelas dia.

Tak cuma perorangan, Imron mengungkapkan, PT PPLI juga akan diberikan sanksi administratif karena dianggap lalai menegakkan SOP perusahaan salah satunya SOP pekerjaan di ruang sempit.

Ia mengaku tidak memiliki kewenangan untuk memberi sanksi PT PPLI yang beroperasi secara nasional.

Tapi, ia akan memberikan rekomendasi ke pusat serta meminta agar kontrak dengan PHR dibatalkan.

"Kita akan rekomendasi ke pusat untuk meninjau PT ini. Bisa jadi mereka tidak akan mengelola limbah di PHR. Kita akan minta batalkan kontrak," sebutnya. (*) 

Tags : 3 pekerja phr tewas, buntut kematian pekerja phr project manager pt ppli dipolisikan, disnakertrans riau polisikan project manager pt ppli, news,